Simak! Ini Dia Game Moba Pertama di Dunia

Game Moba Pertama di Dunia

Kalian pemain Dota 2 atau Mobile Legends? Pastinya kalian tahu kalau kedua game tersebut merupakan game Moba. Tapi, kalian tahu apa game Moba pertama di dunia? Simak artikel ini untuk tahu lebih lanjut.

Perkembangan video game dari tahun ke tahun memang sangat meningkat, sejalan dengan berkembangnya teknologi juga. 

Terlebih lagi, kemudahan orang untuk bermain game kini bisa dari berbagai platform, mulai dari smartphone, PC, atau konsol. Mereka juga bisa memainkan game apa saja sesuai dengan minat dan seleranya.

Wajar saja jika para game developer berlomba-lomba menciptakan permainan menarik dengan berbagai genre. Ada game yang hanya sekedar dimainkan secara santai, ada juga game yang cenderung kompetitif dan menantang.

Salah satu game yang saat ini tingkat popularitasnya sedang tinggi adalah game Moba. Mendengar nama Moba mungkin yang ada di pikiran kalian adalah Dota 2, League of Legends atau Mobile Legends yang memang begitu populer.

Meskipun game tersebut termasuk ke dalam esports dengan kompetisi resminya, ternyata kedua game tersebut bukanlah game Moba pertama di dunia. Kalian pemain game Moba wajib banget nih buat tahu apa sih game Moba pertama di dunia.

Baca juga: 3 Game MOBA PC Paling Populer

Sekilas Tentang Moba

Game Moba Pertama di Dunia
Game Moba (Sumber: Gamenisasi)

Moba atau Multplayer Battle Online Arena merupakan genre dari sebuah game yang biasanya mengusung pertarungan antara lebih dari satu pemain di arena. 

Salah satu yang familiar mungkin game pertarungan 5v5 meskipun ada juga yang mengusung selain 5v5.

Jenis permainan yang satu ini memang tidak mudah untuk dikendalikan karena dibutuhkan kemampuan mekanik yang baik untuk memainkannya. 

Selain itu, Moba juga umumnya menyajikan permainan dengan tempo cepat yang membuat pengalaman bermain makin menantang.

Saat ini, Moba memang jadi salah satu game yang membuat skena esports makin naik dengan berbagai kompetisi yang menyajikan hadiah besar.

Di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia, Mobile Legends jadi game Moba yang paling populer. Sementara itu, di skala global ada League of Legends dan Dota 2 yang merupakan game esports paling populer.

Meski game Moba baru meningkat popularitasnya beberapa tahun belakangan ini, nyatanya game tersebut sudah ada sejak lama dan telah melewati banyak masa.

Baca juga: Mencoba Game Lokapala, MOBA Asli Indonesia dengan Grafis Menakjubkan

Game Moba Pertama di Dunia

Game Moba Pertama di Dunia
Ilustrasi Game Moba Pertama di Dunia (Sumber: Lost Media Archive)

Game Moba yang populer di berbagai penjuru dunia salah satunya merupakan Dota, namun bukan Dota 2 garapan Valve Corporation. Pasalnya, Dota sendiri juga mengambil inspirasi dari game lain yang berarti bukanlah game Moba pertama di dunia.

Game pertama di dunia yang hadir adalah Aeon of Strife yang justru merupakan sebuah mod Starcraft. Mod sendiri adalah modifikasi game yang dikembangkan pemain melalui tools dan engine dari game lain.

Banyak orang salah mengira game DotA pertama untuk Warcraft 3 sebagai MOBA pertama, tapi mereka salah. DotA di Warcraft 3 adalah yang mempopulerkan genre ini, tetapi Aeon of Strife di Starcraft menemukan genre tersebut.

Dalam hal ini, Starcraft yang rilis tahun 1998 silam ini memiliki fitur semacam edit peta atau pembuat peta. Fitur itu memungkinkan para pemainnya untuk membuat peta atau game mereka sendiri.

Starcraft adalah peta custom yang menampilkan 3 jalur dan 8 pahlawan yang dapat dimainkan. Menghancurkan struktur utama musuh adalah tujuan akhir dari game ini. Karena Starcraft tidak memiliki elemen RPG yang sama di dalam mesin, pembuat peta harus berimprovisasi.

Meskipun kekurangan fitur permainan, Aeon of Strife masih berisi semua elemen inti dari MOBA modern, hanya dalam bentuk yang lebih sederhana. Jadi, konsep dari Aeon of Strife ini menjadi awal mula lahirnya game Moba yang kalian mainkan sekarang.

Konsep AoS tersebut akhirnya diadaptasi ke Warcraft 3 dengan fitur sama yang menjadikan pemainnya bisa membuat game atau mod mereka sendiri. Pada tahun 2022, muncul seseorang yang menciptakan sebuah mod dengan nama Defense of The Ancients atau Dota.

Jika di Aeon memakai AI untuk mengendalikan musuh, di Dota kalian bisa melawan musuh yang dikendalikan langsung oleh peman lain. Selain itu, ada elemen lain seperti item, minion, dan pastinya butuh kerjasama tim dalam memainkan Dota. 

Baca juga: Onmyoji Game MOBA Bernuansa Jepang

Perkembangan Game Moba

Game Moba Pertama di Dunia
Game Moba (Sumber: Steam)

Seiring berjalannya waktu, Dota jadi game mod yang paling populer sehingga banyak dari pemain Warcraft 3 yang akhirnya memainkan Dota. Komunitas Dota pun mulai muncul dengan situs bernama Dota-Allstars dengan satu juta akun lebih di dalamnya.

Popularitas tersebut akhirnya melahirkan skena esports yang pertama untuk Dota dengan berbagai turnamen serta hadiah berupa uang tunai. Dengan banyaknya turnamen yang bermunculan, para pemain mulai membuat tim Dota.

Beberapa tahun berselang, Dota perlahan menjelma jadi game yang kompetitif dan jadi pelopor para pembuat game. Mereka mulai menciptakan permainan dengan konsep yang sama yang akhirnya memunculkan genre baru yaitu Moba.

Dari situ, beberapa game Moba mulai rilis beberapa contohnya ada Dota 2 garapan Valve Corporation dan League of Legends. Keduanya terus menanjak popularitasnya di kalangan gamers penjuru dunia.

Meski begitu, developer game tetap tidak berhenti untuk menyaingin popularitas kedua game itu dengan menciptakan saingannya. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan industri esports, developer mulai merambah pasar perangkat mobile dengan game Moba.

Baca juga: Game Moba dengan Grafis Memukau Selain Mobile Legends

Nah, itu dia ulasan mengenai game Moba pertama di dunia yang ternyata berawal dari sebuah mod. Konsep dari mod itulah yang jadi awal mula terciptanya permainan Moba.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!