6 Kelebihan Dan Kekurangan Hayabusa Mobile Legends, Jangan Asal Gaspol Top Lane Lagi!

hayabusa mobile legends cover

Hayabusa Mobile Legends memang tidak seterkenal Edith, Clint, Beatrix dan Yin di season 23 ini. Akan tetapi, player ML masih banyak yang menggunakannya untuk solo lane karena skill-nya.

Status bawaan hero ninja yang tangkas ini banyak dialokasikan ke parameter speed-nya, baik itu movement speed atau attack speed. Karena inilah Hayabusa sering dijadikan hero yang bisa patroli lane tim dan juga lawan.

Di samping kelebihan dari speed-nya tersebut, Hayabusa juga tak luput dari cacat. Kesalahan pengguna Hayabusa biasanya terlalu maju ke depan hingga terkepung oleh hero lawan.

Meskipun hero ninja ini sangat lincah, tapi akan tidak berdaya apabila ia dikepung oleh hero dengan skill burst damage yang tinggi ataupun CC. Walhasil, Hayabusa sukses dibantai oleh lawan.

Baca juga: Hero Terbaik Setiap Role Mobile Legends Untuk Mendapatkan MVP

Supaya tidak seperti itu, artikel kali ini akan membahas kelebihan dan kekurangan Hayabusa Mobile Legends supaya kamu bisa lebih baik lagi memanfaatkan skillset dan gameplay-nya.

6 Kelebihan Hayabusa Mobile Legends

Lincah Dan Sulit Dikejar

hayabusa mobile legends lincah

Sebagai Ninja yang merupakan kekasih dari Kagura dan teman masa kecil Hanabi ini, Hayabusa pastinya dibekali dengan kemampuan stealth yang tinggi. Stealth Hayabusa berasal dari speed-nya yang luar biasa.

Di early game, Hayabusa sering menjadi hero roamer yang suka poke dan bahkan first blood dengan memanfaatkan skill 1 dan 2-nya yang bisa menyerang dan membunuh lawan secara perlahan.

Hayabusa juga akan menjadi andalan poke di early game khususnya apabila lawan memainkan taktik hyper carry. Kamu bisa hambat core lawan kamu dengan Hayabusa dan kecepatannya.

Jangan khawatir Hayabusa terkena serangan balasan hero lawan, karena dengan skill 2-nya seperti skill 2 Clint dan ulti Lylia. Setidaknya, Hayabusa Mobile Legends akan aman dari kejaran core lawan.

Ahlinya Blink Skill

Hero Hayabusa Mobile Legends akan banyak mengandalkan skill 2 untuk first blood ataupun kill hero lawan yang mengejarnya.

Kamu harus paham dulu cara memakai skill 2 Hayabusa ini, karena akan ada dua jenis efeknya sesuai dengan upgrade yang tersedia.

hayabusa mobile legends blink skill

Di awal kamu menggunakan skill 2 Hayabusa, kamu hanya dapat dash dan menghasilkan sebanyak 4 bayangannya. Dash ini akan bermanfaat ketika kamu meng-upgrade skill 2 sehingga bisa digunakan untuk kombinasi serangan ataupun kabur dan mempercepat pergerakannya.

Kalau kamu sudah memahami cara kerja skill 2, kamu juga bisa menyesuaikan timing serangan lanjutan, yaitu skill 1 Hayabusa dan basic attack-nya. Efek skill 2 juga akan mengurangi CD skill 1 sehingga kamu bisa memasangkan kombinasi skill 1 dan 2 ketika menyerang lawan atau jungling.

Kombinasi inilah yang menjadikan Hayabusa sebagai hero yang masih populer digunakan di ranked meski bukan pilihan utama para player veteran lagi.

Baca juga: Ingin Mythic Lebih Cepat? Pilih Item Build Terbaik Dengan Cara Ini

Punya Stack Skill Yang Mengerikan

Hayabusa di Mobile Legends juga termasuk salah satu hero yang bisa stack, khususnya untuk stack physical damage.

hayabusa mobile legends stack skill

Cara kerja stack Hayabusa hampir sama dengan Brody dan Selena, dan kamu bisa melihat indikator stack Hayabusa di atas kepala tiap lawan atau creeps yang terkena serangannya .

Hayabusa akan menandai lawan dengan shadow mark-nya, yang akan bertahan selama 6 detik dan bisa kamu tumpuk hingga 4 kali. Ketika Hayabusa menyerang lawan yang kena stack tersebut, ada bonus damage dengan total sebesar 20% yang memperkuat skill, ulti ataupun basic attack-nya.

Biasanya, player berpengalaman akan banyak memanfaatkan skill 1 untuk mengumpulkan stack karena bisa menjaga jarak aman dan cukup praktis untuk digunakan.

