Empat Alasan Mengapa Gamer Membutuhkan VPN

Para gamer sangat dianjurkan menggunakan VPN saat bermain game, karena hal ini bisa mencegah terjadinya cyber crime.
VPN Gamer
VPN Gamer. Source: Pexels.com

Meskipun game online menawarkan hiburan bagi banyak orang, ternyata banyak masalah keamanan dan performa dapat muncul saat bermain game. VPN menghilangkan beberapa tantangan ini dengan mengenkripsi koneksi internet para gamer dan menyembunyikan alamat IP mereka.

Berikut ini adalah alasan mengapa setiap gamer perlu mempertimbangkan untuk menggunakan VPN.

Baca juga: 7 Rekomendasi Free VPN Proxy Video Terbaik

Mengakses Konten yang Dibatasi Secara Geografis

VPN Gamer
Mengakses Konten yang Dibatasi Secara Geografis. Source: Pexels.com

Memanfaatkan VPN terbaik memastikan kamu untuk mengatasi pembatasan geografis yang ditetapkan oleh developer atau publisher game di wilayah tertentu.

Banyak gamer terhambat oleh fakta bahwa beberapa game mungkin hanya tersedia di wilayah tertentu, termasuk wilayah mereka, karena perjanjian lisensi dan persyaratan hukum. Bergantung pada isi perjanjian, sebuah game mungkin tidak dapat diakses secara legal di wilayah tertentu.

Selain itu, peraturan suatu negara dapat memicu penyensoran jika game tersebut tidak sesuai dengan standar lokal. Misalnya, PUBG Mobile dilarang di China karena tidak mematuhi hukum negara tentang kekerasan.

Terkadang, developer game dapat merilis berbagai versi game. Jika kamu ingin memainkan game yang memiliki berbagai versi dengan temanmu di negara lain, hal ini bisa jadi tidak mungkin karena kamu tidak memiliki akses ke server yang sama.

Terkadang, publisher game dapat merilis sebuah judul di wilayah tertentu sebelum memberikan akses ke seluruh dunia. 

Misalnya, sebuah game mungkin diluncurkan di Amerika Utara sebelum di Eropa atau Asia. Alasan utama untuk hal ini adalah karena game dilokalkan untuk berbagai wilayah untuk memberikan dukungan bahasa dan konten budaya. Hal ini dapat menyebabkan penundaan dalam peluncuran judul game untuk area tertentu.

Ketika kamu menggunakan VPN untuk bermain game, maka kamu dapat menyambungkan ke server di wilayah tertentu di mana versi game tersedia untuk mengatasi pembatasan geografis yang diberlakukan oleh penerbit game. Dalam kasus developer game merilis versi yang berbeda, kamu dapat menyambung ke server VPN di wilayah temanmu untuk mengakses server yang sama dengan mereka.

Baca juga: Rekomendasi 3 VPN Free Trial Terbaik

Keamanan dan Privasi yang Ditingkatkan

Free VPN Trial
Keamanan dan Privasi yang Ditingkatkan. Source: Jawa Pos

VPN meningkatkan pengalaman bermain game dengan melindungi para gamer dari beberapa peretasan, salah satunya adalah serangan Distributed Denial of Service (DDoS).

Serangan DDoS adalah upaya jahat untuk mengacaukan aliran lalu lintas internet ke server atau jaringan tertentu dengan mengirimkan lalu lintas dalam jumlah besar ke arah target. 

Dasar dari serangan DDoS adalah ketika penjahat siber mulai menginfeksi banyak perangkat dengan malware untuk membuat botnet. Hacker dapat memanipulasi perangkat-perangkat ini kapan saja tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Setelah hacker mengunci target, mereka menginstruksikan botnet untuk membanjiri alamat IP target dengan sejumlah besar paket data, seperti permintaan HTTP atau paket TCP/UDP.

Volume lalu lintas yang sangat besar ini dapat memperlambat kinerja target atau bahkan menyebabkan layanan tidak dapat dijangkau oleh pengguna yang sah.

Para gamer sangat rentan terhadap serangan DDoS karena, selama bermain game multiplayer online, alamat IP pemain dapat dengan mudah terekspos ke pemain lain melalui koneksi peer-to-peer, obrolan suara dalam game, atau alat pihak ketiga yang tidak berfokus pada proteksi informasi IP.

Ketika kamu memainkan game yang menggunakan arsitektur P2P untuk menghubungkan beberapa pemain, ada koneksi langsung di antara perangkatmu, bukan server pusat. Koneksi langsung ini mengharuskan kedua perangkat untuk mengetahui alamat IP mereka.

Sama seperti koneksi P2P, obrolan suara dalam game yang memanfaatkan teknologi Voice over IP (VoIP) membutuhkan koneksi langsung antara perangkat pemain untuk mengurangi latensi. Alat pihak ketiga seperti peluncur game dan mod mungkin tidak dilengkapi dengan langkah-langkah keamanan yang memadai.

Gamer membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil untuk terlibat dalam permainan. Serangan DDoS dapat memicu kelambatan dan pemutusan koneksi yang signifikan, memastikan pemain menjadi frustasi dan meninggalkan sesi permainan.

