3 New Windows 10 Features You Must Try

fitur baru windows 10 : Logo microsoft edge baru vs lama

Pembaruan versi 20H2 terakhir, menghadirkan beberapa fitur baru Windows 10 baik untuk browser Mirosoft Edge yang jarang sekali kamu gunakan, perubahan tampilan Start menu, dan lainnya. Berikut cara menggunakannya.

  • Browser Microsoft Edge Menghadirkan Peningkatan Privasi

Fitur baru Windows 10 pada versi 20H2 hadir dengan browser Microsoft Edge yang diinstal secara default. Kita pun selama ini pasti jarang sekali menggunakan Microsoft Edge, entah kenapa, mungkin sugesti bahwa browser Google Chrome lebih baik daripada Microsoft Edge. Sebenarnya bukan hanya sugesti, dahulu memang seperti itu keadaannya, tapi setelah beberapa kali major update, Microsoft pun melakukan improvement yang sangat besar terhadap Microsoft Edge, sehingga menjadi browser yang patut dipertimbangkan untuk digunakan.

Kali ini browser Microsoft Edge terbaru telah menyertakan fitur privasi yang mencoba memblokir situs yang diam-diam dapat melacak kamu secara online, mirip dengan fitur browser Mozilla Firefox. Lalu ada fitur yang disebut Collections yang memungkinkan kamu mengumpulkan informasi dengan lebih mudah dari berbagai situs web saat kamu melakukan riset pencarian.

Bagaimana cara menggunakan pengaturan privasi browser Microsoft Edge terbaru? Pertama-tama kamu dapat membuka program Microsoft Edge dengan logo baru yang lebih keren dari sebelumnya. Kamu dapat mencarinya pada taskbar, shortcut desktop yang sebelumnya kamu buat, atau kamu dapat mencarinya di kolom pencarian dengan hanya mengetik singkat ‘edge’, lalu kamu dapat menemukan Microsoft Edge dengan logo terbaru dan mengkliknya.

Untuk mengatur fitur privasi kamu, buka Settings – Privacy and services. Lalu kamu akan melihat tiga opsi untuk pencegahan pelacakan, opsi pertama yaitu ‘basic’ (masih memungkinkan sebagian besar pelacak), opsi kedua adalah ‘balanced’ (memblokir pelacak dari situs yang belum kamu kunjungi – Microsoft merekomendasikan yang ini) dan opsi terakhir adalah ‘strict’ (memblokir sebagian besar pelacak dari semua situs).

Informasi privacy di situs Facebook pada Microsoft Edge
Informasi privacy di situs Facebook pada Microsoft Edge

Untuk memeriksa pengaturan privasi kamu dengan cepat, saat menggunakan browser Microsoft Edge kamu, klik ikon gembok di sebelah kiri tab pencarian. Sebuah kotak akan muncul memberi tahu kamu jika koneksi yang kamu gunakan aman, dengan opsi untuk memeriksa sertifikat situs, cookie yang digunakan, serta site permissions. Kamu juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Pencegahan Pelacakan, dan mengelola pengaturan untuk semua situs yang kamu kunjungi. Jika disetel ke aktif, kamu akan melihat jumlah pelacak yang diblokir oleh Microsoft Edge.

  • Sesuaikan Start Menu Baru Kamu

Start menu baru pada Windows 10 versi 20H2
Tampilan Start menu baru pada Windows 10 versi 20H2

Calm, #adavcgamers that can meet your gaming needs. Come on! Follow account Instagram and channel  YouTube us for the latest gaming news, esports tournaments, tech & gadgets! Join the biggest gamers community in Indonesia discord.io/vcgamers to get the most up-to-date information and lots of interesting giveaways.

Muhammad Marie

A tech enthusiast, graduate of S1 Sociology. Not connected? Time? Why connect!

Add a comment