Gejala Baterai HP Rusak yang Perlu Kamu Ketahui Sekarang!

Gejala Baterai HP Rusak

Baterai adalah komponen penting di dalam HP. Banyak aktifitas yang terhambat apabila baterai HP mengalami kerusakan. Pada artikel kali ini, VCGamers News akan menjelaskan ciri-ciri atau gejala baterai HP yang rusak.

Namun, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa kesehatan baterai HP bergantung perawatan penggunanya. Nah, sebelum berlanjut ke gejala baterai HP rusak, kamu harus tahu apa saja tindakan yang membuat baterai HP cepat rusak.

Hal Umum yang Menyebabkan Baterai HP Rusak

Baterai HP Rusak
Baterai HP.
  • Melakukan charging baterai HP dengan charger palsu atau tidak bawaan pabrik asli dari HP kamu.
  • Terlalu sering melakukan chager lebih dari 3 kali sehari.
  • Mengisi daya baterai saat baterai HP masih di atas 35-45%.
  • Mengisi daya baterai HP di colokan listrik dengan tegangan yang teramat tinggi.
  • Memakai HP sampai terasa sangat panas ketika bermain game, media sosial dan lain-lain.
  • HP terlalu sering jatuh dan mengalami goncangan yang kuat.

Pastikan untuk tidak melakukan penyebab-penyebab yang bisa membuat baterai HP kamu rusak. Pasalnya, kebanyakan HP saat ini memiliki baterai yang langsung tertanam dan tidak bisa dicabut pasang sesukai hati.

Baca juga: 5 HP Gaming Hemat Baterai yang Harus Kamu Beli

Gejala Baterai HP Rusak Secara Umum

Gejala Baterai Ponsel Rusak
Tampilan Baterai Habis.

Berikut ini kami akan menjabarkan secara lengkap mengenai gejala atau ciri-ciri baterai HP yang rusak. Kamu bisa langsung melakukan pengecekan setelah membaca artikel ini untuk memastikan baterai masih sehat atau sudah rusak.

Bagian Belakang HP Tampak Mengembung atau Bengkak

Gejala ini sangat umum terjadi di semua pengguna HP dengan merek apa pun, baik Samsung, iPhone, Xiaomi, Asus, Oppo, Vivo dan lain-lain. Namun, kejadian semacam ini lebih sering terjadi di baterai-baterai pada HP keluaran lama. Juga tidak menutup kemungkinan HP modern saat ini bisa begitu kalau cara merawatnya salah.

Untuk memastikannya, kamu bisa melihatnya langsung atau menaruhnya di permukaan lantai. Setelah itu, putar HP kamu. Jika HP-nya bisa berputar dengan cepat, maka baterai HP memang sudah memiliki tanda-tanda mengembung.

Baterai HP Mengalami Penurunan Daya yang Sangat Cepat

Ada sebuah kondisi umum jika baterai HP sudah rusak, yaitu persentase baterai mengalami penurunan yangg relatif cepat. Misalnya, jika sebelumnya baterai HP berkurang 5% dalam satu jam, sekarang berkurang 5% berkurang dalam 20 menit saja. Itu tandanya baterai HP sudah mengalami penurunan kualitas.

Baterai HP Sulit Diisi Daya Sampai Penuh

HP canggih yang kini banyak beredar pada umumnya punya fitur fast charging. HP dengan baterai seperti itu biasanya hanya perlu waktu 45 menit sampai 2 jam untuk bisa penuh 100%.

Namun, jika baterai HP kamu terasa sangat lama penuhnya, itu berarti ada yang salah dengan baterai HP kamu. Bisa jadi itu adalah gejala awal di mana baterai HP kamu mengalami kerusakan.

Gejala Baterai HP Rusak – HP Sering Terasa Panas Saat Digenggam

Gejala baterai HP rusak berikutnya adalah seringnya kamu merasakan suhu panas di beberapa bagian HP kamu, utamanya di bagian belakang. Secara umum HP akan terasa panas jika terlalu lama digunakan untuk game dan bermedia sosial.

