Game Dingdong Jadul yang Pernah Populer di Zamannya

Game dingdong jadul merupakan sebutan lain untuk mesin game Arcade di Indonesia. Mesin game ini pernah mengalami masa jaya pada tahun 1990-an.
Game Dingdong Jadul
Game Dingdong Jadul. Source: YouTube/Toy Hunting Gamers

Game Dingdong Jadul yang Pernah Populer di Zamannya

Game dingdong merupakan sebutan lain untuk mesin game Arcade di Indonesia. Mesin game ini pernah mengalami masa jaya pada tahun 1990-an.

Dulunya game dingdong hampir selalu ada di setiap tempat hiburan, bahkan ada juga satu tempat khusus yang dijadikan sebagai arena untuk bermain dingdong.

Tidak seperti platform game modern saat ini, seperti konsol, PC, maupun smartphone yang bisa kamu isi berbagai macam game, mesin game ini hanya bisa diisi dengan satu judul game saja.

Untuk bisa mengoperasikan dingdong, kamu harus menggunakan satu token (koin) yang dulu hanya senilai 100 perak.

Jika kamu belum lahir pada era kejayaan dingdong, nah disini kami akan membagikan beberapa judul game populer yang ada di dingdong. Yuk disimak!

Baca juga:

Warriors of Fate

Game Dingdong Jadul
Warriors of Fate. Source: Youtube/Toloi Games

Game ini mengambil kisah dari Three Kingdom. Disini kamu bisa memilih salah satu dari 5 hero yang tersedia, mulai dari Zhang Fei, Guan Yu, Zhao Yun, Huang Zhong dan Wei Yan.

Nantinya hero yang kamu pilih akan kamu gunakan untuk bertualang dan mengalahkan lawan-lawan yang juga berasal dari kisah Three Kingdom.

Di setiap akhir stage kamu akan menghadapi panglima yang menjadi boss untuk dilawan, sedangkan untuk bos terakhir adalah Lu Bu.

Cadillacs and Dinosaurs

Cadillacs and Dinosaurs
Cadillacs and Dinosaurs. Source: Youtube/ The Flying Kick

Game memiliki tema petualangan di dunia fiksi dimana dinosaurus hidup bersama dengan manusia. Terdapat empat sahabat, yaitu Jack, Hannah, Mustapha, dan Mess yang akan saling bekerja sama untuk menyelesaikan kekacauan yang terjadi.

Disini kamu juga akan memainkan salah satu dari empat karakter yang ada untuk mengalahkan musuh dan boss terakhir, yaitu Dr. Simon.

Punisher

Punisher
Punisher. Source: Kapanlagi Plus

Jika kamu merupakan seorang fans Marvel, maka kamu sudah tidak asing lagi dengan karakter yang satu ini, yaitu Punisher. 

Karakter yang mengenakan dengan kostum bergambar tengkorak ini ternyata jiga pernah menjadi game dingdong jadul dan menjadi favorit para gamer pada awal tahun 90-an.

Di dalam game ini, Punisher bersama dengan agen Nick Fury akan berusaha untuk mengalahkan lawan-lawannya dan boss terakhir, yaitu KingPin.

Captain Commando

Captain Commando
Captain Commando. Source: Instant-Gaming.Com

Di dalam game Captain Commando terdapat karakter yang unik, seperti Captain Commando, Mack the Knife, Ginzu the Ninja, dan Baby Head.

Masing-masing dari mereka memiliki skill yang berbeda-beda dan kamu bisa memilih karakter mana yang akan digunakan untuk bertualang melindungi bumi dan seluruh galaksi dari serangan penjahat berkekuatan super.

Awalnya game ini bisa dimainkan maksimum berdua, tetapi seiring perkembangan waktu, Captain Commando bisa dimainkan hingga empat pemain secara bersamaan.

Sunset Rider

Game Dingdong Jadul
Sunset Rider. Source: Nintendo

Dengan menggunakan tema cowboy, game ini membuat sebuah terobosan pada dingdong jadul, sebab game ini bisa dimainkan secara multiplayer sampai empat pemain. 

Keempat cowboy yang bisa digunakan adalah Steve, Billy, Bob, dan Cormano. Dan kamu nantinya akan bertarung dengan latar wild wild west dan harus menaklukkan boss terakhir, yaitu Sombrero.

Raiden

game dingdong pesawat
Raiden. Source: YouTube/HAMSTER Corporation

Game ini memiliki tampilan vertical scrolling shooter dan sukses menjadi game favorit banyak gamer dulunya. Raiden memiliki misi untuk menghabisi setiap pesawat dan senjata musuh yang ada di darat. 

Selain itu, game Raiden juga memiliki tingkatan level yang semakin tinggi tingkat levelnya, maka juga semakin bertambah sulit untuk diselesaikan.

Golden Axe

Golden Axe
Golden Axe. Source: Variety

Selain sukses dengan Sonic, Sega juga pernah memiliki masa indah dengan game Golden Axe yang dirilis untuk console dan mesin arcade. 

Golden Axe pertama kali diluncurkan pada tahun 1989 dan sukses menjadi satu contoh yang bagus untuk sebuah game yang menggabungkan beberapa tren menjadi satu.

Sebagai game side-scroller, Golden Axe menawarkan story yang berbeda dengan game sejenis.

Di sini kamu bisa memilih salah satu dari tiga pendekar yang bertujuan untuk menyelamatkan negeri Yuria dari tirani jahat Death Adder. 

Baca juga:

Nah, itulah beberapa game dingdong jadul yang populer. Yuk top up game favoritmu dengan cepat dan termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!