Kisah Dibalik Puzzle dalam Secret House

Secret House merupakan game dengan konsep puzzle match 3 ciptaan pengembang Flash, Inc. Game ini tak cuma menawarkan puzzle match 3 semata, namun pemain pun akan mendapatkan kisah menarik dengan misi menyelamatkan mansion. Bagaimana keseruan dari Secret House? Ini poin-poin yang membuatnya sangat menarik.

Kombinasi Kisah dan Puzzle

Di game Secret House ini pemain adalah karakter Momo yaitu gadis yang berpetualang untuk mempelajari ilmu sihir. Satu tahun berselang, Momo telah rampung menimba ilmu persihiran lalu kembali ke rumahnya, sebuah mansion luas. Akan tetapi ketika tiba di sana, kondisi mansion nampak kumuh yang menandakan telah lama tak dihuni. Demi membenahi berbagai kondisi yang ada, Momo pun memanfaatkan kekuatan marble. Proses memperoleh marble dalam Secret House yaitu memainkan puzzle match 3. Kekhasan game Secret House ini yaitu kendati konsepnya puzzle lalu kisah pun menyatu namun pemain tak mesti bergantian memainkan puzzle dengan cerita.

Kisah dan puzzle dalam Secret House ini tak ada struktur yang menyatukannya. Agar bisa meneruskan cerita, pemain membutuhkan marble yang diperoleh dari memainkan puzzle. Akan tetapi pemain dapat memainkan puzzle tanpa harus meneruskan cerita. Itu artinya pemain dapat menikmati puzzle saja untuk mengoleksi marble yang mencukupi. Begitu tersedia waktu untuk memainkan cerita, pemain pun dapat melakukannya terus menerus berbekal banyak marble dari hasil puzzle sebelumnya.

Power Up

Konsep Puzzle match 3 dalam Secret House  ini cukup simpel untuk dijalankan. Ditampilkan puzzle yang memuat banyak obyek aneka warna dengan formasi acak. Kewajiban pemain yaitu menemukan yang dapat dirangkai dalam 3 obyek berwarna sama. Saat obyek dapat tertata rapi, otomatis langsung menghilang. Untuk misi puzzle dalam Secret House beragam. Misalnya berapa banyak menghilangkan obyek, menempatkan telur pada titik tertentu supaya muncul peri, menghancurkan kotak, dan sebagainya. Seluruh misi tersebut dapat dilakukan cukup menjajarkan 3 obyek sama warna. Hanya saja pemain mesti waspada sebab berlaku batas langkah. Jika jatah langkahnya habis sementara misi tak terwujud, puzzle langsung gagal. Pemain boleh memilih ingin mengulangi dari permulaan atau membeli langkah ekstra dengan membayarnya memakai koin.

Dalam Secret House  pun ada sistem power up yang bervariasi. Power up paling mudah yaitu membentuk lebih dari 3 obyek puzzle. Saat pemain sukses membentuk 4 obyek atau malah lebih, otomatis muncul power up. Misalnya jika pemain membuat baris 4 lurus, otomatis muncul bom pada baris horisontal atau vertikal. Power up bom itu pun dapat disatukan ke bom lain sehingga menghasilkan efek ledakan makin kencang. Juga ada power up yang diperoleh dengan menuntaskan puzzle atau membeli dari shop yang pastinya menggunakan uang sungguhan. Meski power up tersebut sedikit jumlahnya namun lumayan hebat. Misalnya tersedia power up berbentuk palu yang bisa menghilangkan sebuah obyek puzzle dimana saja.

Memperindah Mansion

Selama cerita berjalan dalam Secret House ini, pemain dapat memperbaiki dan memperindah mansion yang tampilan awalnya bertantakan. Untuk pemain yang senang menghias ruangan, game ini tentu sangat menarik. Saat dibenahi, pemain disediakan 3 variasi pilihan. Misalnya untuk rak, disediakan 3 model yang dapat dipilih. Untuk tiap ruangan, pemain bisa berjumpa dengan beberapa karakter lain. Di samping dapat mencoba kisah dari karakter yang berbeda, tema tiap-tiap ruangan juga bermacam-macam. Misalnya dalam ruangan pertama pemain bisa mengelola toko roti yang memiliki berbagai ruangan.

Secret House  menghadirkan konsep puzzle match 3 untuk dimainkan di saat senggang dan juga adanya kisah yang seru. Game ini dapat dijalankan tanpa koneksi internet. Bila posisi online memang ada iklan namun tak menjengkelkan. Pemain cuma perlu menyaksikan iklan jika berharap mencari koin ekstra yang dibutuhkan untuk continue. Ada pula shop yang menjajakan berbagai item power up, hanya saja puzzle yang disuguhkan memang tak begitu sulit.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

 

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Hakum

Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.