Simak! Stack Mobile Legends Bisa Kamu Lakukan Dengan 10 Hero Ini!

stack mobile legends cover

Stack Mobile Legends sederhananya merupakan salah satu fitur dalam game moba tersebut yang sangat bermanfaat untuk mengalahkan hero-hero lawan, baik yang biasa ataupun yang OP.

Kalau kamu bisa memanfaatkan fitur stack melalui serangan hero-hero tertentu di Mobile Legends, dijamin kamu bisa melawan hero lawan dengan buff atau HP setebal apapun.

Biasanya, stack akan sangat diperlukan ketika kamu menghadapi pemain-pemain yang menggunakan hero spesialis mid dan late game, karena selain untuk menghemat waktu, kamu juga perlu memikirkan cara membunuh Turtle dan Lord yang juga sudah ter-upgrade saat itu.

Jika kamu menguasai stack ini, kamu juga bisa langsung dapet Legendary saat kill hero lawan, apalagi kalau hero yang kamu gunakan punya AoE atau CC yang oke.

Baca juga: Marksman Mobile Legends Terbaik di 2022, Gunakan Hero Ini Bro!

Artikel kali ini akan membahas rincian mengenai stack dalam game Mobile Legends yang sering dimanfaatkan oleh player veteran maupun para pro player.

Stack Mobile Legends: Kegunaan Dan Cara Melakukannya

Seperti ditulis di awal artikel ini, stack Mobile Legends merupakan teknik untuk menumpuk damage atau skill pasif tertentu bergantung pada kemampuan setiap hero yang digunakan.

Apakah kamu bingung melihat lambang stack saat match? Kamu bisa melihat bagian atas dari ikon battle spell, atau di bawah bar HP dan mana untuk beberapa hero tertentu. Biasanya saat kamu farming buff juga, kamu bisa melihat ikon stack muncul di sebelah buff yang kamu dapatkan.

stack mobile legends contoh 1

Ada banyak cara untuk melakukan stack, diantaranya dengan menggunakan serangan normal, skill 1, skill 2 ataupun ulti. Nantinya, serangan-serangan tersebut akan diakumulasikan menjadi angka yang muncul di ikon skill stack hero tertentu.

Tetapi, ada juga stack yang fungsinya untuk menandai lawan seperti hero Vexana dan Selena yang menandai lawannya sehingga dalam serangan berikutnya akan menghasilkan damage lebih besar.

stack mobile legends contoh 2

Tidak hanya melalui skill atau serangan hero tertentu saja, kamu juga bisa menggunakan stack melalui item yang kamu bawa saat match.

Biasanya, akan muncul ikon item yang kamu gunakan (contohnya Glowing Wand) yang menunjukkan bahwa skill pasif item tersebut telah aktif dan ada indikator stack di ikon tersebut.

Singkatnya, stack Mobile Legends ini adalah cara untuk mengumpulkan atau menumpuk skill pasif sehingga nantinya hero yang kamu gunakan akan mendapat tambahan atribut status tertentu, seperti attack atau movement speed, magic atau physical damage, regen mana atau HP, serta shield.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Stack Skill?

Stack Mobile Legends ada baiknya dilakukan dari awal pertandingan. Hal ini untuk mengantisipasi tidak adanya late game karena tim kamu bermain cepat, misalnya.

Kalau kamu sudah banyak stack skill dan ada late game, pastikan kamu cukup banyak stack damage untuk mengalahkan para hero atau Lord dengan memanfaatkan stack tersebut.

Kuncinya adalah timing yang pas dan target yang jelas sehingga kamu tahu harus kill lawan atau creeps yang mana saja.

Baca juga: Ini Hero Counter Meta Marksman di Mobile Legends

10 Hero Dengan Stack Yang Merepotkan Versi VCGamers

Aldous

stack mobile legends skill aldous

Hero Aldous di Mobile Legends merupakan hero dengan kemampuan stack yang sangat populer dan selalu digandrungi oleh player.

Alasannya, Aldous memiliki kemampuan mengumpulkan stack yang jumlahnya akan berlipat ganda apabila kamu berhasil membunuh creeps atau hero dengan skill 1-nya.

