Apa Itu NFT Crypto? Begini Penjelasan Lengkapnya

Apabila kamu masih pemula di dunia cryptocurrency, pasti kamu akan bertanya apa itu nft crypto? Nah, VCGamers sudah menyediakan penjelasan lengkapnya pada artikel ini.

Non-fungible tokens (NFT) tampaknya ada di mana-mana akhir-akhir ini. Dari seni dan musik, aset digital ini dijual seperti tulip Belanda eksotis abad ke-17. Beberapa diantaranya seharga jutaan dolar. Lalu, Apa itu nft crypto? Kenapa sangat mahal?

Tetapi apakah NFT sepadan dengan harganya yang mahal? Beberapa ahli mengatakan mereka adalah gelembung yang siap meletus, seperti emas yang menggila atau Beanie Babies. Yang lain percaya NFT akan tetap ada, dan mereka akan mengubah investasi selamanya.

Apa Itu NFT Crypto?

Apa Itu NFT Crypto
Game Play to Earn Android

Apa itu nft crypto menjadi pertanyaan awam dan pemula yang baru terjun di dunia crypto. NFT adalah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game, dan video.

Mereka dibeli dan dijual secara online, seringkali dengan cryptocurrency, dan mereka umumnya dikodekan dengan perangkat lunak dasar yang sama dengan banyak cryptos.

Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT sekarang menjadi terkenal karena menjadi cara yang semakin populer untuk membeli dan menjual karya seni digital. Pasar untuk NFT bernilai mengejutkan $41 miliar pada tahun 2021 saja, jumlah yang mendekati nilai total seluruh pasar seni rupa global.

NFT juga umumnya satu dari jenis, atau setidaknya salah satu dari proses yang sangat terbatas, dan memiliki kode pengenal yang unik. “Pada dasarnya, NFT menciptakan kelangkaan digital,” kata Arry Yu, ketua Dewan Asosiasi Industri Teknologi Washington Cascadia Blockchain dan direktur pelaksana Yellow Umbrella Ventures.

Hal ini sangat kontras dengan kebanyakan kreasi digital, yang hampir selalu tak terbatas dalam persediaan. Secara hipotetis, memotong pasokan harus meningkatkan nilai aset tertentu, dengan asumsi itu dalam permintaan.

Tetapi banyak NFT, setidaknya di masa-masa awal ini, telah menjadi kreasi digital yang sudah ada dalam beberapa bentuk di tempat lain, seperti klip video ikonik dari game NBA atau versi seni digital yang disekuritisasi yang sudah beredar di Instagram.

Seniman digital terkenal Mike Winkelmann, lebih dikenal sebagai “Beeple,” membuat gabungan 5.000 gambar harian untuk menciptakan NFT paling terkenal tahun 2021, “EVERYDAYS: The First 5000 Days,” yang terjual di Christie’s dengan memecahkan rekor $69,3 juta .

Siapa pun dapat melihat gambar satu per satu atau bahkan seluruh kolase gambar secara online secara gratis. Jadi mengapa orang rela menghabiskan jutaan dolar untuk sesuatu yang dapat mereka screenshot atau diunduh dengan mudah?

Karena NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli. Tidak hanya itu, ini berisi otentikasi bawaan, yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan. Kolektor menghargai “hak membual digital” itu hampir lebih dari barang itu sendiri.

Perbedaan NFT dan Cryptocurrency

Apa Itu NFT Crypto
IG NFT

NFT adalah singkatan dari non-fungible token. Hal ini umumnya dibangun menggunakan jenis pemrograman yang sama dengan cryptocurrency, seperti Bitcoin atau Ethereum, tetapi di situlah kesamaannya berakhir.

Uang fisik dan cryptocurrency adalah “sepadan”, artinya mereka dapat diperdagangkan atau ditukar satu sama lain. Mereka juga sama nilainya—satu dolar selalu bernilai satu dolar lainnya; satu Bitcoin selalu sama dengan Bitcoin lainnya. Fungibility Crypto menjadikannya sarana terpercaya untuk melakukan transaksi di blockchain.

NFT berbeda. Masing-masing memiliki tanda tangan digital yang membuat NFT tidak mungkin dipertukarkan atau sama dengan satu sama lain (karenanya, tidak dapat dipertukarkan).

Satu klip NBA Top Shot, misalnya, tidak sama dengan SETIAP HARI hanya karena keduanya NFT. (Satu klip NBA Top Shot bahkan belum tentu sama dengan klip NBA Top Shot lainnya).

Baca juga: Kontroversi Ubisoft Luncurkan NFT, Pertanda Baik Atau Buruk?

Untuk Apa NFT?

Apa Itu NFT Crypto
Ubisoft

Teknologi Blockchain dan NFT memberi seniman dan pembuat konten peluang unik untuk memonetisasi barang dagangan mereka. Misalnya, seniman tidak lagi harus bergantung pada galeri atau balai lelang untuk menjual karya seninya.

Sebaliknya, artis dapat menjualnya langsung ke konsumen sebagai NFT, yang juga memungkinkan mereka menyimpan lebih banyak keuntungan.

Selain itu, seniman dapat memprogram dalam royalti sehingga mereka akan menerima persentase penjualan setiap kali karya seni mereka dijual ke pemilik baru. Ini adalah fitur yang menarik karena seniman umumnya tidak menerima hasil di masa depan setelah karya seni mereka pertama kali dijual.

Seni bukan satu-satunya cara untuk menghasilkan uang dengan NFT. Merek seperti Charmin dan Taco Bell telah melelang seni NFT bertema untuk mengumpulkan dana untuk amal.

Charmin menjuluki penawarannya “NFTP” (kertas toilet yang tidak dapat dipertukarkan), dan seni NFT Taco Bell terjual habis dalam hitungan menit, dengan tawaran tertinggi datang pada 1,5 eter terbungkus (WETH) sama dengan $3.723,83 pada saat penulisan.

Nyan Cat, GIF kucing era 2011 dengan tubuh pop-tart, terjual hampir $600.000 pada bulan Februari. Dan NBA Top Shot menghasilkan lebih dari $500 juta dalam penjualan pada akhir Maret. Sorotan LeBron James tunggal NFT terjual lebih dari $200.000.

Bahkan selebritas seperti Snoop Dogg dan Lindsay Lohan ikut-ikutan ikut-ikutan NFT, merilis kenangan unik, karya seni, dan momen sebagai NFT yang disekuritisasi.

Baca juga: Instagram Mulai Uji Coba Penerapan NFT Minggu Ini

Jadi, jika kamu masih bertanya tentang apa itu nft crypto? Maka jawabannya adalah aset masa depan yang sangat bernilai dan tidak bisa di copy paste dengan mudah. 

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!