2021 Microsoft Rilis Edge Browser Versi Android Untuk Menyaingi Chrome

edge browser

Bagi siapa pun yang mencari browser web yang berbeda untuk Android, Microsoft memiliki penawaran baru yang mengejutkan. Ya benar! Edge browser hadir dalam versi Android!

Meskipun bagi banyak orang agak mengherankan bahwa Microsoft membutuhkan waktu lama untuk memproduksi Edge browser versi Android, versi browser ini rilis mendadak, tanpa build, bisa dibilang lebih mencengangkan.

Tapi justru inilah yang terjadi. Tiba-tiba, versi pratinjau Microsoft Edge telah muncul di Google Play, memberi pengguna Android opsi baru untuk menjelajahi web.

Bagi siapa saja yang telah menginvestasikan waktu dan tenaga untuk beralih dari Internet Explorer atau Edge lama ke versi Edge berbasis Chromium di Windows 10, kedatangan versi Android adalah berita bagus untuk tetap berada di ekosistem saat beralih ke smartphone.

Fungsi browser sebagian besar hadir seperti yang kalian harapkan, dan memungkinkan untuk menyinkronkan data penjelajahan antar perangkat. Hal ini dapat diartikan bahwa nantinya kalian dapat mulai menjelajahi web di PC, dan dengan mudah melanjutkannya pada smartphone.

Fitur lain yang ditemukan dalam versi pertama Edge browser untuk Android ini termasuk terjemahan yang didukung Bing, pencegahan pelacakan, pemfilteran Microsoft Defender Smartscreen dan pilihan antara tema terang dan gelap. Tidak ada informasi saat ini apakah browser ini memiliki dukungan untuk ekstensi browser.

Baca juga: Memori Internal Penuh? Lakukan 7 Langkah Ini Segera!

Pindah ke Edge Browser?

edge browser
Edge Browser for Android

Karena ini adalah versi pratinjau, ada kemungkinan bahwa versi awal Edge untuk Android ini tidak sepenuhnya stabil. Microsoft mencari feedback dari siapa saja yang menginstalnya, baik itu positif/negatif. Microsoft pun mengatakan:

“Ingin menjadi salah satu orang pertama yang mencoba apa yang baru? Microsoft Edge versi pratinjau sekarang tersedia untuk seluler! Ini adalah saluran Microsoft Edge Canary untuk Android. Canary akan dirilis setiap hari agar kamu mendapatkan informasi terbaru tentang progress kami. Fedback adalah hal yang dapat membantu kami untuk meningkatkan kualitas, jadi unduh sekarang dan beri tahu kami pendapat kamu. “

Jika Anda tertarik untuk mencoba Edge untuk Android, Edge tersedia untuk diunduh secara gratis dari Google Play, dan kompatibel dengan Android 5 ke atas.

Jadi gimana Vicigers? Kalian sudah terbiasa dengan Chrome? Berniat untuk pindah haluan ke Edge browser?

Sebenarnya banyak keuntungannya sih, seperti mempermudah sinkronisasi dari Edge versi desktop ke Edge versi mobile di HP kamu.

Tapi memang hal tersebut juga bisa dilakukan Chrome sih, jadi sekarang pilihan sepenuhnya ada di tangan kamu!

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!