Sebagai contoh, apabila kamu mengaktifkan skill 1 untuk memberantas barisan minion, tunggulah hingga HP para minions lawan sedikit lagi sehingga Aldous bisa langsung mengumpulkan stack sekitar 9 poin.

stack mobile legends aldous skill

Strategi yang sama juga bisa kamu lakukan ketika ada kumpulan hero lawan dengan HP yang sangat tipis (yang tinggal sekali pukul saja tewas). Terdapat poin yang berbeda apabila kamu berhasil kill lawan dengan skill 1 Aldous.

Poin Stack Mobile Legends versi hero Aldous yang membunuh hero inilah yang membuatnya menyeramkan, karena setiap kill 1 hero, Aldous akan mendapat 10 poin stack.

Bayangkan kalau seandainya Aldous bisa kill 2 lawan berturut-turut, maka ia akan mendapat hingga 40 poin stack. Namun biasanya pengguna Aldous farming creeps atau minions untuk stack.

Intinya, Aldous ada di posisi teratas karena selain populer, stack-nya juga sangat bermanfaat untuk tambahan shield dan physical damage-nya. Ikon stack skill Aldous ada di atas ikon regen.

Brody

stack mobile legends skill brody

Tidak seperti Aldous yang harus menggunakan skill 1 atau basic attack dan ada indikator stack-nya, stack Brody justru tampak di lawannya.

Setiap Brody menggunakan serangan basic, skill 1 atau 2-nya dan mengenai target (baik minions, creeps maupun hero lawan) mereka akan mendapat tanda abyss mark yang bisa di-stack hingga 4 tanda.

Uniknya, kalau kamu berhasil mengenai target dengan skill 1 dalam garis lurus, target yang paling belakang akan mendapat banyak damage dan efek slow lebih lama daripada target terdekat.

stack mobile legends brody skill

Setiap stack abyss mark, Brody akan mendapat tambahan damage sebesar 200% dengan basic attack-nya, 250 dengan skill 1-nya, dan 200 dengan skill 2-nya.

Fungsi dari abyss mark yang lain adalah untuk damage ulti Brody yang lebih sakit. Ketika kamu berhasil stack abyss mark sebanyak 4 di lawan dengan HP tipis, mereka dijamin akan langsung terbunuh meskipun mereka kabur ke mana pun karena jangkauan ulti yang luas.

Jadi, apabila kamu menggunakan Brody, fokuslah “menandai” lawan kamu dengan abyss mark supaya damage Brody semakin sakit.

Baca juga: 16 Hero Counter Clint, Tangkis Ulti Dan Skill-nya!

Cecilion

stack mobile legends skill cecilion

Hero Stack Mobile Legends selanjutnya adalah Cecilion, yang tidak kalah populernya dengan Aldous dan Brody dalam hal stack skill.

Sumber stack skill Cecilion adalah skill 1 yang merupakan serangan dengan jangkauan yang panjang dalam garis lurus. Kamu bisa stack mana Cecilion dengan melihat ikon di atas battle spell.

Kamu akan mendapat sebanyak 2 stack setiap menyerang target dengan skill 1 Cecilion, dan kamu harus perhitungkan timing penggunaan skill ini karena akan benar-benar menguras mana-nya

stack mobile legends cecilion skill

Keunikan dari skill 1 Cecilion mirip dengan skill 1 Brody, yang damage-nya akan lebih sakit jika mengenai target yang paling ujung. Ini akan cocok apabila hero lawan menggunakan minions sebagai penghalang serangan Cecilion. Namun demikian, poin stack-nya tetap berjumlah 2 saja.

Kalau Cecilion dibunuh oleh lawan, stack tersebut tidak akan hilang karena fungsi stack dari Cecilion adalah menambah mana maksimumnya. Ini akan berguna ketika Cecilion menggunakan ulti-nya.

Ruby

stack mobile legends skill ruby

Hero selanjutnya yang bisa stack skill adalah Ruby. Berbeda dengan Aldous, Brody dan Cecilion, kemampuan stack Ruby akan menambah magic dan physical defense-nya sebanyak 3 kali dan akan meningkat sesuai dengan level Ruby.

