7 Tips Menjaga Battery Health HP Kamu – Stop Kebiasaan ini!

battery health

Hai Vicigers! Gimana kabar kalian? Semoga selalu sehat ya di masa pandemi seperti sekarang ini. Kali ini, kita mau ngasih tau kamu beberapa tips jitu untuk menjaga kondisi battery health kamu. Langsung aja yuk kita bahas.

4 Tips Jitu Menjaga Battery Health Smartphone

  • Hindari menggunakan HP sampai baterai benar-benar habis 0%

baterai habis
Hindari kebiasaan memakai HP sampai baterai 0%

Sebagian besar dari kamu pasti punya kebiasaan jelek ini. Malas mengisi daya smartphone, hingga akhirnya baterai sudah habis 0%. Ini sebenarnya kebiasaan yang sangat jelek karena dapat memperpendek umur atau memperburuk battery health HP kamu.

Hindari kebiasaan ini, jika kamu ingin baterai HP kamu awet hingga hitungan tahun. Kenyataannya battery health HP memang akan menurun selama kamu menggunakannya dalam jangka waktu panjang. Namun, apabila kamu teliti tentang bagaimana cara kamu mengisi daya baterai HP, kita jamin hal ini dapat menjaga battery health kamu tetap prima.

  • Hindari mengisi daya saat HP dalam keadaan panas berlebih

HP panas
Suhu panas merupakan musuh bebuyutan baterai

Pernah ga sih, HP kamu tiba-tiba panas lalu malah membuat baterai jadi cepat habis atau malah membuat persentase baterai HP kamu stagnan/turun padahal sedang di charge. Hal ini sebenarnya banyak penyebabnya. Beberapa diantara disebabkan oleh:

  1. HP tidak mendapatkan signal atau signal jelek, sehingga operator selular terus menerus berusaha mencari signal;
  2. Tidak ada sirkulasi udara yang cukup saat HP sedang mengisi daya;
  3. Sistem crash pada HP juga dapat membuat HP menjadi panas;
  4. Kepala charger/powerbank kamu memiliki daya yang tidak sesuai atau abal-abal;
  5. Melakukan aktifitas berat, seperti bermain game atau menonton film saat pengisian daya, dll.

Kita saranin kamu menghindari semua poin-poin di atas. Misal, ketika kamu tidak mendapatkan signal, lebih baik kamu mengaktifkan mode airplane agar baterai kamu tidak boros dan tidak panas. Lalu apabila kamu tetap memaksakan mengisi daya, walaupun HP sedang dalam kondisi panas berlebih. Berarti kamu siap menerima konsekuensi, kalau dalam waktu dekat battery health kamu akan cepat menurun.

  • Gunakan kepala charger bawaan/aftermarket yang sesuai

kepala charger aukey QC 3.0
Kepala charger aftermarket Aukey dengan QC 3.0 (PA-T9)

Kita yakin bahwa banyak dari kamu, setelah membeli HP, kepala charger bawaannya malah tidak dipakai. Alih-alih agar menjaga harga jual tetap tinggi, bila kamu sudah bosan menggunakan HP tersebut. Tapi kamu malah tidak teliti dalam memilih kepala charger aftermarket-nya. Benar ga Vicigers?

Banyak banget nih rekomendasi kepala charger dari yang mahal sampai yang murah tapi ga murahan. Biar kamu ga salah pilih brand saat membeli. Beberapa brand terkenal yang produk kepala chargernya bisa jadi andalan kamu, adalah sebagai berikut:

  1. Aukey;
  2. Anker;
  3. Acmic;
  4. Baseus;
  5. Robot, dll.

Pilih saja merk mana yang cocok buat kamu, jangan lupa disesuaikan dengan daya yang bisa diterima oleh HP kamu, jangan sampai kelebihan atau kekurangan. Walaupun biasanya kalau kelebihan sih gapapa, apalagi dituliskan di keterangan sudah mendukung Quick Charge by Qualcomm. Soalnya kepala charger dari brand-brand terkenal seperti di atas pasti sudah menyematkan smart IC di kepala chargernya, agar dapat menyesuaikan daya yang keluar untuk diterima oleh HP yang terhubung. Sehingga tidak membuat HP kamu menerima kelebihan daya. Hal ini juga berlaku untuk powerbank ya!

  • Gunakan stop kontak timer untuk menjaga battery health kamu

stop kontak timer gao
Stop kontak timer dapat membantu kamu menjaga battery health kamu tetap prima

Khusus buat kamu yang sering tinggal tidur HP padahal sedang dalam posisi pengisian daya. Sebaiknya kamu langsung membeli produk ini. Murah, tidak sampai 100ribu rupiah, kamu sudah bisa mendapatkan stop kontak timer merk terkenal seperti GAO. Jika kamu ingin stop kontak timer yang terlihat lebih kekinian, kamu bisa memilih yang versi digital dengan harga ga lebih dari 150ribu.

Kita sih menyarankan kamu membeli merk GAO ini, karena kita sudah membuktikan sendiri kualitasnya. Kamu bisa mendapatkan produk stop kontak timer ini di marketplace/ecommerce kesayangan kamu. Atau kamu dapat membelinya offline di gerai Ace Hardware seluruh indonesia.

Fungsi dari stop kontak timer ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memutus arus listrik apabila telah lebih dari waktu yang ditentukan. Sebelumnya agar lebih akurat, kamu dapat riset sendiri berapa waktu yang dibutuhkan HP kamu agar dapat terisi daya secara penuh. Lalu kamu tinggal set timer-nya di stop kontak ini.

Sekian dulu ya, tips dari kita. Semoga membantu.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!