5 Daftar Game Bola PPSSPP di Android Terbaik dan Seru

game bola ppsspp (1)

Bagi kamu yang Gen Z pasti merasa kangen dengan game bola klasik yang sering dimainkan di PSP, kan? Sekarang kamu tak perlu repot-repot dengan membeli konsol PSP dari Sony yang sudah langka, tapi kini kamu sudah bisa memainkan game bola PPSSPP ini di Android.

Emulator saat ini sudah memungkinkan kita untuk bernostalgia lagi dan merasakan euforia bermain game PSP hanya melalui perangkat smartphone.

Game ini tak hanya mengobati rasa rindu, tapi juga memberikan pengalaman gaming seru dan menyenangkan kapan saja dan dimana saja.

PPSSPP sendiri merupakan emulator PSP terbaik yang bisa kamu gunakan di perangkat Android. Hanya dengan menggunakan aplikasi ini, kamu sudah bisa memainkan game bola favorit-mu di jaman dulu seperti misalnya Pro Evolution Soccer (PES) dan FIFA melalui smartphone-mu.

Dengan kualitas grafis yang sangat memukau dan realistis, ditambah lagi dengan gameplay yang persis seperti pertandingan sepak bola sungguhan.

Nah apabila membicarakan tentang per-sepakbolaan, pada artikel kali ini akan merekomendasikan tentang game bola PPSSPP yang bisa kamu mainkan di smartphone Android dan rasakan serunya bermain game PSP sepak bola dalam genggamanmu.

Baca juga: 5 Daftar Game Bola Offline untuk Mobile Terbaik 2024!

Daftar Game Bola PPSSPP di Android

game bola ppsspp (2)
Dream League Soccer. Sumber: Garuda Voucher

Game bola PPSSPP di Android merupakan game sepak bola yang dimainkan menggunakan emulator PPSSPP di perangkat Android. Adapun emulator PPSSPP yang memungkinkanmu untuk memainkan game PlayStation Portable (PSP) di smartphone-mu.

Nah sekarang jaman sudah semakin canggih, dimana kamu sudah bisa menginstal game bola yang awalnya hanya tersedia di PSP saja, kini kamu sudah bisa memainkannya melalui smartphone Android.

Lebih seru lagi di dalam game ini tak menghilangkan keseruan dari pertandingan sepak bola sungguhan. Di mana kamu juga bisa membangun dan mentransfer pemain sampai membeli stadion pribadi untuk pertandingan bolamu.

Di bawah ini merupakan daftar game bola PPSSPP terbaik yang bisa membawamu nostalgia kembali dan bisa kamu mainkan di smartphone Android kamu.

PES 2019

game bola ppsspp (4)
PES 2019. Sumber: IMDb

Pro Evolution Soccer 2019 atau disingkat dengan PES 2019 merupakan salah satu game bola PPSSPP terbaik pada masanya yang dikembangkan oleh PES Productions dan diterbitkan oleh Konami pada 30 Agustus 2018.

Game yang bergenre sports dan simulasi sepak bola ini tak hanya tersedia di Android, tapi juga hadir di Microsoft Windows, PlayStation 4, Xbox One, dan iOS.

Game ini, hanya berfokus pada kompetisi sepak bola, di mana kamu bisa mengelola tim, bertanding di berbagai liga dan turnamen bola serta bisa mengembangkan strategi untuk memenangkan pertandingan.

Gameplay-nya sangat seru dan realistis, dimana kamu bisa merasakan menjadi pemain sepak bola handal. Diiringi dengan tampilan visual grafis yang realistis seperti stadion, karakter dan cuaca. Adapun beberapa fitur yang bisa kamu gunakan yaitu:

  • Real Touch+: Mengontrol bola menggunakan bagian tubuh pemain.
  • Visible Fatigue: Sistem energi pemain yang mampu mempengaruhi performa di lapangan.
  • Improved Shoting and Dribbling: Level tendangan dan menggiring bola.
  • Magic Moments: Menghadirkan 30 kemampuan baru yang bisa membuat pemain menujukkan keahlian mereka dalam bertanding bola.
  • New MyClub: Dimana kamu bisa membangun tim impian.

