5 Game Mirip Harvest Moon Terbaik di Android dan iOS!

Terdapat sejumlah game mirip Harvest Moon yang bisa kamu temukan dan mainkan dengan mudah di perangkat Android maupun iOS kamu.
game mirip harvest moon (3)
Sumber: carisinyal.com

Kamu bisa menemukan sejumlah game mirip Harvest Moon yang tersedia di Android dan iOS. Game-game itu juga tidak kalah seru dan menyenangkan.

Seperti kita tahu, Harvest Moon merupakan game simulasi pertanian yang sangat seru banget karena kita bisa berinteraksi dengan penduduk desa disana.

Sebenarnya sekarang sudah banyak game simulasi pertanian yang mirip seperti game Harvest Moon untuk Android dan iOS yang mungkin bisa mengajakmu mengingat kembali tentang game Harvest Moon.

Biasanya, di dalam game simulasi pertanian ini kita akan bertani, beternak, bercocok tanam hingga menjalin persahabatan dengan penduduk disana.

Kali ini akan merekomendasikan game simulasi pertanian yang serupa seperti Harvest Moon. Pokoknya simak terus artikel ini hingga selesai!

Baca juga: Harvest Moon Rilis Baru 2024 Hadir untuk Android dan iOS

Daftar Game Mirip Harvest Moon

game mirip harvest moon (1)
Harvest Moon: Back to Nature. Sumber: Eraspace

Game Harvest Moon merupakan salah satu game legends yang banyak dimainkan di era 90-an.

Melansir dari Kompas.com, Harvest Moon pertama kali dirilis pada tahun 1996 untuk konsol Super Nintendo Entertainment System (SNES) yang dikembangkan oleh Amccus dan diterbitkan oleh Natsume (luar jepang) dan Pack-In-Video (Jepang).

Pada awalnya Harvest Moon bisa dimainkan di SNES, Game Boy, Nintendo 64, PlayStation, Nintendo Wii U, Nintendo Switch dan kini akan hadir di Android dan iOS pada Agustus 2024 mendatang.

Game ini akan mengajakmu untuk mengelola kebun, beternak, bertani dan berinteraksi dengan penduduk desa disana.

Selain itu juga, kamu harus bisa memancing, menambang hingga merenovasi rumah atau peternakanmu supaya lebih besar lagi. Setiap harinya kamu melakukan kegiatan bertani, berkebun atau berternak supaya semuanya bisa berkembang.

Nah, setelah kita mengulas sedikit tentang Harvest Moon, disini akan merekomendasikan game mirip seperti Harvest Moon untuk Android dan iOS!

Stardew Valley

game mirip harvest moon (2)
Stardew Valley. Sumber: Steam

Game mirip Harvest Moon pertama untuk Android dan iOS adalah Stardew Valley dengan simulasi pertanian dan peternakan yang dirilis pada 26 Februari 2016.

Game ini bisa kamu mainkan di platform Nintendo Switch,  Linux, PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox One,  Microsoft Windows, MacOS, PlayStation Vita, PlayStation, Nintendo 3DS.

Di sini kamu akan berperan sebagai petani dan peternak yang mendapatkan ladang hibah dari kakeknya di sebuah kota kecil tepatnya di Pelican Town.

Nantinya kamu akan mengelola sumber daya dan tabungan yang digunakan untuk membersihkan ladang, merawat tanaman dan bercocok tanam.

Ada berbagai macam hewan ternak yang harus kamu urus disana dan nantinya bisa dijual serta bisa membuat furnitur yang dibutuhkan.

Dan menariknya kamu bisa mengikuti berbagai event yang ada disana seperti kegiatan sosial yang diselenggarakan di wilayah kota Pelican dan kamu juga bisa melakukan pernikahan!

My Time at Portia

game mirip harvest moon (7)
My Time at Portia. Sumber: Nintendo

Game kedua yaitu My Time at Portia yang dikembangkan Pathea Games dan dirilis pada 15 Januari 2019. Selain mirip seperti Harvest Moon, game ini ternyata juga mirip dengan Stardew Valley.

Selain bisa dimainkan di Android dan iOS, My Time at Portia ini bisa kamu mainkan di Microsoft Windows, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One dan MacOS.

Gameplay-nya sangat seru, kamu harus mengumpulkan sumber daya dan membuat berbagai resep untuk membuat sebuah item yang akan digunakan nantinya.

Selain itu juga, kamu bisa memanen bahan baku tersebut setelah selesai, nantinya kamu akan mendapatkan reward seperti bantuan pembangunan kota atau uang.

Baca juga: Daftar Game Harvest Moon di Nintendo Switch, Yuk Main!

Harvest Town

game mirip harvest moon (5)
Harvest Town. Sumber: Fay HDS/Youtube

Harvest Town merupakan game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Avid.ly pada 1 Juli 2019.

Di sini kamu akan berperan sebagai karakter yang pulang ke kampung halamannya setelah merantau di luar kota. Di sana kamu akan menemukan sebuah lahan yang tak terurus dan tugas kamu harus mengurusnya.

Kamu bisa melakukan aktivitas seperti menanam tanaman, memelihara hewan ternak, menambang, memancing, membangun desa baru dan memperbesar lahan atau ladangmu.

Selain itu juga, kamu bisa berpetualang sambil berinteraksi dengan penduduk desa disana serta mengikuti berbagai event dan festival yang diselenggarakan.

Harvest Town juga memiliki misi yang harus kamu selesaikan untuk bisa mendapatkan reward dan menambah keseruan bermainmu.

FarmVille 2: Country Escape

game mirip harvest moon (4)
FarmVille2: Country Escape. Sumber: Microsoft

Game mirip Harvest Moon untuk Android dan iOS selanjutnya FarmVille 2: Country Escape yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Zynga pada 17 April 2014.

Di sini kamu akan mengambil alih sebuah peternakan yang subur dan kamu harus mengelolanya sebaik mungkin, seperti misalnya bertani, menanam, mengurus hewan ternak dan memperbesar peternakanmu.

Kamu pun bisa memancing untuk mendapatkan ikan. Selain itu, kamu juga bisa mengumpulkan berbagai sumber daya seperti bahan makanan ataupun material.

Serunya kamu bisa berpertualang sambil menyelesaikan misi yang harus diselesaikan dan bisa mengikuti berbagai event menarik untuk mendapatkan reward.

Hay Day

game mirip harvest moon (6)
Hay Day. Sumber: Amazon

Hay Day adalah game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Supercelll pada 21 Juni 2012.

Game ini bercerita tentang Greg yang tidak mampu mengurus pertanian. Sehingga dia memberikan tanggungjawabnya kepada kamu untuk merawah pertanian dengan baik.

Game akan dimulai dengan orang-orangan sawah yang akan memandumu bagaimana caranya untuk memanen sebuah gandum. Ketika kamu selesai melakukannya, maka kamu akan memperoleh koin dan XP.

Koin tersebut bisa digunakan untuk membeli lahan baru atau ladang yang bisa kamu dekor nantinya, sementara XP untuk meningkatkan level-mu.

Kamu bisa memperoleh koin dan XP dengan menjual barang-barang ke penjual kaki lima, mengirimkannya melalui kapal atau memberikannya kepada pembeli di kota tersebut.

Selain itu juga kamu bisa berpetualang dengan pergi ke desa lain menggunakan kereta untuk membeli bahan baku yang belum terpenuhi.

Baca juga: Cara Memainkan Game Harvest Moon di Tahun 2023, Catat!

Yuk Top Up kebutuhan produk digital dan game dengan harga termurah dan cepat VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!