Resmi! FFML Season 5 Segera Dimulai! Tonton Pertandingan Epic Tim Esports Yang Kamu Jagokan!

ffml season 5 cover

FFML Season 5 telah dipastikan bergulir dalam waktu hitungan jam saja. Sebentar lagi, para fans dan penggila turnamen akbar Free Fire akan bisa menyaksikan pertandingan epic se-seantero Indonesia.

Ada beberapa hal yang akan berbeda dari season-season sebelumnya di FFML Season 5 ini. Salah satunya adalah keuntungan tim dengan poin terbanyak yang akan bisa melaju ke babak spesial.

Ajang kompetisi ini juga masih akan diikuti oleh 18 tim yang telah masing-masing membagikan rosternya. Mereka semua akan bertanding di FFML Season 5 sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak pelaksana.

Baca juga: Berita dan Update Terkini India blokir Free Fire

Lalu, seperti apa saja hal-hal yang baru untuk pagelaran FFML Season ini Vicigers? Berikut ini penulis akan menjabarkan rincian aturan dan keuntungan khusus FFML Season 5 ini.

Fase Pertandingan FFML Season 5

Kalau biasanya ada babak play-off, di FFML Season 5 ini fase pertandingan hanya akan terdiri dari fase Regular Season dan Division Qualifiers saja. Artinya, para peserta FFML Season kali ini memang merupakan tim dengan poin tertinggi di Season 4 lalu.

Terdapat 18 tim yang telah terdaftar untuk berlaga di FFML Season ini. Ke-18 tim tersebut sudah memiliki semacam “modal” yang telah mereka raih susah payah saat Season 4.

18 tim ini akan mulai bertanding pada tanggal 18 Februari 2022 hingga 13 Maret 2022. Jangan lupa untuk tandai tanggal tersebut supaya tidak kelewatan nonton match epic-nya Vicigers!

Serba-Serbi Perhitungan Poin Dan Format FFML Season 5

Selain hanya ada Regular Season dan Division Qualifiers, FFML Season kali ini juga memiliki Revival System yang hanya terdiri dari satu klasemen saja.

Adapun untuk menentukan tim mana yang berhak lolos klasemen, yakni tim dengan peraihan poin tertinggi saat Revival System tersebut.

ffml season 5 perhitungan poin
Perhitungan Poin FFML Season 5

Untuk rincian perhitungan poin dalam FFML Season ini, setiap tim akan dihitung Placement Point-nya dari kisaran 0-12 poin. Sementara itu, perhitungan Kill Point sama seperti biasanya, yakni 1 poin saja per-kill yang dilakukan oleh pemain.

Bila lebih dirincikan lagi, normalnya tim dengan poin tertinggi akan selalu meraih 12 poin. Sementara di posisi kedua adalah 9 poin saja. Di posisi ketiga, peraihan poin hanya akan mendapat 8, dan begitu seterusnya hingga tim dengan posisi kesepuluh yang hanya meraih 1 poin saja.

Untuk tim di posisi 11 dan 12, mereka sama sekali tidak akan meraih Placement Point. Tim di urutan 13 hingga 18 sudah dipastikan akan berlaga di divisi 2 dalam season berikutnya.

ffml season 5 map yang akan digunakan saat match
Salah Satu Map Untuk Pertandingan

Untuk arena yang digunakan akan mencakup 3 map saja, yakni Bermuda, Kalahari dan Purgatory. Pertandingan FFML Season 5 ini juga akan dilakukan selama 2 kali di tiga arena tersebut.

Artinya, tim akan 2 kali bertanding di arena Bermuda, 2 kali di Kalahari, dan 2 kali di Purgatory. Tema pertandingan ini juga diberi judul “Best Of Six”.

Baca juga: Kombinasi Senjata FF Terbaik Untuk Player Barbar Di OB32

Sistem Tanding FFML Season 5 Untuk Season Berikutnya

ffml season 5 format dan sistem khusus
Ketentuan FFML Season 5 Yang Baru

Saat Regular Season dilakukan, ke-18 tim akan bertanding di FFML Season 5 dan akan diambil sebanyak 12 tim terbaik saja.

12 tim terbaik ini akan dipastikan mengunci tempat mereka untuk berlaga di FFML Season berikutnya, yakni Season VI

Lalu, bagaimana dengan 6 tim lainnya? Bagi tim yang menempati posisi 13-15, mereka akan memperebutkan kursi untuk tetap di divisi 1 dengan bertanding dalam League Division Qualifiers yang akan dihuni oleh 9 tim Divisi 2.

