3 Video Game PC Jadul Terbaik Sepanjang Masa!

Ketika kita bicara mengenai industri video game, pasti kita tahu bahwa ratusan video game PC populer diterbitkan setiap tahun dan dibeli atau diunduh oleh ribuan hingga jutaan pemain di seluruh dunia, ‘kan? Faktanya, banyak game yang diterbitkan pada tahun 2000-an yang ternyata masih dimainkan oleh banyak sekali pemain di seluruh dunia. Penasaran ‘kan, apa saja game jadul (zaman dahulu) tersebut?

1. Counter-Strike 1.6

Oke, kalau sudah membahas soal game action shooter, siapa sih yang nggak kenal dengan seri game Counter-Strike yang populer. Sejak rilis resmi pertamanya pada tahun 2003, Counter-Strike 1.6 (dikenal sebagai CS 1.6) telah mendapatkan banyak sekali pujian di kalangan banyak penikmat game PC di seluruh dunia.

Hingga saat ini, Counter-Strike 1.6 faktanya masih banyak dimainkan setiap hari oleh para penggemarnya di seluruh dunia. Nah, dulu mungkin para penikmat game dan pengguna sangat akrab dengan keberadaan windows xp seperti begini. Sampai seorang pengguna facebook pun iseng bikin video nostalgia dengan game bersejarah ini. Wah, siapa nih yang merasa jiwa-jiwa ke-jadul-annya meronta? Hehehehe

Faktanya, game ini telah mendapatkan hadiah “Game terbaik dalam sejarah” dan menduduki peringkat 1 teratas game PC yang paling sering dimainkan selama bertahun-tahun. Namun, dengan dirilisnya versi game Counter-Strike Global Offensive atau yang akrab disebut CS : GO pada tahun 2012, Valve-nya lebih fokus pada versi ini, mengurangi jumlah pembaruan dan peningkatan untuk versi 1.6.

Dengan kemampuan untuk menambahkan add-ons dan plugin custom, dan dengan bantuan AmxModX dan Metamod, pemilik server sekarang dapat meningkatkan game dengan cara mereka, membuat banyak mode game custom di dalam game dan menjadikannya layak untuk dimainkan bahkan hingga hari ini yang terus mendapatkan sejumlah besar server dan pemain baru dari waktu ke waktu.

Banyak pemain lebih memilih mode lama dan gameplay sederhana dari game ini, menjadikannya game “abadi” dari waktu ke waktu. Kalau sekarang sih, dengan adanya perkembangan teknologi yang kian canggih, CS : GO bahkan sekarang dipergunakan di banyak PC yang ber-windows 10.

2. Garry’s Mod

Game sukses lainnya yang sukses menduduki posisi ke-2, ada Garry’s Mod sebagai salah satu game PC terlama dan teratas yang dimainkan bahkan hingga saat ini, lho guys! Garry’s Mod dirilis pada tahun 2004 sebagai salah satu game manipulatif terbaik sejak tanggal itu.

Nah, dalam permainan ini sebetulnya tidak ada tujuan tuh utama yang ditetapkan, pemain hanya ditugaskan untuk muncul ke dalam dunia yang bebas untuk memanipulasi objek masuk. Bahkan jika ada beberapa mode permainan lain seperti Trouble in Terrorist Town, mereka dikembangkan hanya sebagai mod dan dipasangkan secara terpisah.

Sama seperti game CS 1.6 dan sebagian besar game Valve lainnya, Garry’s Mod dapat dikustomisasi dan dimodifikasi dengan mengembangkan skrip game dengan bahasa pemrograman Lua. Dan dengan cara yang sama, banyak pengembang server game telah mampu membuat banyak mod yang dibuat khusus sehingga game ini layak untuk dimainkan bahkan hingga hari ini!

3. Grand Theft Auto San Andreas

Grand Theft Auto (dikenal sebagai GTA) San Andreas adalah salah satu yang paling populer dan dimainkan dalam seri game game GTA. Game ini dirilis kembali pada tahun 2004 oleh Rockstar Games, dengan cepat mencapai salah satu game terbaik di dunia.

Secara visualisasi, memang banyak yang berubah dari game ini terutama resolusi dan kejernihan objek yang ditampilkan. Bahkan termasuk dengan beberapa karakter yang memainkan peran di dalamnya juga diceritakan agak sedikit berubah, seperti CJ yang tempo waktu sempat menghilang di peradaban game ini dan sekarang tampil agak lebih tirus, hehehe.

GTA adalah game di dunia terbuka, game penuh aksi dan petualangan di mana para penikmatnya dapat melakukan banyak misi atau hanya bermain bebas dengan merampok mobil, bersaing dengan polisi dan bahkan membuat keributan dengan geng, juga mengenai kesehatan dan keterampilan sosial.

Saking terkenal dan bersejarahnya game ini, usut punya usut, banyak penggemar yang rela sampai bikin video mengenai bagaimana cara jalan perempuan-perempuan yang ada di dalam game tersebut. Mereka memvisualisasikan perbandingan cara jalan orang yang normal dan keanehan apa yang ada di dalam game PC satu ini. Hahaha, ada-ada saja ya!

Nah, itu tadi tiga game PC yang masih sangat digemari hingga saat ini. Sebelumnya, jangan lupa ya, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, komunitas gamers terbesar di Indonesia.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!