Game PS1 Ukuran Kecil untuk Nostalgia Para Gamers Retro

PlayStation One

Kamu lagi nyari game PS1 ukuran kecil? Banyak dong! Malahan, dengan semakin majunya perkembangan teknologi seperti sekarang, bisa dikatakan semua game retro memiliki ukuran yang kecil.

PS1 sebagai konsol yang begitu melegenda di Indonesia tentu menyimpan banyak kenangan masa kecil nan indah. Maka hingga sekarang-pun tidak sedikit gamer-gamer veteran yang masih memainkannya.

Terlebih di tahun 2018 lalu, Sony selaku pengembang dari lineup PlayStation sendiri secara mengejutkan merilis PlayStation Classic.

Ini merupakan konsol PS1 varian remake yang dikemas dengan ukuran sangat minimalis dan tidak lagi memerlukan kaset CD untuk bermain.

Namun sayang, varian game yang dirilisnya terbilang sangat sedikit dan banyak melewatkan berbagai game legenda.

Banyak pecinta lama konsol ini yang mengharapkan dimunculkannya kembali judul-judul ternama seperti Harvest Moon, Crash Bandicoot, Spyro, Diablo, dll.

Ada beberapa pemain yang memilih untuk memainkannya menggunakan emulator.

Nah, sekadar informasi, kali ini kami akan coba membahas berbagai game PS1 ukuran kecil yang dimainkan menggunakan emulator. Tapi perlu diingat, kami tidak menganjurkan penggunaannya ya!

Baca juga: Berbagai Game yang Diumumkan di Playstation State of Play Maret 2022

Kaettekita Cyborg Kuro-Chan (19.6 mb)

Cyborg Kurochan
Cyborg Kurochan. Sumber: YouTube/Internet Bored

Mungkin anak jaman sekarang enggak banyak yang tahu tentang judul yang satu ini. Tapi buat para milenial kelahiran 90-an, anime bertemakan kucing cyborg tersebut sudah menjadi bagian masa kecil yang tak terlupakan.

Yang membuatnya menjadi semakin membekas adalah keberadaan game-nya yang begitu ikonik. Player diberi kesempatan untuk menggerakan ‘Kuro’, sang kucing hitam yang sekaligus menjadi pemeran utama.

Tak hanya itu, karakter-karakter lainnya seperti ‘Mi’ yang kerap menjadi rival, serta ‘Matatabi’ si kucing epic, juga turut dapat dipilih. Game dengan genre shoot ’em up >< 2D platforming ini layak untuk dimainkan kala bernostalgia.

Harvest Moon: Back to Nature – Bahasa Indonesia (23.6 mb)

Harvest Moon BTN
Harvest Moon BTN. Sumber: YouTube/hg Hannes-H

Bener banget, enggak salah baca kok. Game legendaris kesukaan kalian yang bahkan sampai saat ini masih menjadi favorit banyak orang: Harvest Moon – Back to Nature (HMBTN) juga salah satunya.

Bisa dikatakan game ini merupakan mahakarya dari sang konsol sendiri. Judul yang mempopulerkan genre farming simulation ini akan selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari kenangan indah yang lekat akan nuansa nostalgia.

Meski HMBTN terbilang sebagai RPG dengan kualitas grafis 3D (masa itu sudah salah satu yang terbagus), namun versi Bahasa Indonesia-nya sendiri tidak memerlukan space yang terlalu besar loh! Cocok buat pecinta size minim.

Metal Slug X (30.2 mb)

game PS1 ukuran kecil Metal Slug X
Metal Slug X. Sumber: YouTube/Touch Gameplay

Lagi-lagi game shoot ’em up >< 2D platforming mengambil tempat di list ini. Kali ini datang dari pionir judul terkenal Metal Slug yakni edisi X.

Meski pada awalnya game ini diciptakan untuk arcade, namun kehadiran PlayStation membuatnya mampu menembus pangsa pasar rumahan.

Selayaknya genre ini pada umumnya, Metal Slug X terbilang cukup kasual dan tidak membutuhkan play hours yang begitu lama. Ini terlihat dari size game-nya sendiri yang bahkan tidak sampai menyentuh angka 50 mb – boleh banget dimainkan kala senggang!

Crash Bash (65.3 mb)

game PS1 ukuran kecil Crash Bash
Crash Bash. Sumber: YouTube/Dosgamert

Siapa sih gamers PS1 yang tidak kenal Crash si Bandikut? Sebagai salah satu maskot paling terkenal dari konsol ini, tentu ia sudah menjelma menjadi bagian abadi dari budaya pop dunia.

Salah satu lineup game-nya yang juga layak untuk dinikmati adalah Crash Bash. Mengusung genre party mini game, judul ini sangat sering dimainkan pada masa jayanya.

Bagi mereka yang ingin memainkannya kembali, size-nya yang kecil tentu tidak akan menjadi kendala yang berarti.

Kamen Rider Ryuki (69.6 mb)

Kamen Rider Ryuki
Kamen Rider Ryuki. Sumber: YouTube/Windah Basudara

Bagi para pecinta genre ‘Super Sentai’, judul Kamen Rider khususnya Ryuki sudah pasti termasuk ke dalam list favorit mereka. Bisa dikatakan, Ryuki merupakan salah satu instalasi Kamen Rider yang paling sukses.

Bagaimana tidak, seri tokusatsu ‘henshin!’ yang satu ini tampil begitu berbeda dengan menggabungkan elemen monster-hewan-piaraan-robotik, senjata spesialis, serta jurus-jurus ulti berbasis kartu. Kombinasi tersebut tentu merupakan formulasi terbaik yang mampu “melelehkan” para pecintanya.

Dan buat yang dulu suka main game-nya, cocok banget kalau ingin mencobanya lagi, karena size game ini tidak terlalu memakan tempat.

Baca juga: Berbagai Game yang Diumumkan di Playstation State of Play Maret 2022

Ikuti berita Games terbaru di VCGamers News!

Jangan lupa, Top Up Games termurah dan cepat di VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!