FIFA 14

game bola ppsspp (5)
FIFA 14. Sumber: IMDb

Sebagai game bola PPSSPP terbaik dan seru yang bisa dimainkan di Android adalah FIFA 14. Game bola satu ini merupakan salah satu game yang cukup populer pada masanya.

FIFA 14 dikembangkan oleh EA Canada dan diterbitkan ole EA Sports pada 23 September 2013 dan game ini juga hadir di platform PlayStation 2, PlayStation 3, PlayStation 4, PlayStation Portable, PlayStation Vita, Xbox 360, Xbox One, Nintendo Wii, Nintendo 3DS, Microsoft Windows, Windows Phone 8 dan iOS.

Seperti game sepak bola lainnya, dimana di FIFA 14 ini berfokus pada kompetisi bola, dimana pemain bisa bertanding di berbagai Liga dan turnamen sepak bola serta mengembangkan strategi untuk mencetak gol.

Perlu diketahui bahwa, game ini juga terkenal dengan gameplay yang realistis dan telah memiliki beberapa fitur-fitur yang hadir di FIFA 14 yaitu:

  • Pure Shot: Fitur satu ini bisa memungkinkanmu untuk menyesuaikan kekuatan dan target tendangan agar tepat sasaran ke gawang lawan.
  • Real Ball Physics: Dimana kamu bisa memilih beragai variasi tendangan dan pergerakan bola yang lebih natural.
  • Protect the Ball: Kamu bisa melindungi bola dari lawan ketika berlari.
  • Precision Movement: Pergerakan pemain yang lebih mulus, sehingga akan memberikanmu pengalaman bermain yang seru dan autentik.
  • Teammate Intelligence: Merupakan sebuah AI, dimana akan membantumu memberikan keputusan ketika di lapangan, baik untuk menyerang ataupun bertahan.
  • Ultimate Team: Mode game yang cukup populer, dimana kamu bisa membangun sebuah tim impian dan mengumpulkan kartu pemain dan bertanding melawan tim secara online.
  • Karier Mode: Mode karier ini bisa memungkinkanmu untuk mengelola tim, baik dari segi taktik permainkan, transfer pemain dan pelatihan rutin.
  • Skill Games: Merupakan sebuah mini-game yang memungkinkanmu untuk mengasah skill permainan bola-mu seperti driblling, passing dan menendang.
Baca juga: Rekomendasi Game Bola Android yang Ada Liga Indonesia

eFootball™ 2024

game bola ppsspp (3)
eFootball 2024. Sumber: Google Play Store

Sebagai salah satu game bola PPSSPP yang bisa dimainkan di Android adalah eFootball™ 2024. Game bola ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Konami pada 7 September 2023.

Selain tersedia di Android, eFootball™ 2024 ini juga bisa kamu mainkan di Android, iOS, PlayStation 4, PlayStation 5, Microsoft Windows, Xbox One, Xbox Series X/S.

Game dengan genre simulasi sepak bola ini memberikan pengalaman bermain sepak bola yang realistis dan mengajakmu untuk berkompetisi di Liga dunia untuk memenangkan pertandingan.

Adapun beberapa fitur yang bisa kamu gunakan ketika bermain game eFootball™ 2024 ini yaitu sebagai berikut:

  • Motion Matching: Sebuah animasi pemain yang halus dan realistis dengan memberikan pengalaman bermain yang kompetitif dan imersif.
  • Tactical Dribbling: kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk men-dribbling bola suaya bisa mengalahkan lawan dengan skill yang kamu miliki.
  • Enchanted AI: Merupakan AI yang bisa membentuk rekan setim dan lawan bermain sendiri.
  • Dynamic Weather: Merupakan kondisi cuaca yang bisa kamu ubah sendiri dan mampu menambah strategi di setiap pertandingan.
  • MyClub: Kamu juga bisa membangun tim impian sendiri.

FIFA Mobile

game bola ppsspp (6)
FIFA Mobile. Sumber: EA

Game bola PPSSPP terbaik yang bisa dimainkan secara khusus untuk perangkat Android dan iOS adalah FIFA Mobile.

