Realme 8 Pro Vs Realme 7 Pro, Manakah Pro Sebenarnya? – Part 1

Realme 8 Pro Vs Realme 7 Pro

Sama kasusnya pada pemilik Poco X3 NFC yang sekarang sedang dilanda galau, karena bingung ganti HP atau tidak ke Poco X3 Pro. Kiranya Realme Fans juga sedang merasakan gejolak yang sama, terlebih untuk para pengguna Realme 7 Pro.

Read also: Rilis Harga, Realme 8 Series Sesuai Ekspektasi?

Untuk membantu kalian menemukan jawaban, seperti biasa, kita akan mencoba mengadu dua seri smartphone yang kiranya sedang membuat Realme Fans saat ini menjadi sedikit galau ataupun galau banget.

Realme 7 Pro Vs Realme 8 Pro

logo realme
Logo Realme
  • Bodi

Realme 8 Pro Vs Realme 7 Pro
Realme 8 Pro Vs Realme 7 Pro
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Realme 8 Pro memiliki desain bodi yang hampir mirip dengan seri sebelumnya Realme 7 Pro. Sama-sama mengusung bahan plastik pada backdoor dan frame-nya, kedua HP ini memiliki bobot yang tidak begitu berbeda. Realme 7 Pro mempunyai bobot 182 gram, sedangkan Realme 8 Pro hanya 176 gram.

Dimensi yang dimiliki kedua HP ini juga tidak berbeda terlalu jauh, 160.9 x 74.3 x 8.7 mm (R7P) vs 160.6 x 73.9 x 8.1 mm (R8P). terlihat disini bahwa Realme 8 Pro dapat membuat desain yang lebih tipis dari seri sebelumnya, kini tebal Realme 8 Pro hanya sekitar 0.81 cm, lebih tipis 0.6 mm dari Realme 7 Pro.

  • Layar

Kedua HP ini sama-sama menggunakan panel layar Super AMOLED, dengan resolusi FullHD+, rasio 20:9. Bedanya disini, karena kamera selfie di layar Realme 8 Pro mempunyai diameter yang lebih kecil, jadi Realme 8 Pro memiliki rasio screen-to-body yang lebih luas sedikit dibanding adiknya.

Penurunan spesifikasi juga terdapat pada lapisan kaca Realme 8 Pro, sampai saat ini, pihak Realme belum mengumumkan apakah layar Realme 8 Pro memiliki proteksi layar dari Gorilla Glass atau tidak.

Seperti yang kita tahu, Realme 7 Pro sendiri, sudah dilapisi dengan lapisan kaca Gorilla Glass 3+ dari Corning, bukan yang terbaru memang, setidaknya lumayan lah untuk jaga-jaga dari baret pemakaian.

Menariknya, kedua HP ini juga memiliki fitur always on display (AOD), dimana kamu dapat melihat informasi yang kamu inginkan, misal seperti jam, tanggal, notifikasi, dll, walaupun posisi HP kamu sedang dalam keadaan terkunci.

  • Prosesor dan GPU

720G vs 732G
Qualcomm Snapdragon 720G vs 732G

Masih betah menggunakan prosesor Snapdragon 720G dari Qualcomm, sebenarnya membuat banyak dari Realme Fans bertanya-tanya, kenapa hal ini diakukan?

Sebenarnya kita juga tidak tahu alasan detilnya, tapi yang kita tahu dari launch event Realme 8 series kemarin, pihak Realme menginformasikan bahwa Snapdragon 720G dan GPU Adreno 618 dianggap masih mumpuni untuk menunjang smartphone seri baru mereka.

Tidak salah sih, Snapdragon 720G memang salah satu prosesor terbaik di kelasnya, namun rasanya permintaan pasar saat ini selalu berbanding lurus dengan kemajuan teknologi, terlebih Snapdragon dan Mediatek sendiri akhir-akhir giat mengeluarkan prosesor seri terbaru mereka.

Kalau opini kita sih, Realme 8 Pro melakukan sedikit blunder, karena kompetitor di kelas dan rentan harga yang sama, beberapa dari mereka memberikan spesifikasi yang dapat lebih menarik minat calon pembeli.

Seperti dengan memberikan prosesor terbaru dari Qualcomm di seri yang sama, seperti Snapdragon 732G atau di atasnya, ataupun misal prosesor seri Dimensity terbaru dari Mediatek.

  • Memori RAM & ROM

Kedua HP ini juga sama-sama masih menggunakan teknologi penyimpanan UFS 2.1, tidak ada upgrade yang dilakukan, misal dengan menggunakan UFS 2.2/3.1 pada Realme 8 Pro.

Lagi-lagi Realme betah untuk membenamkan teknologi yang agak lawas di seri terbaru smartphone mereka, setidaknya kedua HP ini masih tergolong aman, karena tidak menggunakan teknologi eMMC. UFS 2.1 not bad lah!

Kedua HP ini juga memiliki 2 varian yang sama untuk pasar global, yaitu 6/128GB dan 8/128GB. Namun untuk pasar Indonesia, Realme hanya membawa 1 varian tertinggi mereka yaitu yang memiliki RAM 8GB.

Untungnya, kedua HP ini juga masih baik dalam memberikan triple slot (dedicated slot) untuk 2 slot SIM dan 1 slot microSD. Jadi, apabila kamu kehabisan memori penyimpanan internal, setidaknya kamu tidak perlu mengorbankan 1 slot SIM kamu untuk menggunakan tambahan microSD.

Baca selanjutnya: Realme 8 Pro Vs Realme 7 Pro, Manakah Pro Sebenarnya? – Part 2

Don't miss it to always get the latest and complete news updates about games. Starting from new game reviews, tips and tricks and so on. Just follow the account Instagram VCGamers and Channel YouTube yes. Come on! Join the community on Discord VCGamers, the largest gamers community in Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

Muhammad Marie

A tech enthusiast, graduate of S1 Sociology. Not connected? Time? Why connect!

Add a comment