Mengapa Hero Dota 2 Brewmaster Menjadi Sangat Populer?

Hero Dota 2 Brewmaster

Jika kalian mengira kalau Silencer, Invoker, atau Chen menjadi Hero yang populer di Dota 2, mungkin agak keliru.  Faktanya, penulis menemukan kalau Brewmaster menjadi salah satu Hero Dota 2 yang sangat populer belakangan ini.

Mau tahu mengapa dan alasannya?  Simak di bawah ini!

Baca Juga: Marci, Hero Support Dota 2 Terpopuler Saat Ini!

Mangix, The Brewmaster

Hero Dota 2 Brewmaster
Hero Dota 2 Brewmaster Skin the Dragon Slayer. Sumber: Dotawallpaper

Brewmaster yang memiliki nama Mangix ini mungkin terdengar familiar bagi pemain Dota 1.  Tapi faktanya, Brewmaster di Dota 1 berwujud panda putih, sedangkan di Dota 2 lebih mirip dengan beruang, lynx, atau panda merah.

Overall, tidak ada yang tahu pasti karena menurut Lore-nya, Brewmaster adalah anak dari seorang Celestial.  Nama “Brewmaster” diambil dari kemampuannya yang dapat mengalahkan para Elder selama 9 hari dalam kondisi mabuk!

Tidak hanya itu, Brewmaster bisa membelah diri menjadi empat ekor beruang elementals.  Ada Earth, Ember, Storm, dan Void.  Kemungkinan besar kalau hero Elementals (Ember, Earth, Storm, dan Void Spirit) berasal dari Brewmaster.

Dalam perwujudannya, Brewmaster tampak berbadan besar dengan menggunakan pakaian pendekar.  Tangan kanannya membawa Flail, sedangkan tangan kirinya membawa tong kayu berisikan Brew (Alkohol).

Dalam permainan, ia menduduki pos 3 sebagai offlaner.  Sedangkan dari Role-nya, ia termasuk sebagai Carry, Initiator, Durable, Disabler, dan Nuker.  Dengan kelima role yang sangat penting ini, ia termasuk sebagai hero yang sangat kompleks.

Secara pribadi, penulis memang jarang memainkan hero ini karena ia bukan support — Ya, penulis adalah support player.  Tapi setiap bertemu Brewmaster, baik sebagai lawan atau kawan, penulis dapat merasakan kalau pemain ini sangat hebat.

Baca Juga: Apa Itu Pos di Dota 2? Pengertian, Pembagian, Tugas, dan Hero
Baca Juga: Apa Itu Role di Dota 2? Pengertian, Pembagian, Tugas, dan Hero

Bagaimana Trend Hero Brewmaster Dota 2?

Skin Hero Dota 2 Brewmaster WineMan‘s Cucurbit. Sumber: Dotawallpaper

Secara data, trend Hero Brewmaster cukup stabil dan memiliki trend yang terus meningkat perlahan-lahan.  Secara data, mungkin kalah dengan Marci.  Tapi pemain Brewmaster selalu meningkat.

Menurut data Liquipedia, selama The International (TI) 11, Brewmaster di-pick sebanyak 28 kali dengan win rate 50%.  Angka tersebut tidaklah setinggi Primal Beast, Mars, dan Beastmaster sebagai offlaner.

Tapi, menurut grafik Dotabuff saat artikel ini dibuat, chance win rate Brewmaster mengalami peningkatan paling tinggi sebesar 1.71% menjadi 51.95%!  Hal ini menunjukkan kalau pengguna Brewmaster semakin meningkat dan semakin baik.

Setelah merangkum dari berbagai sumber, alasan terkuatnya adalah skills yang ia miliki.  Jika kamu sadari, sebenarnya, Brewmaster bisa memiliki kesembilan roles di Dota 2!  Mau tahu kenapa?  Simak di bawah ini!

Getting Drunk Is Better

Hero Dota 2 Brewmaster
Tampilan Skill Cinder Brew Hero Dota 2 Brewmaster. Sumber: VCGamers.

