Keren! Inilah Fitur Google Translate yang Jarang Digunakan

Berdamage Artinya

Tidak banyak yang tahu dengan fitur google translate yang sangat berguna. Biasanya, fitur google ini hanya untuk menerjemahkan saja. Namun, ada beberapa fitur yang ternyata jarang digunakan.

Google Translate adalah salah satu produk yang paling populer untuk teknologi terjemahan saat ini. Selain produk dari perusahaan ternama Google, Google Translate juga dipilih karena berbagai fungsinya yang canggih.

Ya, Google Translate adalah aplikasi terjemahan yang menawarkan berbagai pilihan bahasa dari banyak negara di dunia. Selain itu, fitur yang satu ini juga mudah diakses melalui website atau aplikasi smartphone.

Ingin tahu fitur Google translate lainnya? Dikutip dari berbagai sumber, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Fitur Terbaik Google Translate

Fungsi Menulis

 Google Translate
Typing

Salah satu fungsi dasar Google Translate adalah mengetik. Dalam fitur ini, pengguna dapat menerjemahkan kata atau kalimat dengan memasukkannya ke dalam aplikasi. Font default yang digunakan disesuaikan dengan negara asal masing-masing pengguna.

Sebagai fitur penerjemah, fitur ini memungkinkan Anda menerjemahkan dengan mengetik. Tulis saja apa yang Anda ingin teman-teman Viciger anggap bermakna. Bahkan jika kamu belum selesai menulis, itu akan mulai menerjemahkan. Tapi itu semua tergantung koneksi internet.

Fungsi Naskah

Google Translate
Naskah

Bagian selanjutnya adalah tulisan tangan. Dengan menggunakan tulisan tangan, pengguna dapat mengetik huruf, kata, dan kalimat dalam aplikasi. Google Translate kemudian menerjemahkan teks ke dalam kata-kata atau kalimat yang kamu  masukkan dalam bahasa target. Fungsi ini ditunjukkan oleh simbol “pena” di kanan atas layar.

Fungsi Terjemahan Kamera

 Google Translate
Foto

Tidak hanya dapat menerjemahkan kata atau frasa yang ditulis atau diketik, Google Translate juga menawarkan fitur kamera. Untuk menikmati fitur ini, pengguna cukup memotret kata atau frasa yang ingin diterjemahkan. Aplikasi secara otomatis membaca gambar dan menerjemahkannya ke dalam bahasa yang diinginkan.

Fitur ini sangat berguna jika sobat Vicigers bepergian ke negara lain, terutama dengan seseorang yang bahasanya sangat asing dan masih kesulitan menulis atau menulis.

Arahkan kamera ke teks dan Google Terjemahan akan menerjemahkannya tepat untukmu. Meski terkadang masih sulit untuk menerjemahkan secara lengkap, namun kamu setidaknya mengerti sedikit dari apa yang tertulis di sana.

Fungsi Terjemahan Suara

Aspek lain yang kurang disempurnakan adalah penerjemahan suara ke dalam teks. Ya, pengguna Google Terjemahan dapat menerjemahkan kata atau frasa menggunakan audio yang diunggah secara otomatis ke aplikasi.

Pemungutan suara harus dilakukan dalam teks dengan bahasa terjemahan yang diperlukan. Fungsi penerjemah suara dapat digunakan di kedua versi.

Versi pertama dengan mikrofon diwakili oleh gambar mikrofon dan versi percakapan diwakili oleh gambar dua orang. Secara umum, kedua versi serupa, tetapi audio dapat merekam audio secara otomatis dalam waktu yang relatif lama.

Fungsi Klik Terjemahkan

Fitur click-to-click ini begitu mudah dan berguna bagi pengguna Whatsapp atau layanan pesan instan lainnya. Dimana pengguna dapat menerjemahkan kata atau kalimat langsung ke dalam aplikasi perpesanan tanpa harus membuka kembali Google Translate.

Caranya mudah, aktifkan Google Translate dengan mengklik Translate di menu “Setelan”. Setelah pesan tersedia, cukup salin pesan yang ingin kamu terjemahkan dan klik ikon fitur ini yang muncul. Maka terjemahan akan muncul secara otomatis.

Transkrip

Transkrip adalah salah satu fitur canggih terbaru di fitur ini yang memungkinkan pengguna merekam dan menerjemahkan percakapan langsung.

Jika iya, ada delapan bahasa asing yang bisa diterjemahkan, antara lain Inggris, Prancis, Jerman, India, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Thailand.

Keuntungan dari fungsi transkripsi ini adalah memungkinkan terjemahan jangka panjang. Selain itu, hasil terjemahan dapat langsung ditampilkan di layar.

Baca juga: 5 Keuntungan Staking $VCG Token

Menerjemahkan Secara Offline

Bagian menarik terakhir dari Google Translate yang harus kamu coba adalah menerjemahkan bahasa offline. Fitur ini sangat nyaman bagi pengguna, terutama ketika tidak ada internet. Masih banyak lagi pengguna yang beranggapan bahwa Google Terjemahan hanya tersedia saat perangkat terhubung ke Internet.

Metode ini dapat digunakan dengan mengunduh bahasa utama negara tujuan yang diinginkan. Untuk menggunakan fitur ini, cukup pilih menu “Terjemahan offline” lalu pilih bahasa yang ingin kamu gunakan. Jangan khawatir dengan hasilnya, karena hasilnya dijamin akurat.

Kamu dapat menggunakannya tanpa harus menggunakan koneksi internet yang kurang stabil jika kamu membutuhkannya, karena membuat percakapan tetap offline. Cukup pilih bahasa yang diinginkan dan harus mengunduhnya.

Bahasa ini hanya menggunakan sekitar 40 hingga 50 MB ruang di ponsel cerdasmu. Jika kamu tidak membutuhkannya lagi, buang saja.

Jika kamu perlu sering menerjemahkan beberapa kalimat, kamu akan menghemat waktu. Setiap kali kamu menerjemahkan sesuatu, itu muncul di layar utama Google Terjemahan. Klik ikon bintang untuk menyimpannya ke Kamus Frasa.

Untuk mengakses terjemahan yang disimpan, ketuk ikon menu lalu ketuk Kamus frasa. Di sini kamu dapat menggunakan ikon pencarian untuk menemukan terjemahan tertentu dan mengklik ikon bintang untuk mendapatkan item dari daftar.

Baca juga: Cara Daftar Pra-Registrasi PUBG New State di Google Play Store

Sekarang jangan takut untuk bertemu orang asing. Dengan bantuan aplikasi Google Translate Mobile, kamu sudah bisa berinteraksi dengan siapapun.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!