Semakin tinggi level Ruby, maka magic dan physical defense-nya juga semakin tinggi. Hasilnya, Ruby akan sulit dikalahkan apalagi dengan item defense lainnya.

stack mobile legends ruby skill

Player yang menggunakan Ruby ini biasanya akan membawa item untuk lifesteal, karena akan lebih mengoptimalkan skill pasif Ruby yang memang bisa lifesteal baik dengan skill 1, 2 dan ulti-nya.

Jika skill pasif tersebut kamu kombinasikan dengan stack Ruby (dengan ikon di atas battle spell), maka Ruby akan susah dibunuh dan akan terus mencuri HP targetnya dengan cepat dan banyak.

Tidak heran kalau Ruby dinobatkan sebagai salah satu hero yang menyebalkan di mid dan late game.

Baca juga: Wajib Baca! 16 Trik Flicker Mobile Legends Yang Ampuh Hempaskan Hero Lawan!

Freya

stack mobile legends skill freya

Hero stack Mobile Legends Freya memiliki kemampuan untuk menumpuk titik-titik kuning yang bisa kamu lihat di bawah bar HP dan mana-nya yang berjumlah 6.

Titik-titik atau sacred orb tersebut akan menyala ketika Freya menyerang lawannya dengan basic attack, skill 1 maupun skill 2-nya.

Fungsi dari stack Freya ini adalah meningkatkan physical damage dan attack speed-nya setiap serangannya yang kedua.

stack mobile legends freya skill

Misalnya, kamu menyerang lawan dengan basic attack dan mengumpulkan 6 orb tersebut. Selanjutnya, kamu menggunakan skill 1 yang langsung disusul dengan basic attack. Akan ada peningkatan damage serta kecepatan serangan Freya selama beberapa saat.

Stack Freya ini menjadikannya sebagai salah satu hero meta saat awal kemunculannya dulu. Hero yang akan mendapat skin baru ini telah di-nerf oleh Moonton sehingga stack-nya hanya bisa digunakan sebanyak dua orb saja.

Selena

stack mobile legends skill selena

Skill stack Selena akan sangat bermanfaat untuk mode abyss-nya yang bisa kamu aktifkan melalui ulti setiap mode.

Hero Stack Mobile Legends Selena akan memperkuat damage yang diterima oleh targetnya hingga sebanyak 450 ditambah 40% dari magic power milik Selena. Jumlah ini juga akan lebih berlipat ganda lagi ketika kamu menggunakan skill 1 dan 2 Selena mode abyss.

stack mobile legends selena skill

Cara menggunakan stack skill Selena adalah melalui skill 1 dan 2-nya yang akan menandai targetnya dengan abyss mark seperti Brody. Kamu juga perlu berganti-ganti mode secara berkala supaya Selena bisa menggunakan kemampuannya ini.

Sederhananya, kumpulkan stack berupa abyss mark melalui Selena mode biasa, kemudian serang lawan dengan mode abyss atau mode ke-2-nya untuk magic damage yang lebih sakit.

Tidak ada ikon yang bisa kamu lihat kecuali dengan menggunakan serangan skill 1 dan 2 serta melihat target yang telah ditandai secara manual.

Baca juga: Holy Crystal, Kristal Hijau Penambah Kekuatan Tempur Hero Mage

Chang’e

stack mobile legends skill chang'e

Chang’e si mage yang bisa jadi support offensive ini juga punya keahlian yang sama dengan Selena dalam hal melakukan stack skill di Mobile Legends.

Bedanya dengan Selena dan Freya, setiap serangan yang dilakukan oleh Chang’e akan mengaktifkan stack damage yang bisa kamu kumpulkan hingga 20 kali. Kamu juga bisa melihat indikator stack Chang’e di atas ikon battle spell.

Bila kamu menggunakan Chang’e, kamu harus rajin spam skill 1 dan basic attack-nya supaya bisa mengumpulkan hingga 20, kemudian kamu bisa langsung gunakan ulti Chang’e yang akan menambah damage-nya sebesar 40%.

stack mobile legends chang'e skill

Total dari kerusakan yang akan diterima target serangan Chang’e bisa mencapai lebih dari 800, belum lagi kalau kamu build Chang’e dengan magic items seperti Blood Wings atau Holy Crystal.

