New Windows 10 Update 21H1 Spring 2021!

Windows 10 Wallpaper

Windows 10 merupakan OS yang paling banyak digunakan oleh pengguna laptop/PC di seluruh dunia. Tentunya diluar perangkat milik Apple ya. Di Indonesia pun demikian, walaupun masih banyak orang/perusahaan yang masih terjebak dengan Windows 7, alih-alih software yang mereka pakai belum mendukung di Windows 10.

Belum lama kita sudah disuguhkan major update pada Windows 10, yaitu untuk versi 20H2. Namun, sedikit lagi, tepatnya pada musim semi 2021, kembali akan disuguhkan major update pada Windows 10 kita. Tim microsoft saat ini sedang mengerjakan pembaharuan versi 21H1.

Hal ini kita ketahui dari postingan resmi blog microsoft per tanggal 17 Februari 2021 lalu. Sebelumnya juga banyak postingan pada komunitas teknologi sudah membeberkan hal ini beberapa hari sebelumnya, yaitu per tanggal 15 Februari 2021. Memang sudah seperti biasanya, Microsoft memberikan major update dua kali dalam setahun.

Dengan kode nama Sun Valley, kita tidak tahu persis apa saja pembaharuan yang akan terjadi pada 21H1 kali ini, namun kita mengumpulkan beberapa slentingan informasi, yang kita akan bahas setelah ini.

Beberapa Informasi Penting dari Windows 10 Update Spring 2021

  • Windows 10 versi 21H1 akan menjadi pembaharuan terbaru Microsoft. Akan tiba sekitar musim semi ini. Pembaharuan ini juga sering kali disebut sebagai pembaharuan April atau Mei.
  • Biasanya, Microsoft merilis pembaharuan fitur yang lebih besar di musim semi, dan yang lebih kecil di musim gugur. Tetapi setelah kita telusuri versi 21H1 tampaknya juga menjadi pembaharuan yang lebih kecil nantinya.
  • Dukungan multi kamera untuk Windows Hello, memungkinkan pengguna untuk memilih kamera eksternal saat menggunakan high-end displays dengan kamera terintegrasi.
  • Perbaikan pada Windows Defender Application Guard, termasuk mengoptimalkan waktu skenario pembukaan dokumen.
  • Perbaikan pembaharuan Windows Management Instrumentation (WMI) Group Policy Service (GPSVC), untuk mendukung pekerjaan remot jarak jauh.

Kapan Kita Bisa Download Windows 10 Update 21H1

Microsoft mengatakan pembaharuan Windows 10 21H1 akan tersedia pada paruh pertama tahun ini. Banyak yang berspekulasi update ini akan tiba pada bulan Mei, meskipun Microsoft tidak mengkonfirmasi hal ini.

Beberapa hari lalu, kira-kira tanggal 10 Maret, Microsoft mulai meluncurkan versi 21H1 untuk Windows Insiders dalam program Beta. Fitur baru akan ditawarkan di build Windows Insider Preview mendatang saat sudah siap.

Ketika pembaharuan tersedia secara umum, kamu dapat memperbaharui Windows 10 dengan masuk ke dalam pengaturan, lalu pilih Update & Security > Windows Update, dan klik Check for Updates. Ini juga cara yang sama saat pembaruan Oktober 2020 dirilis. Jika kamu sudah menjalankan Windows 10 versi 2004 atau versi 20H2, nantinya update 21H1 akan menjadi proses instalasi yang cepat untuk mendapatkan pembaharuan terbaru.

Atau bila kamu ingin mendapatkan pembaharuan dalam versi penuh, kamu dapat mengunduh file .ISO resmi langsung dari halaman web Microsoft, atau dengan menginstal Windows 10 Update Assistant.

Sebelum kamu melakukan update Windows 10 ke pembaharuan paling anyar ini, kita menyarankan buat kamu yang belum upgrade penyimpanan laptop/PC kamu dari HDD ke SSD. Segera lakukan upgrade pada laptop/PC kamu. Hal ini tentu akan menambah performa serta user experience kamu saat menggunakan laptop/PC kamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!