Mengenal Istilah Farewell, Sering Diperbincangkan Fans

Farewell Adalah

Layaknya tim olahraga konvensional, dalam tim esports profesional, para player juga ada yang pindah dari tim yang satu ke tim yang lainnya.

Dan biasanya mereka yang akan pindah itu akan mendapatkan farewell. Lalu, farewell ini sebenarnya adalah apa sih?

Sebagian besar pecinta esport, mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini. Namun, bagi kamu yang masih terbilang baru dalam mengikuti dunia esport mungkin merasa asing ya.

Ditambah akhir-akhir ini, istilah farewell ini cukup banyak diperbincangkan, karena banyaknya player yang mengumumkan perpisahan dengan tim esportsnya.

Nah, untuk membantu kamu dalam menjawab pertanyaan tersebut, kali ini kita akan membahas mengenai farewell adalah. Yuk simak ulasannya disini!

Baca juga: Pak AP Buka Suara Soal Coach Acil Keluar dari RRQ Hoshi

Farewell dalam Esport Adalah

Farewell Adalah
Farewell Tim ONIC. Sumber: Instagram

People come and go, istilah juga berlaku dalam dunia esport. Akhir-akhir ini, banyak pengumuman tentang player atau coach yang akan berpisah dengan dengan tim esportsnya.

Biasanya ketika adanya perpisahan seperti itu, akan diadakan farewell party. Jika diartikan dari bahasa Inggris, farewell artinya adalah perpisahan atau berpisah.

Sedangkan dalam dunia eSports, istilah farewell memiliki arti sebagai perpisahan antara seorang player atau coach dengan tim esport mereka.

Baca juga: RRQ Hoshi Resmi Umumkan Liam Farewell

Apakah Farewell Hanya untuk Player atau Coach Saja?

Sebenarnya farewell ini tidak hanya untuk player ataupun coach, namun farewell party juga berlaku untuk momen perpisahan tim esport dengan brand ambassador maupun analis.

Biasanya, beberapa hal yang menjadi alasan farewell seorang player atau coach dari tim eSports sangat beragam. Misalnya saja ada yang farewell karena mereka telah habis kontrak, atau dikeluarkan dari tim dengan alasan performa mereka yang kurang.

Beberapa Player yang Pernah Melakukan Farewell

Berikut adalah beberapa tim yang pernah melakukan farewell pada roster atau playernya:

EVOS Legends

Farewell Adalah
Farewell Antimage. Sumber: Youtube

Pada 23 Juli 2022 kemarin, EVOS Legends harus kehilangan dua roster Mobile Legends andalan merek, yaitu Antimage dan LJ.

Kala itu, banyak pertanyaan yang muncul tentang penyebab keluarnya mereka berdua dari EVOS.

Melalui channel YouTube miliki Antimage, dia mengungkapkan jika dia sakit hati, pasalnya dia tidak mengira akan secepat ini mendapatkan farewell dari EVOS Legends.

Kendati demikian, Antimage menyampaikan pesan kepada fansnya untuk menerima keputusan yang telah dibuat oleh manajemen tim EVOS Legends.

Di sisi lain, LJ mengungkapkan jika saat ini EVOS Legends sedang melakukan “cuci gudang” karena adanya penerapan peraturan yang baru dalam tim.

Buat kamu yang belum tahu, keputusan untuk melakukan farewell kepada dua player tersebut memang sepenuhnya menjadi keputusan dari manajemen, bukan dari coach.

ONIC Esports

Farewell Adalah
Farewell Tim ONIC. Sumber: Instagram

Jika EVOS Legends melakukan farewell kepada dua playernya, namun ONIC melakukannya dengan berbeda 

Sebab ONIC pernah melakukan farewell yang sangat ekstrem, pasalnya mereka pernah melakukan farewell kepada tujuh playernya.

Ketujuh member yang mendapatkan farewell dari ONIC Esports adalah Cesian, Gebian, Kayes, Vior, Anisa, Kayes, dan Vonzy. 

Padahal, ketujuh player tersebut punya andil dalam membantu ONIC dalam menjuarai MPL ID Season 8.

Baca juga: Daftar Roster ONIC Esports di MPL Indonesia Season 11

Nah, demikianlah pembahasan kita mengenai farewell adalah. Buat kamu yang sebelumnya belum paham mengenai farewell, semoga setelah membaca artikel ini bisa membantu dalam memahami istilah ini ya. 

Jangan lupa untuk terus ikuti update informasi terbaru tentang games dan teknologi di VCGamers News.

Dan jangan lupa untuk top up diamond Mobile Legends dengan mudah dan cepat hanya di VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!