5 Game Haram MUI Aceh yang Harus Kamu Ketahui

Nama PUBG Lucu

Bermain game mungkin sangat menyenangkan, tapi ada beberapa game haram MUI Aceh yang harus kamu ketahui. Lantas, apa saja game haram MUI Aceh? Cek laman di bawah ini.

Baru-baru ini, ada desas-desus tentang fatwa permainan ilegal di Indonesia. Tentu saja ini menjadi salah satu kabar buruk bagi para pemain. Laporan perjudian ilegal di Indonesia telah bergejolak di masa lalu.

Banyak alasan untuk melarang game ini karena itu dianggap tidak masuk akal. Ketika fatwa dikeluarkan, tidak ada hukuman yang terlibat.

Salah satu Ulama Aceh dan Ketua MPU Aceh Barat Abdurrani Adian mengatakan hukuman untuk permainan ilegal harus ditegakkan. Jadi, apakah game favoritmu masuk dalam daftar game haram MUI Aceh? Ayo, lihat!

Daftar Game Haram MUI Aceh

Saat ini, ada beberapa alasan untuk melarang game ini karena dapat menyebabkan kecanduan, kekalahan diri, dan kesehatan yang buruk.

Bahkan, dianggap sebagai salah satu permainan ilegal yang mirip dengan aksi tembak-menembak di Selandia Baru beberapa tahun lalu. Tentu saja, keluarnya fatwa game haram mui aceh sedikit ‘mengkhawatirkan’ bagi sang pemain. Nama-nama game haram MUI Aceh di Indonesia antara lain adalah sebagai berikut;

PUBG

Game Haram MUI Aceh
Gambar PUBG

Game haram MUI Aceh pertama adalah PUBG Mobile. Game ini sepertinya tidak aneh ya, bro. Bahkan non-players sangat familiar dengan yang namanya game online ini yaitu PUBG.

Game online yang digandrungi hampir semua pemain ini menjadi salah satu daftar game ilegal di Indonesia. Menurut Fatwa MUI, game PUBG ini merupakan game destruktif. 

Banyak orang mengklaim bahwa itu adalah penembak dan mengubah risiko perilaku manusia.

“Kalau kita lihat MUI, kita sebut PUBG dan permainan sejenis lainnya haram karena bisa memancing kekerasan dan mengubah perilaku masyarakat,” kata Faisal Ali. , Wakil Presiden Mpu Aceh, dikutip dari Okezone.com.

Padahal game ini sangat digemari banyak orang. Selain itu, aplikasi untuk versi mobile ini gratis.

Mobile Legends Bang Bang

Game Haram MUI Aceh
Main Mobile Legends

Game haram MUI Aceh yang kedua adalah MLBB. Nah, bukan hanya game PUBG yang populer, namun menurut MUI, game ini termasuk dalam game haram. Game mobile ini adalah tentang pertempuran antar tim untuk mempertahankan komunitas mereka dari serangan musuh.

Tak heran jika game ini menjadi favorit banyak orang, karena setiap bulannya merupakan versi yang “menyenangkan”. Permainan ini dianggap sebagai kekerasan yang dapat ditiru oleh anak-anak yang memainkannya.

Selain itu, Mobile Legends juga diharapkan memicu buang-buang waktu. Pemain Mobile Legends dikatakan bermain berjam-jam setiap hari. Namun sejauh ini, belum ada fatwa dari MUI yang secara tegas melarang permainan ilegal ini.

Free Fire

Game Haram MUI Aceh
Free Fire (Sumber: Medcom.id)

Free Fire juga merupakan salah satu game haram MUI Aceh yang dimainkan di Indonesia. Ini adalah permainan yang mirip dengan PUBG, di mana penembakan terjadi antara tim lawan. Kekerasan dalam game ini dikatakan mempengaruhi kelompok yang melakukan kejahatan.

Selain itu, kasus terorisme Selandia Baru yang dilaporkan pada tahun 2019 terinspirasi oleh game Free Fire. Larangan ini membuat para pecinta Free Fire kesulitan untuk memainkannya. 

Fortnite

Game Haram MUI Aceh
Fortnite

Mari beralih ke game ilegal lainnya, Fortnite merupakan game online yang berdiri sejak tahun 2017. Bahkan sejak dirilis, game ini telah menarik perhatian orang dan mendapatkan popularitas PUBG lho.

Menurut fatwa MUI, justru laga lawan yang mendominasi aksi kekerasan. Banyak adegan kekerasan yang bisa dilihat, seperti penembakan, pembunuhan orang dengan pisau dan adegan pemukulan. Namun, tidak ada pernyataan resmi bahwa game ini dilarang untuk dimainkan.

Fortnite Battle Royale adalah gim online multi pemain masif di mana 100 pemain bersaing satu sama lain di dunia virtual. Permainan ini terinspirasi oleh konsep yang diperkenalkan dalam novel Jepang Battle Royale, di mana orang yang bertahan terakhir dianggap sebagai pemenang.

Pemain dilemparkan ke area acak di dunia virtual, di mana mereka bebas mengatur senjata untuk melindungi diri mereka sendiri. Pemain harus terus bergerak untuk tetap berada dalam permainan. Seperti dalam novel, zona bahaya dapat dilihat di seluruh dunia saat perang berlanjut.

Baca juga: Event Kolaborasi PUBG x Gojek, Hadirkan Skin Ojol!

Modern Strike

Game Haram MUI Aceh
Modern Strike.

Game haram MUI Aceh yang terakhir adalah Modern Strike. Meski tidak sepopuler PUBG atau Free Fire, tampaknya menjadi salah satu game paling populer untuk anak-anak, lho! Modern Strike adalah penembak di mana tentara dan unit musuh bermain.

Terjadi penembakan dan penembakan brutal, yang merupakan daftar lain dari permainan ilegal di Indonesia. Game ini mengontrol pemain untuk menembak kepalanya ke arah tim lawan. Ini adalah tindakan menembak musuh di kepala untuk dengan cepat menghilangkan perlawanan terhadap perang.

Konsep pemogokan game online modern ini sangat mirip dengan game Sniper Fury, dimana Anda berperan sebagai penembak jitu profesional dengan tugas melenyapkan teroris.

Game yang dibuat oleh developer pemula bernama Game Development ini merupakan game FPS menarik yang tidak kalah dengan kompetitornya. Dari segi gameplay dan grafis, Modern Strike Online dapat dibandingkan dengan game lain, seperti Modern Combat 5.

Baca juga: 10 Game PS1 Paling Seru dan Populer, Yuk Nostalgia Dulu

Nah, ini hanya beberapa daftar permainan yang dikatakan sebagai bagian dari game haram MUI Aceh di Indonesia. Apakah larangan ini dibenarkan dalam menerima alasannya? Share kolom komentar ini ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!