Reaksi Elemental dari Elemen Dendro Genshin Impact, Ada Apa Saja?

reaksi elemental elemen dendro artifact genshin impact

Tidak terasa bahwa Genshin Impact akan segera membuka area baru yaitu Sumeru.

Bersamaan dengan dihadirkannya Sumeru, elemen Dendro juga dihadirkan untuk bisa kamu mainkan di karakter.

Seperti yang Vicigers ketahui, di Genshin Impact terdapat 7 elemen yaitu: Anemo, Geo, Cryo, Pyro, Hydro, Electro, dan Dendro.

Dendro akhirnya akan dirilis dan mempunyai Elemental Reaction atau reaksi elemental yang berbeda dengan elemen lainnya.

Ada apa saja reaksi elemental elemen Dendro di Genshin Impact? Yuk langsung baca kelanjutnya artikel ini Vicigers!

Baca Juga: Fatui Harbinger Genshin Impact, Siapa Saja dan Informasi Lengkapnya!

Reaksi Elemental dari Elemen Dendro Genshin Impact

Sampai perilisan Inazuma dan patch 2.8 saat artikel ini ditulis, elemen Dendro sendiri belum dirilis secara resmi untuk digunakan atau dimiliki oleh karakter yang kamu mainkan.

Reaksi elemental Dendro baru hanya dimiliki oleh musuh seperti Dendro Slime, Dendro Samacurl, dan Wooden Shieldwall Mitachurl.

Reaksi yang bisa kamu dapatkan punya hanya Burning, yang akan kamu dapatkan apabila kamu mengaplikasikan Pyro pada Dendro.

Namun, dengan dirilisnya Sumeru yang merupakan negara yang dipimpin Dendro Archon, elemen Dendro di Genshin Impact bisa sebentar lagi kamu mainkan.

Baru-baru ini, Genshin Impact meriilis video berisi sneak peak mengenai Sumeru. 

Video berjudul Sumeru Preview Teaser 01: The Fascinating Dendro Element ini menampilkan Elemental Reaction yang akan dihadirkan untuk elemen Dendro.

Konsep dari elemen Dendro sendiri adalah Catalyze, Wisdom, dan Life. Hal ini nantinya akan mempengaruhi intinya cerita dari Sumeru dan seperti apa elemen Dendro nanti akan bereaksi.

Mungkin konsep elemen sedikit kurang familiar bagi beberapa pemain. Namun, kamu bisa menerka dari skill para karakter.

Misalnya, Hydro memiliki tema elemen Recovery (penyembuhan) oleh sebab itu karakter Hydro paling banyak memiliki role sebagai healer.

Terkait reaksi elemental dari Dendro, total terdapat 2 reaksi elemental elemen Dendro baru yang diumumkan yaitu Bloom dan Catalyze.

Berarti nantinya akan ada 3 reaksi elemental elemen Dendro yang bisa kamu utilisasi reaksi elemental-nya untuk elemen Dendro.

Hal yang menarik lainnya adalah hasil bocoran dari leakers, elemen Dendro nantinya akan memiliki reaksi elemental dari 3 elemen yang berbeda.

Sampai saat artikel ini ditulis, belum diketahui secara pasti kombinasi elemen apa bersama Dendro yang akan menghasilkan reaksi elemental. 

Baca Juga: Dendro Rilis Tahun Ini! Apa Saja Elemen Genshin Impact?

Burning

burning reaksi elemental genshin impact elemen dendro
Burning (source: Genshin Impact)

Burning adalah Reaksi Elemental yang dipicu dengan memberikan Pyro pada target musuh yang sudah terkena Dendro atau sebaliknya. 

Misalnya saat kamu bertemu Dendro Slime, biasanya musuh ini akan bersembunyi di bawah tanah.

Kamu perlu mengaplikasi elemen Pyro ke musuh tersebut untuk terbakar, keluar dari tanah, dan memudahkan kamu untuk melawan musuh tersebut.

Reaksi ini memberikan Pyro DMG setiap 0,25 detik dalam AoE kecil dan menerapkan 2 Gauge Unit Pyro ke target yang terkena.

Target yang terkena reaksi elemental Burning ini akan memiliki animasi terbakar.

Selain itu, musuh atau target juga akan memiliki aura Pyro dan Dendro secara bersamaan dan membutuhkan kedua aura untuk memberikan damage.

Jika suatu unit terkena Pyro dan mengambil Dendro DMG tetapi sumber damagenya tidak menggunakan aura Dendro, maka akan terjadi reaksi Burning.

Namun, reaksi ini tidak akan berpengaruh atau memberi damage karena tidak ada aura Dendro.

Contoh Burning yang tidak memberi damage bisa kamu lihat apabila kamu membakar objek seperti daun, rumput, jerami, dan barel atau kotak kayu.

