Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Gaming

Facebook Gaming

Pada April 2020 Facebook resmi meluncurkan Facebook Gaming. Melalui platform Facebook Gaming ini nantinya para gamers di seluruh dunia dapat melakukan live streaming bermain game yang akan dimainkan dan dapat melakukan interaksi dengan para penonton secara langsung.

Sebelumnya, fitur live streaming semacam Facebook Gaming ini sudah ada di platform lain seperti Twitch, Mixer, hingga Youtube gaming.

Pada platform Facebook Gaming sendiri, platform tersebut bisa dimonetisasi secara sah. Artinya, para konten kreator tidak hanya bermain game semata namun bisa juga mendapatkan penghasilan dari sana.

Untuk melakukan monetisasi tersebut terdapat beberapa sumber yang bisa didapatkan oleh para content creator.

Cara Hasilkan Uang dari Facebook Gaming

Nah daripada kamu hanya menghabiskan waktu bermain game, alangkah lebih baiknya bisa mendapatkan penghasilan dari bermain game salah satu caranya adalah menggunakan platform Facebook Gaming. Apa saja caranya untuk mendapatkan uang dari Facebook Gaming? Berikut Tipsnya:

Facebook In-Stream Ads

Facebook Gaming
Ads (Source: instapage)

In-Stream Ads adalah iklan pendek yang di mana content creator dapat sisipkan ke dalam video setelah kreator memenuhi syarat. Iklan ini menghasilkan pendapatan setiap kali dilihat dan dilibatkan oleh penonton. Tentunya, content creator harus memenuhi kriteria dan kelayakan tertentu untuk memanfaatkan potensi pendapatan dari In-Stream Ads.

Untuik memenuhi syarat menampilkan In-Stream Ads, konten kreator harus memenuhi kriteria yakni, telah memiliki 10.000 pengikut dan 30.000 penonton dengan durasi 1 menit untuk video berdurasi 3 menit.

Baca juga: 3 Langkah Mendapatkan Nitro Boost Discord Gratis Tahun 2022

Facebook Fan Subscriptions

Facebook Gaming
Subscription button. (Source: blog.2checkout)

Subscriptions atau berlangganan adalah cara pembuat konten dapat menghasilkan pendapatan bulanan yang stabil dari sekelompok penikmat konten-konten dari pembuat konten.

Para penggemar ini nantinya akan mendaftar untuk berlangganan video dan streaming pembuat konten.  Mereka akan membayar biaya bulanan dan content creator akan dibayar sebagian dari apa yang mereka bayar.

Untuk memenuhi syarat Facebook Fan Subscriptions, content creator harus memiliki kriteria yakni, telah memiliki 10.000 pengikut dan 50.000 engagement post atau 180.000 total menit dilihat.

Kolaborasi dengan Brand

Facebook Gaming
Brand Collaboration (Source: shanebarker)

Kolaborasi dengan brand merupakan cara yang menarik untuk memulai menghasilkan uang lebih awal dalam Facebook Gaming. Syarat jumlah pengikut yang dibutuhkan untuk melakukan kolaborasi dengan brand lebih kecil dari syarat lainnya seperti Facebook In-Stream Ads.

Terkadang sebuah brand akan melihat video atau streaming sang konten kreator dan ingin bekerja sama dengan sang creator mulai dari mungkin mereka ingin sang kreator memakai topi yang menampilkan logo mereka atau membicarakan produk mereka pada saat melakukan live streaming.

Untuk melakukan kolaborasi dengan Brand, konten creator harus memenuhu persayaratan yakni harus memiliki 1.000 pengikut dan salah satu dari berikut: 15.000 engagement dalam 1 post atau memiliki 180.000 menit jumlah, atau 30.000 tampilan 1 menit untuk video 3 menit.

Donasi

Facebook Gaming
Donate (Source: Youtube MrBeast)

Langkah selanjutnya untuk menghasilkan uang adalah donasi.

Saat seseorang menonton streaming dari content creator, biasanya ada opsi untuk memberi mereka ‘stars’ atau mata uang Facebook.

Mata uang Facebook ini setara dengan satu sen (100 untuk 1 dolar). Jika seseorang menyukai aktivitas streaming konten kreator, mereka dapat memberi sang kreator stars.

Para penggemar bisa membeli Stars dengan harga termurah, yakni Rp 8.000 untuk 25 Stars.

Baca Juga: Cara Bayar Discord Nitro Tanpa Kartu Kredit, Bisa?

Sponsorships

Facebook Gaming
Sponsorships (Source: fabrikbrands)

Ketika sang content creator telah membangun channelnya menjadi besar, dia akan mulai mendapatkan banyak perhatian dari perusahaan-perusahaan besar yang ingin dipromosikan melalui channel sang creator.

Perusahaan bisa meminta sang creator untuk mendukung produk-produk yang mereka hasilkan baik dari industry game ataupun tidak.

Menyelenggarakan Turnamen atau Event

Facebook Gaming
Event Tournament (Source: The New York Times)

Ketika sang content creator mulai mendapatkan pengikut yang banyak di channel mereka, terutama jika melibatkan banyak orang maka dia dapat menjalankan turnamen atau event khusus.

Untuk event ini, para penggemar setia dapat dikenakan biaya untuk mengikuti acara yang jumlah kursinya terbatas. Ini akan membantu mendorong keterlibatan karena penggemar setia sang content creator untuk berebut untuk berpartisipasi pada event tersebut.

Semakin banyak penggemar setia content creator miliki, semakin banyak yang didapat dengan mematok biaya partisipasi.

Kemudian, content creator dapat memposting video live streamingnya setelah selesai ke semua channelnya yang lain untuk menambah menghibur orang-orang agar mendaftar dan berpartisipasi ke acara berikutnya.

Baca juga: 5 Tips Memilih Laptop Baru Untuk Bekerja Dan Bermain Game

Afiliasi Marketing

Facebook Gaming
Affiliate Marketing (Source: bizniz.id)

Pada saat melalukan streaming, jika ada produk yang bicarakan oleh konten kreator sepanjang waktu atau digunakan saat creator melakukan streaming, content creator bisa menuliskan dalam deskripsi di halamannya dengan tautan Afiliasi ke produk tersebut.

Jika para pengikut sang konten kreator memutuskan untuk melakukan pembelian, mereka dapat membeli item tersebut melalui tautan yang sudah dicantumkan dan anda bisa mendapatkan komisi dari produk tersebut.

Baca juga: Rekomendasi HP Samsung 2 Jutaan 2022

Menawarkan Jasa kepada Streamer lain

Facebook Gaming
Streamers Gear (Source: dotesports)

Banyak streamer mendapatkan penghasilan sampingan dengan membantu konten creator lain di bidang-bidang tertentu. Perlu diketahui bahwa tidak ada content creator handal dalam semua hal, oleh karena itu mencari bantuan dari seseorang yang lebih ahli di suatu bidang mungkin dapat memberi kita brand atau channel yang lebih kuat secara keseluruhan.

Namun yang harus diketahui,  kita mungkin memiliki keterampilan yang dapat dipasarkan ke streamer lain, seperti Branding, Graphic Design, Troubleshooting Support, Video Editing.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!