Demo Game Indonesia Troublemaker Telah Hadir di Steam!

Demo Game Troublemaker

Game karya anak bangsa berjudul Troublemaker telah rilis di Steam. Versi yang sudah rilis masih berupa demo, namun game buatan developer Gamecom ini sangat menjanjikan.

Diterbitkan oleh Freedom Games, game Indonesia: Troublemaker menggunakan Unreal Engine sebagai software pengembang game dan memiliki size sekitar 3-4 GB. Bagi Vicigers yang ingin mencoba bermain Troublemaker bisa langsung download demo yang tersedia di Steam secara gratis.

Seperti game pada umumnya, Vicigers harus memenuhi beberapa minimum requirements agar bisa memainkan game ini dengan lancar. Vicigers minimal harus memiliki prosesor i5-2400s / AMD FX-6100, RAM sebesag 8 GB, kartu grafis GTX 660 atau AMD 7870 dengan 2 GB VRAM, dan DirectX Version 11. Bila Vicigers memiliki komponen PC tersebut atau yang lebih baik, maka akan dengan mudah memainkan Troublemaker dengan lancar.

Kali ini, VCGamers akan membahas mengenai demo game Indonesia Troublemaker. VCGamers telah memainkan game ini dan akan berbagi sedikit ulasan mengenai demo dari Troublemaker. Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Baca Juga: Akhirnya! Steam Bisa Dibuka, Bagaimana yang Lain?

Alur Cerita

Game Indonesia Troublemaker
Budi di SMK Cipta Wijaya. Sumber: VCGamers

Game ini menceritakan Budi, anak SMK anggota gangster. Vicigers akan disambut dengan dialog Budi dengan bapak angkatnya, seorang penjual bakso saat memulai game ini. Setelah itu, Budi akan bertemu dengan gangster dan pemain harus melawan gangster tersebut.

Setelah itu, 2 bulan berlalu dan Budi pindah ke SMK Cipta Wijaya karena bertengkar dengan gangster tersebut. Ia bertemu Boby di SMK barunya dan memulai petualangan di SMK tersebut.

Ia dan Boby bertemu dengan berbagai karakter baru seperti Bu Ratna sebagai guru SMK, Sophia, Ricco, Muklis, dan Rani. Selain itu, Boby mengenalkan Budi dengan Richard, karakter NPC yang dapat Vicigers temui untuk membeli berbagai perlengkapan seperti minuman alkohol, stats, dan sick moves untuk bertengkar.

Singkat cerita, Vicigers akan mengikuti kisah Budi di SMK barunya yakni SMK Cipta Wijaya dengan teman-temannya. Jadi, inti dari game ini adalah kisah cerita Budi sebagai jagoan yang di SMK Cipta Wijaya.

Baca Juga: Yuk Kenalan dengan Game Kucing Liar Stray, Seru Banget!

Gameplay Troublemaker

Game Indonesia Troublemaker
Gameplay Troublemaker Saat Melawan Gangster. Sumber: VCGamers

Menurut VCGamers, game ini merupakan game fighting dengan alur cerita yang unik. Gameplay fighting tersebut mengharuskan pemain untuk melakukan combo dengan klik kiri, klik kanan, Q, hingga space. Berbagai combo bisa Vicigers gunakan untuk memenangkan pertengkaran dengan karakter lain.

Mekanik bertengkar ini yang menjadikan gameplay Troublemaker unik, karena pemain akan mendapatkan perasaan memuaskan ketika berhasil mengalahkan musuh dengan combo. Terdapat berbagai musuh yang akan Vicigers hadapi, contohnya melawan gangster pada saat mengawali game ini dan melawan bully setelah pulang sekolah.

Baca Juga: 5 Game Roguelike Terbaik di PC Tahun 2022

Review Game Indonesia Troublemaker

Game Indonesia Troublemaker
Game Troublemaker Saat Melawan Ketua Gangster. Sumber: VCGamers

Setelah menyelesaikan demo dari game tersebut, VCGamers akan membahas mengenai ulasan dari Troublemaker. Meskipun masih dalam versi demo, game ini sangat menjanjikan ketika versi fullnya telah rilis.

Alur cerita yang mudah dimengerti dan sangat relevan bagi masyarakat Indonesia ini menjadi nilai plus. Game ini menceritakan tentang kehidupan sekolah yang memiliki banyak kekurangan, khususnya karena sistem edukasi yang ada di Indonesia.

Kritik terhadap sistem edukasi Indonesia inilah yang menjadi keunikan dari game tersebut. Beberapa kali terdapat dialog yang menunjukkan kritik terhadap sistem edukasi Indonesia. Contohnya, ketika bapak kandung dari Budi bercerita bahwa anak sekolah yang memiliki kecerdasan teori akan selalu dipandang baik, namun banyak anak sekolah dengan bakat selain akademis yang dipandang sebelah mata.

Selain itu, game ini juga mencerminkan kerusakan yang terjadi khususnya di sekolah tempat Budi belajar yakni SMK. Contohnya, Richard yang bisa dengan bebas menjual alkohol di kantin sekolah. Meskipun hanya dalam game, mungkin masih ada anak sekolah di dunia nyata yang mengonsumsi minuman beralkohol.

Game ini sangat unik karena mencerminkan sebuah kehidupan sekolah di Indonesia. Meskipun tidak semua sekolah memiliki kekurangan seperti yang ada dalam Troublemaker, mungkin masih ada sekolah yang tidak memberikan edukasi yang pantas bagi murid-muridnya.

Selain alur cerita yang unik, gameplay yang mudah dimengerti juga menjadi nilai tambahan dari game ini. Bagi Vicigers yang suka bermain Bully ataupun Tekken, game ini memiliki implementasi combo yang unik.

Model karakter dan voice over juga menjadi nilai tambahan, begitu juga dengan cutscene yang memanjakan mata. Jadi, VCGamers tidak sabar untuk memainkan game full versinya di waktu yang akan datang.

Proses Pengembangan Game Troublemaker

Cutscene Game Indonesia Troublemaker
Salah Satu Cutscene dalam Game Troublemaker. Sumber: VCGamers

Saat ini, Vicigers hanya bisa memainkan versi demo dari game Indonesia Troublemaker ini. Untuk versi full, Vicigers masih harus menunggu untuk tanggal rilisnya.

Menurut Indozone, game ini akan segera rilis pada awal tahun 2023. Jadi, kira-kira 5 hingga 6 bulan lagi menuju 2023 dan mungkin Gamecom dan Freedom Games akan merilis versi full dari game Troublemaker ini.

Vicigers akan bisa mengunduh versi lengkap dari game Troublemaker ini di Steam dan Epic Games setelah rilis. Gamecom selaku developer sedang melakukan banyak update dan patch sehingga dapat meminimalisir bug yang ada dalam game tersebut.

Demikian pembahasan mengenai game Indonesia berjudul Troublemaker ini. Untuk keperluan top up Steam Wallet, tentunya VC Market by VCGamers solusinya! Banyak promo dan cash back yang tersedia lho!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!