Gamer yang menggunakan layanan VPN berkualitas apa pun akan terlindungi karena software menyembunyikan alamat IP yang sebenarnya di balik alamat IP server VPN. Bahkan jika ada serangan DDoS, serangan itu akan diarahkan ke server VPN dan bukan ke jaringan pribadi pemain.

Di luar dari mencegah penyerang, privasi adalah alasan lain untuk menggunakan VPN. Kamu tidak perlu khawatir tentang detail kartu kredit diambil ketika data dibagikan melalui internet.

Baca juga: Rekomendasi VPN PC Terbaik di Tahun 2024

Mengurangi Latensi dan Meningkatkan Ping

game online ringan
Meningkatkan Ping. Source: VCGamers

Beberapa layanan VPN menyediakan server khusus untuk bermain game. Server-server ini bisa beroperasi dalam koneksi berkecepatan tinggi, yang mengurangi kemungkinan kelambatan game. 

Server ini juga biasanya memiliki lebih sedikit pengguna daripada server VPN biasa, yang berarti para gamer menikmati koneksi yang lebih stabil.

Ketika kamu tersambung ke server gamer tanpa VPN, lalu lintas kamu melewati serangkaian titik atau ‘hop’ di Internet sebelum sampai ke server game. Setiap lompatan mewakili sedikit penundaan, yang dapat meningkatkan latensi.

VPN dilengkapi dengan algoritma perutean canggih yang berulang kali memeriksa jarak dan waktu respons server untuk menentukan rute terbaik untuk data. Setelah VPN menemukan rute langsung, data kamu harus melewati lebih sedikit lompatan, yang berarti lebih sedikit penundaan dan latensi yang lebih rendah.

Hasilnya, setiap tindakan yang kamu lakukan saat bermain game yang menggunakan data yang dialihkan menjadi lebih cepat terdaftar dalam game, menghasilkan pengalaman bermain game yang lebih lancar.

Ketika latensi berada pada titik terendah, ping menjadi lebih baik. Ping adalah waktu dalam milidetik yang dibutuhkan data untuk bergerak dari perangkat ke server game dan sebaliknya. 

Hal ini sangat penting untuk game FPS di mana taruhannya sangat tinggi dan setiap milidetik sangat berarti. Dalam jenis permainan ini, keputusan sepersekian detik dapat menentukan kemenangan atau kekalahan.

Misalnya, melakukan headshot yang akurat atau merespons aksi lawan secara instan bergantung pada kecepatan internet. Ketika kamu memiliki ping yang lebih rendah daripada lawan, kamu dapat bereaksi terhadap peristiwa dalam game dengan lebih cepat, sehingga memberimu keunggulan dalam lingkungan yang serba cepat dan kompetitif.

Baca juga: VPN Mobile Legends Anti Banned, Aman dan Stabil

Menghindari Pembatasan Bandwidth

Keuntungan Menggunakan Blockaway
Menghindari Pembatasan Bandwidth. Source: Pexels.com

Penyedia Layanan Internet (ISP) kadang-kadang membatasi bandwidth selama periode ketika beberapa pengguna internet sedang online.

Perlambatan bandwidth berarti ISP memperlambat kecepatan internet untuk penggunaan tertentu seperti bermain game atau streaming video. 

Biasanya, ISP hadir dengan kapasitas jaringan yang terbatas, dan terkadang, ketika terlalu banyak pengguna internet yang online, permintaan bandwidth melebihi sumber daya yang tersedia.

Dengan memprioritaskan lalu lintas internet seperti streaming video, siapapun yang menggunakan jaringan untuk alasan lain dapat terhambat dengan kecepatan internet yang lambat.

Beberapa wilayah juga mengharuskan ISP untuk mengelola lalu lintas jaringan untuk memastikan akses yang adil bagi semua pengguna. ISP ini harus menggunakan perlambatan untuk mematuhi peraturan ini sambil menjaga stabilitas jaringan.

Jika kamu seorang gamer, perlambatan bandwidth berdampak negatif pada kamu dengan meningkatkan latensi, sehingga membuat ping menjadi lebih buruk. Akibatnya, kamu mengalami penundaan dan terputusnya koneksi saat memainkan game multiplayer online.

Ketika kamu berlangganan layanan VPN, lalu lintas internet akan dienkripsi, menyembunyikan aktivitas online kamu dari ISP. Ketika ISP kamu tidak dapat mengetahui apa yang kamu lakukan saat online, ISP tidak akan dapat memanipulasi lalu lintasmu.

Baca juga: DuckDuckGo Blue Proxy: Solusi Browsing Aman Tanpa Dilacak

Kesimpulan

Siapa pun yang terlibat dalam permainan game online pasti mengharapkan pengalaman bermain game yang positif. 

Namun, kenyataannya berbeda karena para gamer bisa mengalami serangan Distributed Denial of Service (DDoS), pelanggaran privasi, latensi tinggi, dan pembatasan geografis. 

VPN datang untuk menyelamatkan dengan menyediakan solusi satu solusi untuk semua masalah ini karena mengenkripsi data online untuk meningkatkan privasi, menyediakan server untuk mengurangi latensi, dan menggunakan penyembunyian alamat IP untuk mencegah pembatasan geografis.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!