Tentunya hal ini jangan sampai kamu lakukan di dunia nyata.  Slogan ini hanya berlaku kepada sang Brewmaster.

Combo dasar dari hero ini adalah Skill Cinder Brew, Thunder Clap, dan Drunken Brawler.  Cinder Brew (skill kedua Brewmaster) ini adalah skill yang membuat Brewmaster melemparkan alkohol dalam bentuk AoE (Area of Effect).

Apabila Brewmaster berada di dalam area tersebut, ia akan mendapatkan buff berupa efek Drunken Brawler yang lebih kuat.

Sedangkan apabila musuh yang berada di area tersebut, ia akan mendapatkan debuff.  Debuff tersebut berupa Movement Slow dan Ignited.  Singkatnya, Ignited adalah status yang membuat spell damage apapun selanjutnya akan lebih besar.

Tampilan Skill Thunder Clap Hero Dota 2 Brewmaster. Sumber: VCGamers.

Saat itulah kamu bisa memanfaatkan Thunder Clap (skill pertama Brewmaster).

Brewmaster akan membanting tong kayunya ke tanah dan memberikan efek AoE.  Selain magic damage, Thunder Clap juga memberikan debuff berupa movement slow dan attack slow selama 4 detik.

Dengan combo Cinder Brew dan Thunder Clap saja, kamu bisa “melambatkan” pergerakan musuh sebanyak dua kali dengan damage yang besar.

Drunken Brawler – Status Utama Hero Dota 2 Brewmaster

Hero Dota 2 Brewmaster
Tampilan Skill Drunken Brawler Hero Dota 2 Brewmaster. Sumber: VCGamers.

Sebelumnya penulis telah menyinggung tentang Drunken Brawler.  Jika diibaratkan, Drunken Brawler mirip seperti Orbs milik Invoker atau Attribute Shift milik Morphling.

Drunken Brawler adalah skill Brewmaster yang memungkinkan ia berganti “Stances”.  Ingat Lore di atas kalau Brewmaster bisa membelah menjadi empat beruang elementals?  Setiap elemental mewakili satu stance.

Mudahnya, saat orang mabuk, ia bisa memiliki kepribadian lain.  Benar, bukan?  Tapi kepribadian Brewmaster melambangkan satu buah elemental.  Brewmaster memiliki panggilan lain dari “Stance” tersebut, yaitu “Brawlers”

Earth Stance memberikan tambahan 1/3/5/7 armor dan 5%/10%/15%/20% magic resistance.

Storm Stance memberikan 15%/20%/25%/30% evasion dan 5%/7%/9%/11% bonus Move Speed.

Fire Stance memberikan 24% chance critical hit sebesar 145%/160%/175%/190% attack damage.

Void Stance (Menggunakan Aghanim’s Shard) memberikan 20% status resistance dan memberikan 25% slow selama 2 detik di setiap serangannya.

Ada dua hal menarik dari skill iniPertama, kamu tidak memerlukan cooldown atau mana untuk berganti Stances.  Kedua, jika kamu mendapatkan buff dari Cinder Brew, Persentase Drunken Brawler meningkat 3 kali lipat!

Ultimate Hero Dota 2 Brewmaster – Primal Split!

Hero Dota 2 Brewmaster
Tampilan Ultimate Primal Split Hero Dota 2 Brewmaster. Sumber: VCGamers.

Skill ultimate dari Brewmaster adalah memecah dirinya menjadi tiga beruang elementals (empat jika menggunakan Aghanim’s Shard).  Sama seperti Lore yang ada di atas sebelumnya.

Elementals pertama adalah Earth — Spesialis Stun dan Durability.  Ia memiliki tiga skills.

  • Hurl Boulder (aktif): melemparkan batu ke arah musuh, memberikan damage dan stun selama 2 detik.
  • Spell Immunity (pasif): imun terhadap spells.
  • Demolish (pasif): memberikan bonus damage kepada Buildings.

