Ghost of Tsushima, Menempuh Jalan Samurai

Ghost of Tsushima merupakan game untuk konsol PS4 buatan Sucker Punch Productions dengan tema samurai klasik. Game ini mendapat sambutan hangat dari para gamers di seluruh dunia karena memang masih jarang game-game yang mengambil latar belakang cerita ini. Nah, segera saja baca ulasannya berikut ini.

Ghost of Tsushima_20200628122942

Alur Narasi

Ghost of Tsushima mengisahkan seorang samurai dari klan Sakai bernama Jin Sakai. Ia memiliki misi membendung tentara Mongol yang ingin menguasai desanya. Tentara Mongol itu dibawah kendali Khotun Khan yang bengis dan sangat kuat. Semua samurai dari pulau Tsushima harus mati mempertahankan desanya dan hanya tersisa Jin dan pamannya yang menjadi pemimpin Tsushima yang ditawan tentara Mongol. Jin mengawali petualangannya untuk menyelamatkan desa Tsushima. Jin pun memutuskan menjadi assassin yang sebutannya adalah Ghost.

Ghost of Tsushima menawarkan map open world yang sangat luas dengan ragam alam yang berbeda-beda. Tiap kali pemain memasuki sebuah wilayah tentu bisa menikmati suasana berbeda misalnya cuaca, pergantian siang dan malam, variasi tumbuhan dan hewan termasuk tipe musuh pun lain. Ghost of Tsushima dibuat dengan sangat baik sehingga mampu menghadirkan pengaturan open world yang sangat estetis.

Penjelajahan yang Imersif dengan Guiding Wind

Penjelajahan atau eksplorasi merupakan aktifitas utama pemain dalam Ghost of Tsushima. Penjelajahan yang dilakukan bahkan meliputi seluruh area yang ada di pulau. Game ini meniadakan menu guide dan menggantinya dengan menu seru yang dinamakan Guiding Wind. Menggunakan fitur tersebut pemain dapat melakukan tag lokasi di peta lalu mencoba menemukannya hanya dengan mengikuti angin bertiup. Pemain dapat memanggil angin itu kapan saja supaya berada di jalan yang tepat. Pemain punya keleluasaan untuk menentukan jalur sendiri. Di samping menu Guiding Wind, adakalanya pemain pun menemukan burung yang bisa memandu ke suatu lokasi yang masih asing.

Berbagai lokasi yang dapat dikunjungi misalnya desa, fox den, shrine, pemandian air panas, camp dan juga fort besar yang direbut tentara Mongol. Ghost of Tsushima sukses meramu open world yang seru untuk dieksplorasi. Setiap kali mendatangi berbagai lokasi yang ada dalam peta, pemain tentu  memperoleh hadiah yang cukup menarik. Ghost of Tsushima menghadirkan tiga macam quest terdiri dari Jin’s Journey sebagai quest utama, Tales of Tsushima dan Mythic Quest. Tiap quest yang disediakan betul-betul dibuat secara serius. Sehingga tak cuma fetch quest monoton yang hambar. Pemain akan menjumpai berbagai kejadian yang akan membuat penjelajahan Jin pun makin seru.

Pertarungan Savage

Merupakan game dengan tema samurai, Ghost of Tsushima mencoba menyajikan sistem combat dengan menggabungkan unsur realistis dan action flashy. Tiap serangan yang dilakukan karakter bisa menghasilkan damage mematikan sehingga darah pun berhamburan. Supaya sistem combat bisa berlangsung dengan alami maka tiap kali lawan punya pertahanan kuat yang cuma dapat didobrak bila posisinya stagger. Di momen itu pemain baru dapat mengambil HP lawan untuk kemudian dikalahkan.

Game Ghost of Tsushima pun telah mengaplikasikan Resolve yaitu bar berbentuk bulat warna kuning di atas health bar. Fungsinya untuk memenuhi HP sekaligus mengeluarkan skill khusus. Pemain bisa mengisi Resolve, caranya adalah kalahkan musuh atau mendapatkan serangan mematikan. Pemain dapat meningkatkan ukuran terbanyak Resolve dengan menjalankan Bamboo Cutting atau meng-upgrade level Legend.

Pertarungan Ghost of Tsushima yang utama menggunakan pedang. Jin bisa memanfaatkan empat formasi stance ketika memakai katana. Tiap stance punya efektivitasnya sendiri ketika dimanfaatkan menghadapi tipe lawan berbeda. Umpamanya ketika menghadapi tentara Mongol dengan pedang di tangan maka Jin harus mengaktifkan Stone Stance. Kemudian untuk lawan dengan perisai bisa ditaklukkan menggunakan Water Stance. Lawan yang menggunakan tombak maka dapat diatasi dengan Wind Stance. Lawan dengan perawakan besar dapat ditaklukkan menggunakan Moon Stance.

Berbagai pilihan gaya bertarung atau musuh yang beragam memang membuat Ghost of Tsushima terasa memikat. Masih ada lagi yang membuatnya harus segera dicoba yaitu sistem Skill Tree yang rumit dan menghadirkan pilihan permainan yang makin meluas mengikuti progress yang telah dicapai. Peralihan Jin ke Ghost selanjutnya bisa membuat pemain lebih memiliki pilihan untuk senjata misalnya sticky bomb, kunai, blow pipe, smoke bomb,  sampai perlengkapan pendukung misalnya Grappling Hook yang akan membuat Jin laksana Ninja.

Menjalankan game Ghost of Tsushima dari PlayStation 4 Slim termasuk cukup memuaskan. Meski dijumpai beberapa kejadian FPS terasa melambat ketika adegan menampilkan hujan badai atau ketika menampilkan efek partikel maupun karakter di satu layar. Namun secara keseluruhan, game Ghost of Tsushima sangat mengasyikkan untuk dimainkan.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Hakum

Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.