Game ini dikembangkan oleh EA Mobile dan EA Kanada dan diterbitkan oleh EA Sports untuk Android dan iOS pada 11 Oktober 2016.

Untuk gameplay-nya sendiri cukup seru karena memperkenalkan mode Attack VS, dimana sebagian pemain akan memainkan tahap ofensif pertandingan.

Mereka harus bertahan dari serangan balik dari lawan (sebelum musim ke-6), dengan mode serangan VS ini akan menampilkan multipemain berbasis giliran.

Adapun mini game yang hadir di FIFA Mobile ini seperti menguji skill menembak, mengoper, menggiring bola dan menjaga gawang layaknya pemain bola professional.

Selain itu juga didalam FIFA Mobile ini menghadirkan beberapa fitur yang bisa kamu gunakan ketika bermain yaitu sebagai berikut:

  • Ultimate Team: Mode yang memungkinkanmu untuk membentuk tim sendiri dengan cara mengumpulkan kartu pemain dari berbagai liga dan negara.
  • Head to Head: Kamu bisa bertanding melawan pemain lain secara real-time.
  • VS Attack: Sebuah mode game yang memungkinkanmu untuk fokus mencetak gol dalam waktu singkat sambil menguji skill menyerang ke gol lawan.
  • Campaign Mode: Sebuah mode yang menawarkan tantangan berbasis misi cerita dan nantinya akan memberikanmu reward jika berhasil menyelesaikannya.

FIFA 11

game bola ppsspp (7)
FIFA 11. Sumber: Nintendo

Game selanjutnya yaitu FIFA Mobile yang dikembangkan sekaligus diterbitkan oleh EA Sports pada 28 September 2010.

FIFA 11 ini selain tersedia di Android, ternyata kamu juga bisa memainkan game ini di OS X, Microsoft Windows, PlayStation 2, PlayStation 3, Nintendo Wii, Xbox 360, Nintendo DS, PSP, Blackberry App World, Java Me, dan iOS.

Adapun beberapa fitur baru yang hadir di FIFA 11 ini yang bisa kamu gunakan ketika bermain yaitu sebagai berikut:

  • Next Gen Gameplay Engine (PC): Fitur ini hanya bisa diakses di PC, dimana akan memperkenalkan pertandingan Piala Dunia FIFA 2010.
  • FIFA World (PC): Kamu bisa bersaing satu sama lain dengan pemain dari seluruh dunia untuk mendapatkan posisi paling teratas.
  • Pro Passing (PlayStation 3 dan Xbox 360): Merupakan sistem passing baru, dimana pemain bisa mengasah skill sepak bolanya di lapangan sambil menentukan target operan atau tendangan.
  • Creation Center (PlayStation 3 dan Xbox 360): merupakan aplikasi berbasis web yang bisa memungkinkan pemain untuk mengustomisasi tim, nama, aksesoris, hingga atributnya.
  • Career Mode (PlayStation 2, PlayStation 3, PSP, Nintendo DS dan Xbox 360): Dimana kamu bisa menentukan pemain, manager dan transfer pemain yang harus ada di dalam tim-mu sendiri.
  • Street Football (Nintendo Wii): Kamu juga bisa memainkan sepak bola dengan mode 5 vs 5 atau 11 vs 11, setiap mode tersebut kamu bisa menggunakan gaya bermain yang khas.
  • Goalkeeper Intelligence (Semua Platform): Sebagai kiper harus bisa mencegat bola yang datang ke arah gawang dan seharusnya kiper tersebut harus lebih lincah dan memiliki pengamatan yang intens. Dengan menggunakan fitur ini, bisa memberikan posisi yang pas supaya bola tak masuk ke gawang.
  • Be a Goalkeeper (PS3, Xbox 360, PS2, PSP): Kamu bisa memilih untuk melakukan tindakan menolak, seperti melompat supaya lawan gagal mencetak gol.
  • Dribbling (PlayStation 3, Xbox 360 dan PC): Dengan sistem dribbling 360° akan memberikan kontrol dribble yang sangat baik untuk bisa mengecoh lawan.
Baca juga: 7 Game Sepak Bola Terbaik Sepanjang Masa

Top up game termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace sekarang juga ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!