5 Game Edukasi Android Terbaik Untuk Anak

game edukasi android

Smartphone bukan lagi untuk orang dewasa akhir-akhir ini, anak-anak semakin mengenal satu sama lain dan tidak bisa lepas dari smartphone. Karena itu, ada beberapa game edukasi android yang cocok untuk anak.

Hanya saja ketika orang dewasa menggunakan smartphone sebagai alat untuk berkomunikasi dan bekerja, anak-anak menggunakan smartphone hanya untuk menonton atau bermain game. 

Nah, tugas bermain game ini harus diawasi dan dibimbing oleh orang tua. Salah satu tanggung jawab orang tua adalah memilih permainan yang tidak hanya menyenangkan bagi anak, tetapi dapat menjadi proses belajar yang mendukung tumbuh kembang anak.

Bagi kamu yang sedang mencari game edukasi untuk anak, berikut ini beberapa game edukasi android untuk anak yang bisa kamu download dan mainkan di ponsel berbasis Android

Daftar Game Edukasi Android

Selain membaca, penggunaan game edukasi android kini juga menjadi bagian penting dari media pendidikan anak. Banyaknya game di platform android pasti akan membuat bingung para orang tua saat memilih game yang tepat untuk anaknya.

Oleh karena itu, VCGamers mengumpulkan beberapa game edukasi anak terbaik untuk Android yang bisa kamu temukan di bawah ini. Belajar sambil bersenang-senang bisa menjadi pilihan yang berguna untuk mengisi hari. Ayo, kembangkan keterampilan anak dengan alat-alat di bawah ini! 

Duolingo 

Duolingo 
Duolingo

Kamu dapat mengajari anak-anak bahasa asing dengan cara yang menyenangkan dengan game edukasi Duolingo untuk anak-anak.

Game edukasi untuk anak-anak ini tidak hanya mengajarkan bahasa Inggris, tetapi juga ada 30 bahasa asing yang bisa dipelajari anak-anak, antara lain bahasa Mandarin, Prancis, Italia, Spanyol, Korea, Jepang, dan lainnya. Desain Duolingo yang indah menjamin kamu akan sangat menikmati belajar bahasa asing. 

Khan Academy Kids

Game Edukasi
Khan Academy Kids (Sumber: Google Play)

Game edukasi lainnya untuk anak-anak adalah Khan Academy Kids. Khan Academy Kids mencakup ribuan kegiatan interaktif untuk balita, anak-anak prasekolah, dan anak-anak prasekolah.

Dalam game edukasi yang cocok untuk anak-anak ini, anak-anak dapat belajar membaca, bahasa, menulis, matematika, perkembangan emosi sosial, pemecahan masalah, dan perkembangan motorik.

Bahkan, pelajaran ini dirancang sedemikian rupa sehingga akan membuat anak-anak menikmati bermain musik sambil belajar ini. 

Marbel Belajar Huruf Alfabet

Marbel Belajar Huruf Alfabet
Marbel Belajar Huruf Alfabet

Mengenalkan huruf pada anak sejak dini memang merupakan hal yang penting untuk dilakukan orang tua. Untuk membuat pemahaman abjad menjadi menyenangkan bagi anak-anak, game edukasi Marbel Belajar Huruf Abjad oleh Educa Studio bisa menjadi solusinya.

Sebagai alat peraga digital, game edukasi ini disajikan dengan cara yang indah agar anak-anak dapat menikmati dan memahaminya dengan mudah. 

Baca juga: 5 Game Android Seru Offline Terbaru

Fishing for Kids

Fishing for Kids
Fishing for Kids

Fishing for Kids adalah game edukasi yang memperkenalkan anak kamu pada makhluk bawah laut. Game oleh pengembang Yovogames ini memiliki lingkungan belajar yang menyenangkan dengan membuat teka-teki kecil untuk ditangkap. Game ini tentunya bisa menginspirasi kamu dan si kecil untuk menahan tenaga dan melatihnya.

Doctor Kids

game edukasi android
Doctor Kids adalah game edukasi android

Game edukasi seru lainnya adalah Doctor Kids. Mirip dengan game edukasi untuk anak-anak sebelumnya, game ini berperan dalam menemukan minat dan bakat anak. Siapa tahu, dimulai dengan bermain dokter mainan, kemudian impian menjadi dokter tergantung saat ia besar nanti.

Kegiatan yang dapat dilakukan melalui permainan ini antara lain pemeriksaan gigi, mata, pemeriksaan rontgen tulang, menggunakan mikroskop untuk memeriksa bakteri dan masih banyak lagi lainnya. 

Baca juga: Lagi Cari Game Seru di Roblox? Yuk Intip Listnya!

Itulah dia game edukasi android untuk anak yang bisa kamu coba. Tidak semua game itu buruk untuk anak-anak, lho. Begitu pula dengan permainan edukatif anak dapat mengembangkan minat anak untuk belajar dan menemukan hal-hal baru.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!