Kombinasi serangan skill 1 dan 2 serta skill pasif Hayabusa inilah yang bisa memperbesar burst damage-nya di mid dan late game.

Ahlinya Bantai Creeps Dan Turtle

Hayabusa Mobile Legends ini akan jadi aset penting untuk melawan Turtle saat tim kamu sedang sibuk menghambat pergerakan tim lawan. Hayabusa bisa mengalahkan Turtle dengan skill-nya.

Alasannya, Hayabusa adalah hero spesialis jungler yang efektif untuk kombo berbagai macam creeps dan bisa mendominasi buff merah dan biru sekaligus.

hayabusa mobile legends bantai turtle

Jarak antara buff merah dan biru cukup jauh, namun Hayabusa sebagai hero yang bisa roaming juga dapat dengan cepat menuju buff tertentu dan bahkan sambil kill lawan yang sedang jungling juga.

Ini juga diperkuat oleh movement speed-nya dan juga skill blink-nya yang bisa memindah-mindahkan Hayabusa ke empat arah.

Saat fokus menyerang Turtle, Hayabusa bisa mengantisipasi serangan lawan dengan skill 2-nya untuk mundur ke belakang atau menerjang lawan. Skill 1-nya juga bisa kamu manfaatkan untuk menyerang lawan dari balik dinding.

Saat jungling dan ada lawan yang mencoba mengganggu Hayabusa, kamu juga bisa memanfaatkan kombo skill tersebut supaya lawan langsung ambil langkah seribu.

Baca juga: Simak! Stack Mobile Legends Bisa Kamu Lakukan Dengan 10 Hero Ini!

Penghasil Burst Damage Yang GG

hayabusa mobile legends burst damage

Selain kombinasi skill 1 dan 2, Hayabusa Mobile Legends juga bisa menjadi penghasil burst damage dari ulti-nya yang akan semakin sakit apabila lawan sudah “ditandai” oleh stack-nya.

Sebelum melancarkan skill ulti Hayabusa, kamu bisa mulai dengan poke lawan menggunakan skill 1, disusul dengan skill 2 dan langsung ulti. Hayabusa akan otomatis mengunci target ke lawan dengan shadow mark.

Kamu juga bisa langsung teleport ke salah satu bayangan Hayabusa untuk kabur atau blink attack dengan skill 2 lagi. Damage burst-nya akan semakin sakit lagi kalau kamu berhasil lanjut menyerang.

Pastikan kamu selalu manfaatkan kombinasi skill 1, 2 dan ulti ini supaya lawan kamu bisa dikalahkan dengan cepat. Setidaknya, mereka juga tidak berani lanjut menyerang tim kamu.

Bisa Menumpas Lawan Sekaligus Saat War

hayabusa mobile legends bantai lawan

Kombinasi serangan Hayabusa skill 1, 2 dan ulti akan sangat berguna untuk menumpas banyak lawan yang berkumpul saat war di lane manapun.

Biasanya, Hayabusa suka ikut “meramaikan” war di mid lane karena lebih dekat dengan jungle. Jika kamu memakai Hayabusa, kamu juga bisa sedikit “jahil” dengan spam skill 1 atau pancing lawan dengan skill 2-nya.

Saat Hayabusa sampai ke tempat war, manfaatkanlah kombinasi skill 2 dan ulti untuk menyerang lawan sambil menjaga jarak aman.

Hayabusa akan sangat diuntungkan dengan bayangan-bayangannya sehingga bisa lebih bebas bergerak dan menjauh dari lawan yang menggunakan AoE.

Meskipun begitu, kamu juga harus bermain tangkas dan cepat untuk berpindah ke arah bayangan yang sepi dari hero lawan. Jika mereka mengejar kamu, pancing ke arah turret sambil menggunakan skill 1-nya.

Baca juga: 5 Hero Jungle Marksman yang Masih Bertahan di Meta MLBB Saat Ini, Adakah Jagoanmu?

6 Kekurangan Hayabusa Mobile Legends

Tidak Roaming, Tidak OP

hayabusa mobile legends kurang op

Memainkan Hayabusa Mobile Legends akan menuntut player-nya untuk rajin patroli di area tim maupun lawan. Kalau kamu sebagai pengguna Hayabusa tidak patroli, siap-siap diserang oleh lawan.

Tanpa roaming sambil bunuh-bunuh minions atau creeps untuk buff speed, Hayabusa hanya akan jadi feeder bagi lawan saja karena tidak punya skill bertahan yang baik.

Hal yang harus kamu perhatikan saat roaming juga adalah posisi Hayabusa. Selalu pastikan skill 2 digunakan di tempat yang tepat agar kamu bisa kabur ke bayangan yang jauh dari jangkauan lawan.