Namun, jika HP terasa panas saat tidak digunakan, itu adalah salah satu tanda baterai HP kamu bocor atau rusak. Kamu harus segera menggantinya.

Gejala Baterai HP Rusak – HP Hanya Bisa Aktif dengan Charger

Gejala yang satu ini adalah tanda bahwa baterai HP kamu sudah benar-benar rusak fatal. Kejadian ini juga umum terjadi di banyak pengguna HP. Ketika diisi daya HP bisa langsung penuh, tetapi ketika dicabut HP malah langsung mati.

Kasus seperti demikian harus segera diatasi dengan membeli baterai baru. Gejala tersebut sudah mengindikasikan bahwa fungsi baterai HP kamu sudah benar-benar hilang.

Baca juga: Cara Mematikan Getar Keyboard Android, Hemat Baterai!

Indikator Baterai Tidak Tampak Dilayar

Gejala yang terakhir adalah tidak adanya indikator atau persentase baterai yang tertera di atas layar HP kamu. Hal tersebut patut dicurigai karena bisa jadi baterai HP kamu mengalami error atau malfungsi.

Meski begitu, ada alasan lain di balik terjadinya indikator baterai yang tidak muncul. Satu, murni kesalahan dari produsen atau bisa juga hanya sekadar lag HP biasa.

Cara Merawat Baterai Li-Po

Isi Daya Baterai
Isi daya baterai HP.

HP flagship yang rilis tahun ini sebagian besar pasti menggunakan jenis baterai Li-Po atau Lithium Polymer. Baterai dengan jenis ini lebih unggul dari baterai versi lama, yaitu Li-Ion. Pasalnya, masa pakai Li-Po lebih lama ketimbang Li-Ion.

Meskipun lebih berkualitas, ada beberapa tips agar kesehatan baterai ini bisa lebih maksimal dan tidak cepat rusak. Simak tips merawat baterai Li-Po berikut ini.

Jangan Charger Terlalu Lama

Sebagian baterai Li-Po memang memiliki ketahanan terhadap over-charge dengan cara memutus aliran listrik. Namun, ada juga baterai Li-Po yang belum bisa menahan aliran listrik yang terlalu lama. Maka tindakan terbaik adalah dengan mencabut isi daya jika baterai memang terisi cukup atau penuh.

Tidak Perlu Isi Baterai Sampai 100%

Pada baterai Li-Po, kamu tidak perlu mengisi daya baterainya sampai 100%. Untuk memaksimalkan umur baterai Li-Po kamu, isilah baterai saat berada di 20-30% dan cabut saat berada di 80%.

Menggunakan Charger Original atau Bawaan Produsen

Jangan terlalu sering menggunakan charger abal-abal atau palsu untuk baterai kamu! Hal itu bisa jadi faktor besar rusaknya baterai kamu di beberapa hari kemudian. Pastikan untuk selalu memakai charger asli dan cukup gunakan charger lain di saat genting saja.

Gunakan HP dengan Produktif

Tips ini terdengar remeh, tetapi sangat relevan untuk kesehatan baterai HP. Gunakanlah HP dengan bijak dengan memasang waktu penggunaan HP secara berkala. Hindari untuk selalu memakai HP, apalagi jika untuk bermain game terlalu lama.

Optimasi Fitur Internal di dalam HP

Maksudnya adalah dengan mengatur hal-hal yang ada di dalam HP agar baterai bisa lebih awat. Caranya adalah mengatur kecerahan layar, memakai latar belakang berwarna hitam, mengaktifkan penghemat daya dan pastikan rajin update aplikasi.

Baca juga: Lupa Cabut Charger Saat Baterai HP Sudah 100%, Bahaya Ga Sih?

Itulah beragam penjelasan tentang gejala baterai HP rusak, alasan baterai HP rusak dan cara merawat baterai HP yang rusak.

Pastikan baterai HP kamu tetap berfungsi agar bisa terus mendapatkan update promo top-up in game terbaru dari VCGamers Marketplace. Semoga bermanfaat!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!