Sementara untuk tim yang menduduki peringkat 16-18, mereka langsung dipastikan turun kasta ke Divisi 2 Season 6.

Keuntungan Khusus Bagi Seluruh Peserta FFML Season 5

ffml season 5 keuntungan spesial peserta
Keuntungan Spesial Peserta FFML Season 5

Ada yang istimewa dari FFML Season ini, yakni adalah seluruh tim berkesempatan berlaga di Free Fire Indonesia Master 2022 Spring.

Adapun untuk ketentuan-ketentuannya adalah sebagai berikut:

  • Tim yang berhasil menduduki posisi 2 hingga 6 Divisi 1 FFML Season 5 akan langsung menjadi Grand Finals FF Indonesia Master Spring 2022.
  • Bagi tim yang menduduki posisi 7 hingga 12 Divisi 1 dan posisi 1 sampai 3 Divisi 2 FFML Season 5 akan berlaga di babak Play-Ins dalam ajang FF Indonesia Master 2022.
  • Selanjutnya, bagi tim yang menduduki posisi 13 sampai 18 Divisi 1 dan posisi 4 sampai 12 Divisi 2 FFML Season 5 akan bertanding di babak Group Finals FFIM 2022 Spring.
  • Untuk tim yang menduduki 13 hingga 18 Divisi 2 FFML Season ke-5, mereka akan masuk ke babak Quarter Finals FFIM 2022 Spring.

Sedangkan untuk juara 1 FFML Season ke-5 ini, mereka langsung tancap gas ke babak final Free Fire World Series. Menarik bukan?

Tidak hanya itu saja, bagi juara 1 laga FFIM 2022 Spring juga akan berkesempatan bertanding di FF World Series, tapi harus melalui babak Play-Ins terlebih dulu.

Adapun hadiah juara untuk pemenang FFML Season ke-5 ini adalah senilai total 1,2 Milyar Rupiah. Tentunya, jumlah ini lebih besar dari Season 4 kemarin dan mudah-mudahan akan memotivasi para pemain untuk menyajikan pertandingan epic.

Baca juga: Tips Dan Trik Memenangkan Pertarungan 4 Vs 4 Di Free Fire

Jadwal Pertandingan Divisi 1 Regular Season

Jadwal yang telah ditetapkan untuk FFML Season ke-5 Divisi 1 adalah sebagai berikut:

ffml season 5 jadwal pertandingan
Jadwal Pertandingan Setiap Minggunya

Untuk Season 5 ini, para tim yang tergabung dalam Divisi 1 akan bertanding selama 3 kali dalam satu minggu, yakni hari Jum’at, Sabtu dan Minggu.

Tiga pertandingan berturut-turut tersebut akan dimulai pada tanggal 18 Februari ini, dan dijadwalkan bertanding hingga tanggal 13 Maret 2022.

18 Tim Yang Akan Berlaga Di FFML Season 5

18 tim yang telah berhasil mem-booking tempat khusus untuk bertanding di FFML Season ke-5 yaitu sebagai berikut:

  • SES Alfalink
  • NXL
  • Onic Olympus
  • Evos Divine
  • Island Of Gods
  • GPX Esports
  • Aura Ignite
  • Galaxio Corvus
  • RRQ Hide
  • First Raiders Eclipse
  • KINGS Esports
  • Rebellion Tabor
  • West Bandit Esports
  • The Pillars OPI
  • ECHO Esports
  • Bigetron Rosugo
  • Tangcity Esports
  • Madura Prime Esports

Dari ke-18 tim tersebut tentunya mereka sudah memiliki roster masing-masing. Setiap tim akan mengirimkan 6 orang delegasi mereka untuk bertanding tiga kali berturut-turut dalam seminggu.

18 tim ini juga akan berusaha untuk tidak banyak kehilangan poin supaya mereka bisa mendapat posisi aman dalam laga FFIM Spring 2022 nanti tentunya.

Dari sekian banyak tim ini, mana yang jadi andalan kamu nih Vicigers?

Baca juga: 5 Senjata Output Damage Tertinggi di FF 2022

Itulah format baru FFML Season 5 yang akan segera dimulai dalam hitungan jam saja. Jangan lupa update terus info tentang Free Fire dengan membaca artikel lain di News VCGamers ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!