Mudah Kena Ganking

hayabusa mobile legends rentan kena ganking

Hero ninja ini juga sangat rentan terhadap ganking karena HP-nya tidak setebal tanker. Sebagai pengguna Hayabusa, kamu harus bisa mengakali kekurangan ini dengan tidak terlalu maju ke area lawan.

Meskipun Hayabusa punya speed yang oke di awal match, lawan juga pasti akan mencari celah dari kelengahan kamu supaya bisa ganking Hayabusa.

Hal tersebut diperburuk kalau misalnya lawan menggunakan hero seperti Khufra, Lesley, Franco atau Yve. Herohero tersebut punya HP dan jangkauan serangan yang oke sehingga kamu harus cepat menjauh dari mereka (dan hero dengan tipe serangan atau status semacam hero tersebut).

Baca juga: 5 Hero Tank Mobile Legends Yang Bisa Dijadikan Sideline

Butuh Banyak Jungling Di Early Game

hayabusa mobile legends jungling terus

Kekuatan Hayabusa Mobile Legends hampir bergantung pada seberapa banyak buff di arena yang ia miliki. Semakin banyak ia farming buff, semakin baik pula serangan dan damage-nya.

Tetapi, kalau kamu malas jungling, jangan harap Hayabusa jadi hero mematikan di mid game. Meskipun kamu bisa upgrade skill Hayabusa dan beli item yang pas untuknya, tanpa buff merah dan biru Hayabusa bukanlah apa-apa, khususnya di hadapan Estes, Nana atau Harley.

Perlu diingat bahwa Hayabusa sudah di-revamp oleh Moonton sehingga penggunaan mana-nya jadi semakin besar dan kamu tidak bisa sembarangan spam skill.

Maka dari itu, Hayabusa sangat butuh jungling untuk menutupi kekurangan barunya tersebut.

Hambur Mana Setelah Revamp

hayabusa mobile legends hambur mana

Sebelum revamp, kamu bisa hampir setiap saat spam skill 1 dan 2 untuk menyerang lawan ataupun jungling. Tapi setelah revamp, penggunaan mana Hayabusa jadi semakin tinggi.

Kalau kamu tidak mengantisipasi hal ini dengan membeli item penghemat atau penambah mana, Hayabusa tidak akan bisa dimainkan dengan baik.

Hal tersebut diperburuk kalau kamu kehabisan mana saat menggunakan kombo skill 1, 2 ataupun ulti. Yang ada, Hayabusa akan terbantai oleh lawan dan menghambat baik serangan pertahanan tim kamu.

Baca juga: Simak! Ini Buff yang Diterima Gloo MLBB di Update Patch Terbaru

Salah Bawa Item, Hayabusa Jadi Feeder Lawan

hayabusa mobile legends rentan jadi feeder

Hayabusa Mobile Legends juga butuh di-build dengan item yang tepat supaya skillset-nya bisa lebih efektif dan efisien. Battle spell Retribution juga akan jadi langganan Hayabusa untuk dibawa saat match.

Jika kamu salah bawa item, atau lebih banyak mengutamakan item penambah damage saja tanpa penghemat mana, Hayabusa tidak bisa banyak spam skill seperti biasanya.

Karena Hayabusa sangat mengandalkan kecepatan dan stack damage-nya untuk burst, kamu harus selalu ingat membawa Magic Shoes, Blade of Despair, Malefic Roar supaya damage-nya lebih sakit.

Tidak Cocok Untuk Player Slow Hand

hayabusa mobile legends sulit dikuasai

Karena sumber damage Hayabusa berawal dari skill 2, kamu harus bisa menguasai dan mengantisipasi arah bayangan Hayabusa untuk blink maupun menyerang lawan.

Bagi para player pemula, Hayabusa termasuk salah satu hero yang punya mekanik rumit sehingga butuh waktu untuk menguasai gameplay-nya.

Kalau kamu langsung main tancap memakai Hayabusa apalagi ranked, kamu pasti akan jadi bahan bully baik dari tim maupun lawan karena tidak bisa memakai Hayabusa dengan tepat.

Kamu perlu melatih kecepatan tangan kamu supaya bisa menguasai combo skill 2, 1 dan ulti sehingga bisa menjadi jungler atau offlaner tim kamu.

Baca juga: Catat! Formasi Terbaik Mobile Legends Dengan Meta Hero Season 23, Kuasai Semua Lane!

Itulah kelebihan dan kekurangan Hayabusa Mobile Legends yang harus kamu camkan baik-baik supaya tidak menggunakannya sembarangan, khususnya di top lane. Manfaatkan kelebihan dan antisipasi kekurangan kekasih Kagura ini supaya tidak menghambat tim kamu saat match.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!