Musuh seperti Dendro Slime yang memberikan aura Dendro bisa membuat reaksi Burning memberikan damage.

Baca Juga: Panduan Gauge Unit Theory Genshin Impact, Definisi dan Cara Menghitungnya!

Bloom

bloom elemen dendro reaksi elemental genshin impact
Bloom (source: Genshin Impact)

Reaksi elemental elemen Dendro ini awalnya dibocorkan oleh para leakers Genshin Impact dengan nama Overgrown.

Bloom dikabarkan terinspirasi oleh bunga yang akan mekar (bloom) apabila diberikan air dan mengikuti konsep elemen di Genshin Impact.

Konsepnya adalah mengambil tema Catalyze dari Dendro dan Recovery dari Hydro. 

Selain konsepnya yang unik, reaksi ini akan bisa menggunakan 3 elemen sekaligus untuk menghasilkan reaksi elemental.

Reaksi elemental Bloom ini akan terjadi apabila kamu memberikan aura Hydro terhadap musuh atau objek yang memiliki atau terkena aura Dendro.

Hasil reaksi ini akan memunculkan sebuah objek yang berbentuk seperti benih (Seed) atau disebut juga Dendro core.

Benih ini nantinya bisa kamu katalisasi dengan elemen Pyro dan Electro untuk menghasilkan damage.

Seed yang kamu kenakan elemen aura Pyro akan meledak dan memberikan AoE Damage kepada musuh sekitar yang disebut reaksi Burgeon.

Jika Seed tadi kamu reaksi dengan elemen Electro, reaksi elemental yang didapatkan dari elemen Dendro ini adalah akan membuat Projectile (proyektil) yang dapat menyerang musuh dengan AoE Dendro DMG.  Reaksi ini disebut dengan Hyperbloom.

Baca Juga: Bocoran Karakter Sumeru Genshin Impact di Patch 3.0, Siapa Saja?

Catalyze

reaksi elemental elemen dendro catalyze
Catalyze (source: Genshin Impact)

Sama halnya seperti reaksi elemental Bloom, sebelumnya Catalyze dikenal sebagai Intensified. Catalyze merupakan reaksi elemental yang terdiri dari 3 reaksi yaitu: Quicken, Aggravate, dan Spread.

Quicken adalah reaksi eleemntal yang dipicu apabila kamu menyerang musuh yang sudah terkena atau memiliki aura elemen Electro. Hal ini juga bisa terjadi kebalikannya yaitu musuh dendro yang diserang dengan Electro akan menyebabkan reaksi Quicken.

Perbedaannya adalah Quicken yang dipicu oleh elemen Electro, durasi Quicken ini akan lebih pendek. Sedangkan, Quicken yang dipicu oleh Dendro akan lebih lama bertahan yaitu 8 sampai 10 detik tanpa pengurangan waktu.

Reaksi Quicken akan menghilang apabila direaksikan dengan Hydro dan Pyro. Hydro akan menjadi Bloom dan Pyro akan menjadi Burning.

Reaksi ini tidak memberikan damage pada musuh. Namun, memberi aura elemental Quicken ditandai dengan adanya listrik warna kuning di antara badan musuh. Quicken ini yang dapat memicu reaksi elemental Spread dan Aggravate.

Spread akan muncul reaksinya apabila Quicken diserang kembali dengan Dendro. Sedangkan Aggravate akan muncul apabila Quicken tadi kamu tambahkan Electro.

Damage yang dihasilkan Spread jauh lebih besar dibandingkan Aggravate. Kedua reaksi akan mendapatkan damage dari base damage karakter dan flat damage (tidak akan berubah jumlahnya).

Cara mengubah flat damage dari reaksi menjadi lebih besar adalah dengan menurunkan Elemental RES dari Electro dan Dendro musuh. Menurunkan Elemental RES musuh bisa dilakukan dengan 2 cara.

Cara pertama yaitu menggunakan support Anemo yang menggunakan artefak fullset Viridescent Venerer yang akan memberikan bonus berupa menurunkan Electro RES apabila terjadi reaksi swirl.  Cara ini bisa kamu gunakan apabila kamu ingin memicu Aggravate

Cara kedua adalah menurunkan Dendro RES. Dendro tidak akan bereaksi dengan Anemo sehingga ada cara lain yang harus kamu gunakan. Pertama, kamu bisa menggunakan support Dendro yang menggunakan artefak Deepwood Memories atau menggunakan shield Zhongli.

Selain menurunkan Elemental RES tadi, meningkatkan flat damage dapat dilakukan dengan  meningkatkan Elemental Mastery dari karakter Electro dan Dendro yang ada di party serta meningkatkan level karakter untuk meningkatkan base attack karakter.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!