Hero Chang’e ini juga belakangan menjadi salah satu mage yang kembali diwaspadai di season 23 ini karena kemampuan stack-nya tersebut.

Alice

stack mobile legends skill alice

Hero stack Mobile Legends Alice menggunakan kemampuan stack-nya untuk menambah HP, mana, movement speed, pengurangan Cooldown dan tambahan shield.

Alice merupakan mage merangkap tanker yang juga tidak kalah mengerikannya dari Ruby dalam hal kemampuan bertahan di arena Land of Dawn.

Bila Ruby mengandalkan melee attack yang punya jangkauan cukup jauh dan bisa menarik targetnya, Alice lebih diuntungkan karena bisa menumpuk stack dengan serangan ranged-nya.

stack mobile legends alice skill

Skill 1 Alice akan menjadi skill yang harus kamu gunakan ketika hendak mengaktifkan stack-nya, yang bisa kamu lihat ikonnya di atas ikon battle spell.

Ketika kamu dalam keadaan terdesak dan butuh banyak perlindungan tanpa support, aktfikan ulti Alice yang telah didukung oleh skill stack-nya supaya Alice tetap bisa menghadapi lawan tanpa harus terbantai.

Bisa dikatakan, Alice dan Ruby adalah dua hero wanita Tangguh dan merepotkan dalam match. Namun, di season 23 ini player lebih sering menggunakan Ruby khususnya di ranked match karena lebih gesit dan enak combo-nya.

Baca juga: Pakai Alice Mobile Legends? Ketahui 6 Kelebihan Dan Kekurangan Si Vampir Penggoda Ini!

Miya

stack mobile legends skill miya

Selanjutnya ada Miya, si pemanah cantik yang baru saja mendapat revamp skill Valentine. Pengguna Miya pasti sudah hapal betul cara menggunakan stack skill-nya.

Kegunaan stack skill Miya adalah bonus attack speed dan physical damage sebanyak 5% dan 30 poin yang bisa kamu stack hingga 5 kali. Kamu bisa lihat indikator stack tersebut di bawah bar HP dan mana Miya.

Sama seperti Freya, kamu hanya perlu mengenai target dengan basic attack, skill 1 atau skill 2 Miya untuk bisa stack.

stack mobile legends miya skill

Supaya kamu lebih efektif stack skill Miya, kamu bisa spam skill 1 Miya yang menambah tembakan panahnya menjadi tiga cabang. Kalau sudah full, kamu bisa hambat pergerakan lawan dengan skill 2-nya.

Kalau kamu mau lebih cepat lagi, ulti Miya akan membuat stack-nya langsung penuh dan kamu bisa spam skill 1 sambil kabur dari lawan.

Vexana

stack mobile legends skill vexana

Hero Stack Mobile Legends ini meskipun kurang populer, masih bisa mematikan pergerakan hero lawan dengan skillset-nya.

Cara mengaktifkan stack Vexana sebetulnya sangat berbeda dengan para hero di atas, tapi kamu bisa menandai hero tertentu untuk dijadikan boneka tiruan ketika mereka terbunuh oleh Vexana.

Dengan menandai hero melalui skill 1 dan 2 Vexana, kamu bisa membuat tiruan hero tertentu yang akan memiliki 70% status hero tersebut. Bila Vexana sudah mencapai level maksimum, ia akan bisa menirukan 90% kemampuan hero yang telah ia tandai dan bunuh tersebut.

stack mobile legends vexana skill

Tiruan-tiruan hero tersebut juga punya damage AoE yang terlihat dari aura berwarna ungu gelap di sekelilingnya, yang akan menghasilkan magic damage.

Kamu bisa mulai membingungkan lawanmu dengan kombinasi serangan skill 1 dan 2 Vexana, dibantu oleh tiruan hero yang kamu bunuh dengan Vexana.

Baca juga: Simak! 10 Hero Mage MLBB yang Turun Tier

Itulah kesepuluh hero yang bisa stack skill di Mobile Legends dengan masing-masing cara mereka. Intinya, kamu harus tahu dulu gameplay hero-hero tersebut supaya bisa stack skill dengan lancer ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!