Alasan Hero Beastmaster Sering Digunakan di (TI) 11 Dota 2!

Hero Dota 2 Beastmaster TI 11

Beastmaster menjadi salah satu hero offlaner Dota 2 yang sering digunakan selama The International (TI) 11 kemarin.  Meski bukan yang paling sering, tapi kehadirannya sangat membantu tim.

Kira-kira, apa alasannya?  Simak di bawah ini!

Karroch, the Beastmaster

Hero Dota 2 Beastmaster TI 11
Wallpaper Hero Dota 2 Beastmaster (Valve Art). Sumber: Dotawallpaper

Beastmaster adalah salah satu hero di Dota 2 yang dapat men-summon beberapa hewan untuk membantunya.  Ia digambarkan sebagai laki-laki bertubuh besar dengan senjata berupa dua buah kapak.

Menurut Lore, Karroch adalah seorang anak yatim piatu, keturunan Raja Slom, yang hidup di antara hewan-hewan peliharaan seorang raja.  Ia tumbuh besar sambil dikelilingi binatan buas.

Pada satu hari, terdapat binatang yang unik dan dapat berbicara.  Ia diperlakukan jahat oleh sang raja, tapi Karroch selalu merawat luka dan memberikannya makanan.  Karroch pun perlahan mampu berbicara dengan seluruh hewan.

Satu waktu, hewan tersebut mati dan membuat Karroch sangat marah.  Ia memerintah seluruh hewan untuk memberontak dan keluar dari Istana.  Sang raja pun terbunuh pada kejadian tersebut.

Dengan keberaniannya, seluruh hewan pun tunduk kepada Karroch.  Mereka pun menjadikan Karroch sebagai Beastmaster, sang pejuang alam yang mampu berbicara kepada hewan.

Berdasarkan Pos dan Role, Beastmaster mendapatkan pos 3 (Offlaner) dengan role Initiator, Nuker, Disabler dan Durable.

Alasan Hero Dota 2 Beastmaster Sering Dipilih

Hero Dota 2 Beastmaster TI 11
Wallpaper Hero Dota 2 Beastmaster Relics of the Dynasty. Sumber: Dotawallpaper.

Beastmaster menjadi salah satu Offlaner yang digunakan oleh Tundra Esports saat Grand Final TI 11 kemarin.  Bahkan menurut Liquipedia, selama turnamen TI 11, Beastmaster telah dipilih sebanyak 33 kali (nomor urut 21).

Angka tersebut cukup banyak jika melihat perbandingan heroes lainnya.  Lalu, apa alasannya sehingga Beastmaster bisa terpilih sebanyak 33 kali?

Untuk menjawabnya, penulis telah mengumpulkan data dari berbagai sumber.  Sumber tersebut mulai dari hasil riset pertandingan pro player, pengalaman bermain, dan informasi penting dari Liquipedia atau Dotabuff.

Untuk mempersingkat, penulis akan menjelaskan skill milik Beastmaster seiring dengan jawabannya nanti.  Sudah tidak sabar?  Inilah alasannya!

Hewan Sebagai Bala Bantuan

Tampilan Skill Call of The Wild Boar dan Hawk Hero Dota 2 Beastmaster. Sumber: VCGamers.

Jika kamu suka bermain dengan micro, seperti Chen, Enchantress, dan Enigma, Sepertinya kamu akan menyukainya.  Beastmaster dapat memanggil Boar dan juga Hawk untuk membantunya melawan musuh.

Boar yang Beastmaster panggil ini memiliki attack damage yang terbilang kecil, tapi mampu memberikan poison dan slow movement.  Sedangakan Hawk hanya bisa kamu arahkan sesuai lokasi yang kamu inginkan di seluruh Map.

Kamu bisa memanfaatkan Boar tersebut untuk ikut bersamamu melawan musuh.  Sedangkan Hawk bisa kamu gunakan seperti “wards”, memberikan vision apabila ada musuh yang melintas di bawahnya.

Kamu juga bisa membeli Aghanim’s Shard untuk memperkuat Hawk.  Apabila terdapat musuh yang melintas di dalam radiusnya, ia akan menabrakan dirinya kepada musuh, memberikan 250 Magic Damage.

Wild Axes dan Inner Beast, Sumber Kekuatan Hero Dota 2 Beastmaster

Tampilan Skill Wild Axes Beastmaster Hero Dota 2. Sumber: VCGamers.

Untuk memperkuat Beastmaster dan hewan miliknya, kamu bisa meningkatkan Wild Axes dan Inner Beast.

Wild Axes adalah skill pertama Beastmaster.  Ia akan melemparkan dua buah kapak yang akan kembali seperti bumerang.  Kapak tersebut akan menghancurkan pohon di lajurnya dan juga setiap kapak yang mengenai musuh memberikan magical damage 40/70/100/130.

Jika musuh terkena kapak tersebut, ia akan mendapatkan debuff damage amplification 6%/8%/10%/12%.  Efek tersebut hanya berpengaruh untuk Beastmaster beserta unit miliknya.

Lalu skill ketiganya, Inner Beast, Beastmaster mengeluarkan aura yang dapat menambahkan Attack Speed untuk teman satu tim sekitarnya.  Jika Beastmaster memaksimalkan kedua skill ini, damage yang ia berikan akan sangat sakit.

Primal Roar: Ultimate Hero Dota 2 Beastmaster Yang Tembus BKB

Hero Dota 2 Beastmaster TI 11
Tampilan Skill Primal Roar Hero Dota 2 Beastmaster Tembus BKB. Sumber: VCGamers.

Inilah skill ultimate dari Beastmaster, Primal Roar.  Beastmaster akan berteriak dengan area berbentuk cone kepada salah satu musuh.

Musuh yang menjadi target akan terdiam dan terkena Stun selama 4 detik.  Sedangkan musuh di sekitarnya yang terkena Primal Roar juga terkena stun selama 1 detik dan bergerak menjauh.  Primal Roar menghasilkan magical damage 150/225/300.

Hal yang paling menariknya adalah Primal Roar menembus Black King Bar (BKB).  Tapi, hanya musuh yang menjadi target saja yang terpengaruh.

Perlu kalian ketahui kalau BKB memiliki durasi 9/8/7/6 detik dengan cooldown 90 detik.  Dengan menggunakan Primal Roar, kamu bisa memangkas durasi pemakaian BKB musuh.

Anggap saja durasi BKB musuh masih 8 detik lamanya.  Ia menggunakan BKB, 1-2 detik untuk menyerang, kemudian kamu Primal Roar dan terkena stun selama 4 detik.  Maka durasinya tersisa 2 detik saja!

Selama stun, kamu dan rekan tim bisa memukulinya dengan bantuan Inner Beast.  Atau, kamu juga bisa menggunakan Primal Roar untuk membuat space yang aman bagi rekan tim untuk melarikan diri.

Kesimpulan Hero Dota 2 Beastmaster: Pengintai dan Stunner

Dari penjelasan di atas, Beastmaster ternyata cukup baik dan sangat berguna untuk menguatkan rekan satu tim.  Tidak hanya itu, sebagai Offlaner summoner, ia bisa menggunakannya untuk memata-matai Safelaner musuh di dalam Jungle atau berjaga-jaga dari Ganking.

Tertarik menggunakan Beastmaster?  Selamat mencoba~

Penuhi kebutuhan Steam Wallet dan Battle Pass kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!