Cara Investasi Bitcoin Agar Tidak Boncos

Cara Investasi Bitcoin

Cari tahu bagaimana cara investasi bitcoin dalam mata uang virtual paling populer hari ini. Jangan sembarangan melakukan investasi tanpa tahu caranya, kamu bisa boncos kalau asal main saja.

Bitcoin adalah banyak hal bagi banyak orang dan menjadi masa depan mata uang. Inovasi digital paling cemerlang sejak internet. Tetapi bagi investor yang jeli, bitcoin adalah satu hal di atas segalanya: aset berkinerja terbaik dalam dekade terakhir.

Cara investasi bitcoin agar tidak boncos adalah tahu bahwa BTC sangat fluktuatif. Ya, bitcoin (BTC) telah jauh dan secara objektif mengungguli saham, tetapi puncak dan lembahnya lebih ekstrem.

Jika kamu membeli beberapa bitcoin pada akhir 2017, misalnya, dan terpaksa menjual selama pandemi, kamu akan kehilangan hingga 60 persen dari investasimu.

Apakah itu berarti cara investasi bitcoin adalah investasi yang buruk? Belum tentu, hanya yang mudah berubah yang hanya ada di sudut paling berisiko dari portofoliomu.

Nah, agar kamu tidak rugi, VCGamers sudah merangkum beberapa metode atau cara investasi bitcoin dengan benar. Langsung saja scroll ke bawah!

Cara Investasi Bitcoin Untuk Pemula

Kamu pasti sangat tertarik dengan BTC ini karena memberikan keuntungan yang besar. Mari simak langkah-langkah cara investasi bitcoin yang benar di bawah ini.

Pilih Crypto Exchange atau Platform Terbaik

Cara Investasi Bitcoin
FTX

Cara investasi bitcoin pertama tentu saja adalah memilih tempat untuk membeli crypto. Seperti USD, bitcoin tetap sama di mana pun kamu “menarik”nya. Oleh karena itu, pertimbangan utama adalah keamanan, kenyamanan, dan biaya.

Ada beberapa wallet atau platform jual beli crypto terbaik. Salah satu yang resmi di Indonesia adalah Pintu Indodax dan Toko Crypto. Namun, lebih banyak investor mulai di Binance.

Binance merupakan pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia berdasarkan volume. Meskipun mungkin tidak memiliki semua fitur dan altcoin (crypto non-bitcoin) dari induk internasionalnya.

Keuntungan utama platform ini adalah biayanya yang rendah, hanya 0,5 persen untuk pembelian dan penjualan instan. Kamu dapat menurunkan biaya lebih banyak lagi jika kamu menggunakan kripto milik Binance, BNB, untuk menutupi biaya tersebut.

Binance juga merupakan pertukaran yang sangat baik bagi pemula untuk berkembang. Mereka menawarkan opsi dasbor sederhana dan lanjutan serta pilihan altcoin yang lebih banyak daripada Coinbase.

Kelemahan menggunakan Binance.US adalah bahwa platform saat ini menarik pengawasan peraturan. Itu tidak biasa untuk pertukaran crypto tetapi tetap saja itu adalah sesuatu yang harus diperhatikan.

Hubungkan Rekening Bank ke Exchange

Cara Investasi Bitcoin
Coinbase

Cara investasi bitcoin yang kedua cukup mudah. Pada titik tertentu, wallet kripto yang kamu pilih akan meminta untuk menghubungkan rekening bank sebagai metode pembayaran utama. Berikan rekening bank dan nomor perutean dan kamu siap melakukannya.

Sebagian besar bank memperlakukan pembelian crypto seperti uang muka. Oleh karena itu, bank akan segera membebankan biaya uang muka sebesar 3 persen hingga 5 persen dari jumlah pembelian. Hal ini juga tidak akan memberi masa tenggang, yang berarti kamu akan segera mengumpulkan bunga tinggi pada pembelian kripto.

Tetapi bank tidak keberatan mentransfer uang dari rekening bank ke bursa. Jadi, jika kamu berharap bahwa cara investasi bitcoin akan gratis, sepertinya tidak.

Beli BTC

Cara Investasi Bitcoin
BTC
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

 

Sekarang setelah kamu mendaftar untuk sebuah akun dan melampirkan rekening bank, akhirnya tiba saatnya untuk membeli beberapa bitcoin.

Di sebagian besar bursa, kamu tidak akan pernah lebih dari satu atau dua klik untuk membeli bitcoin. Klik tombol Beli/Jual dan kamu akan memiliki aste BTC. Banyak investor masih lebih suka dompet dingin karena masalah keamanan. 

Hingga saat ini, beberapa miliar dolar kripto telah dicuri oleh peretas yang mencuri kunci pribadi. Dan karena kepemilikan crypto tidak diasuransikan, para korban sebagian besar kurang beruntung.

Bursa utama telah meningkatkan keamanan dan membeli asuransi swasta, tetapi banyak pedagang berpengalaman masih belum yakin. Jadi, kamu harus bisa menjadi betul aset yang sudah kamu beli.

Read also: Bitcoin Turun? Jangan Takut, Ini 5 Cara Untuk Menghadapinya!

Kelola Investasi Bitcoin yang Sudah Dibeli

Cara Investasi Bitcoin
Crypto Illustration

Cara investasi bitcoin terakhir adalah mengetahui kapan harus membeli, menjual, atau hold. Karena tidak ada ide yang lebih baik, tidak ada yang salah dengan strategi beli dan tahan.

Mengatur waktu pasar saham itu rumit, dan sebagai perbandingan, perilaku bitcoin kurang dapat diprediksi. Jadi “mengatur waktu” perdagangan bitcoin dengan tepat bisa sangat sulit, bahkan pelajaran yang sia-sia.

Kamu mungkin hanya ingin menahan sampai kamu perlu menjual untuk pembelian tunai dalam jumlah besar, seperti uang muka rumah atau tagihan darurat.

Proses membeli bitcoin tidak pernah semudah ini secara teknis, tetapi kamu masih memiliki keputusan penting yang harus diambil di sepanjang jalan. Apakah kamu berinvestasi dalam bitcoin itu sendiri atau ikut-ikutan? Wallet mana yang kamu pilih? Di mana kamu harus menyimpan aset?

Read also: Harga Bitcoin Bisa Capai ATH Kembali Dengan Alasan Ini!

Namun semoga panduan cara investasi bitcoin ini telah membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan membantu kamu memahami cara investasi bitcoin sehingga kamu dapat berinvestasi tidak hanya secara efisien, tetapi juga dengan aman dan cerdas.

Add a comment