Semua Fitur Windows 11 yang Perlu Kamu Tahu

Fitur Windows 11

Fitur Windows 11 perlu untuk diketahui. Apalagi, bagi para pengguna setia sistem operasi dari Microsoft.

Microsoft secara bertahap dikabarkan akan menyetop penjualan resmi sistem operasi Windows 10 Pro dan Home.

Kemudian, melaluli laman resminya mereka juga menyampaikan bahwa hari terakhir unduhan Windows 10 ditawarkan untuk dijual adalah pada 31 Januari 2023.

Namun, Microsoft memastikan belum akan mengakhiri secara penuh untuk sistem operasi ini.

Kendati demikian, Windows 10 masih akan bisa dinikmati dari penjualan pihak ketiga. Seperti paket penjualan laptop atau desktop dengan bundling Windows 10 dan retailer lainnya.

Selain itu, Windows 10 akan tetap didukung dengan pembaruan keamanan yang dapat melindungi PC kamu dari virus, spyware, dan malware lainnya hingga 14 Oktober 2025.

Beberapa waktu sebelumnya, Microsoft juga mengakhiri dukungan untuk pengguna Windows 8.1. Tepatnya, pada 10 Januari 2023.

Dukungan untuk Windows 8 berakhir pada 2016, tetapi pembaruan Windows 8.1 akan dihentikan sepenuhnya pada Januari 2023, termasuk seluruh rangkaian aplikasi Microsoft 365.

Hal tersebut merupakan langkah yang signifikan untuk menghapus OS tersebut secara bertahap untuk mengajak pelanggan menggunakan Windows 11.

Baca juga: Microsoft Hentikan Dukungan Windows 8.1 Tahun Depan, Ada Apa?

Fitur Windows 11

Fitur Windows 11
Tampilan menu Start di Windows 11. Sumber: Microsoft.com

Windows 11 adalah sistem operasi yang dari Microsoft yang dirilis pada 5 Oktober 2021.  Kehadirannya akan menggantikan Windows 10, sistem operasi yang diperkenalkan pertama kali pada acara Microsoft tanggal 24 Juni 2021.

Windows 11 hadir dengan konsep produktivitas, kreativitas, dan kemudahan bagi pengguna agar dapat berkreasi, bekerja, belajar, bermain dan terhubung dengan sistem baru yang memudahkan.

Tampilan UI pada Windows 11 ini juga didesain modern, fresh, clean, dan minimalis. Mulai dari tombol Start, taskbar, font, ikon, hingga suara.

Pada Windows 11 ini, menu Start berada di bagian tengah yang sebelumnya berada di bagian kiri bawah.

Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pengguna menemukan menu Start lebih cepat.

Fitur Windows 11
Tampilan Snap Layouts di Windows 11. Sumber: Microsoft.com

Adapun fitur multitasking dari Windows 11 ini adalah Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops yang membantu penggunanya melakukan pekerjaan bersamaan dengan cara mengatur beberapa window agar dapat ditampikan secara bersamaan.

Selain itu, juga ada pengaturan volume individual untuk tiap aplikasi agar pengguna dapat menyesuaikan suara yang muncul dari dua media yang berbeda secara bersamaan.

Fitur lainnya adalah fitur Auto HDR Mode, salah satu fitur yang cocok untuk gamer yang memiliki monitor HDR bawaan agar visual dan tampilan dalam game lebih terlihat nyata dan enak dipandang mata.

Lalu, dalam Windows 11 ini juga terdapat fitur yang membantu meningkatkan frame rate/FPS pada game dan memaksimalkan speed SSD NVMe yang berguna untuk mempercepat load times, dengan adanya fitur Direct Storage.

Ditambah Xbox Game Pass untuk PC atau Ultimate, gamer dapat mengakses lebih dari 100 game PC berkualitas tinggi, dan game terbaru akan ditambahkan setiap saat.

Windows
Auto HDR Mode, Xbox Game Pass Windows 11. Sumber: Youtube Microsoft

Selain itu pengguna gamer, Windows 11 juga cocok untuk workaholic karena memiliki mode focus pada aplikasi jam yang dapat memantau waktu kerja PC dan waktu idle.

Fitur ini juga menjadi salah satu bagian dari inovasi Windows 11 yang ingin meningkatkan produktivitas pengguna.

Windows 11 juga meningkatkan keamanan dengan teknologi keamanan built-in terbaru yang dapat menambah perlindungan dari chip ke cloud.

Disediakan pula sistem operasi Zero Trust-ready untuk perlindungan data dan akses pada seluruh perangkat pengguna.

Windows juga menyatakan telah bekerja sama dengan mitra OEM dan silicon untuk meningkatkan keamanan dasar yang dapat memenuhi kebutuhan lanskap ancaman siber, dan dunia kerja hybrid.

Windows
Windows 11 upgrade notification

Untuk dapat mengupgrade sistem operasi Windows 11 ini, PC ataupun laptop yang kamu punya harus memiliki spesifikasi minimum, seperti prosesor 1 GHz ke atas dengan minimal 2 core, 64 bit, RAM 4GB, Storage 64GB, grafis card kompatibel dengan DirectX 12 atau WDDM 2.x.

Beberapa PC atau laptop yang sudah memenuhi spesifikasi tersebut biasanya akan diarahkan dan dapat langsung mengupgrade ke Windows 11.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Sherina Dewi Wulandari

Freelance Content Writer