Elementals kedua adalah Storm — Spesialis Purge dan Escape.  Memiliki tiga buah skills.

  • Dispel Magic (aktif): membuat gelombang AoE yang dapat memberikan 1000 damage kepada summoned units dan menghapus buff ataupun debuffs.
  • Cyclone (aktif): membuat pusaran angin yang dapat mengangkat musuh selama 6 detik untuk hero atau 20 detik untuk non-hero.
  • Wind Walk (aktif): Storm mendapat efek Invisible.  Ia mendapatkan 50% Move Speed bonus dan tambahan damage untuk serangan berikutnya.

Elementals ketiga adalah Ember — Spesialis Damage Over Time dan Chaser.  Memiliki dua buah skills.

  • Permanent Immolation (pasif): memberikan efek burns kepada musuh di sekitarnya sebesar 25/50/70 magic damage per detik.
  • Permanent Phase (pasif): memberikan buff status resistance 30%.
  • Dari keseluruhan, Ember memiliki move speed paling besar.  Sehingga kamu bisa mengejar musuh yang berusaha kabur.

Elementals terakhir adalah Void — Spesialis Disabler.  Ia hanya memiliki satu skill saja bernama Astral Pulse (aktif).  Ia akan mengeluarkan gelombang yang memberikan efek Move Speed Slow kepada musuh dan Disarm selama 2.5 detik.

Durasi dari ultimate ini adalah 16/18/20 detik dengan cooldown 120 detik.

Salah satu alasan mengapa durabilitas hero ini sangat besar adalah ultimatenya.  Seberapa kecil HP Brewmaster, apabila ia menggunakan Primal Split, seluruh elementals akan memiliki full HP!

Lalu, apabila durasinya telah habis, para Brewlings (sebutan para beruang elementals) akan bersatu kembali dengan pusatnya di Earth Brewlings.

Urutan prioritas Brewlings adalah Earth > Storm > Ember > Void.  Jadi, jika Earth Brewlings mati dan durasi telah habis, Brewmaster akan respawn pada Brewlings yang masih hidup sesuai urutan.

Dan, faktanya, satu-satunya cara untuk membunuh Brewmaster saat melakukan Primal Split ini adalah membunuh seluruh Brewlings.  Karena, meski ada satu Brewling yang masih hidup, Brewmaster tetap hidup!

Jadi, skill ini bisa kamu gunakan untuk menginisiasi, push, jungle, hingga kabur, tergantung kondisi.

Tambahan – Primal Companion (Aghanim’s Scepter)

Jika Brewmaster memiliki Aghanim’s Scepter, ia akan mendapatkan skill tambahan bernama Primal Companion.  Intinya, ia bisa memanggil salah satu Brewling berdasarkan Stance yang sedang ia gunakan.

Brewmaster hanya bisa memanggil satu Brewling dalam satu waktu.  Jika kamu sedang dalam kondisi Earth Stance, maka Earth Brewling yang keluar,  Begitupun selanjutnya.

Jika kamu telah mengeluarkan Brewling, kamu bisa menganti Stance apa saja tanpa mempengaruhi Brewling yang kamu summon.

Penjelasan terakhir, jika Brewling berjarak lebih dari 1600, terdapat beberapa penalty.  Seperti movement speed yang melambat 50%, tidak bisa mengeluarkan skills, dan memiliki penalty cooldown skill 100%.  Dan, jika Brewling mati, cooldown Primal Companion bertambah 50 detik.

Kesimpulan

Hero Dota 2 Brewmaster bersama para Brewlings. Sumber: Dotawallpaper

Dari penjelasan di atas, terlihat kalau Hero Dota 2 Brewmaster adalah seorang offlaner yang sangat baik dan sedang populer belakangan ini.

Bahkan, dari segi skill, Primal Split dari Brewmaster sangatlah kuat dan bisa memenuhi hampir seluruh Roles di Dota 2 layaknya Invoker!

Jadi, apakah kamu tertarik menggunakan Brewmaster?

Penuhi kebutuhan Steam Wallet dan Battle Pass kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!