Dominance Ice Mobile Legends, Nerf atau Buff?


Dominance Ice Mobile Legends.
Promo Mobile Legends

Pada update Mobile Legends patch 1.7.38, terdapat satu item yang mencolok bernama Dominance Ice.  Banyak yang bilang kalau item ini di-nerf, ada juga yang bilang buff.  Jadi, yang mana yang benar?

Untuk menjawab hal tersebut, penulis akan membahasnya selengkap mungkin.  Berikut adalah penjelasannya

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Dominance Ice MLBB Wajib Dibeli Untuk Semua Tank

Dominance Ice, Item Wajib Para Tank

Dominance Ice Mobile Legends.
Dominance Ice, Item Wajib di Hero Tank. Sumber: VCGamers.

Mobile Legends memiliki puluhan item yang bisa kamu beli.  Namun, setiap item memiliki efek yang berbeda-beda.  Setidaknya, terdapat tiga jenis efek yang ada di item Mobile Legends: Status, Unique Attribute, dan Unique Passive.

Ketiga efek tersebut akan memberikan buff kepada penggunanya ataupun debuff kepada lawan.  Kali ini, penulis akan menjelaskan sebuah item yang memiliki tiga jenis efek tersebut bernama Dominance Ice.

Sesuai judul di atas, Dominance Ice merupakan salah satu item yang wajib dimiliki para Tank.  Jika kamu lihat di bagian Build Hero di Mobile Legends, item tersebut seakan tidak pernah absen untuk dibeli.

Item Dominance Ice. Sumber: VCGamers.

Dominance Ice pada dasarnya dibuat untuk para Tank.  Membeli item ini dapat memberikan status +500 Mana, +70 Physical Defense, dan +5% Movement Speed.

Buff tambahan atau Unique Attribute yang diterima pengguna adalah pengurangan Cooldown 10%.  Sedangkan Unique Passive-nya adalah mengurangi Shield dan HP Regen sebesar 50% dan Attack Speed 30% untuk musuh di sekitarnya.

“Jika di Dota 2, mungkin item ini kurang lebih mirip seperti Shiva’s Guard.”

Karena pasifnya yang menarik dan mengharuskan hero penggunanya dekat dengan musuh, jadilah item ini menjadi item para Tank.

Baca Juga: Item Tank Mobile Legends Terbaik, Gunakan Ini Agar Bisa Victory!

Dampak Yang Meluas

Semakin banyaknya pemain Mobile Legends membuat banyak sekali build menarik atau META (Most Effective Tactics Available).  Bicara soal META, bukan hanya heroes saja yang diperhatikan, tapi juga item.

Penggunaan Dominance Ice menjadi sangat luas.  Tidak jarang item berbentuk gelang ini dipakai oleh role lain selain Tank, seperti Warrior, Support, dan Assassin.  Mereka bukan hanya mengincar status, tapi juga kedua hal uniknya.

Unique Attributenya yang dapat mengurangi Cooldown Skills 10% dinilai sangat bermanfaat bagi Assassin ataupun Warrior.  Mereka bisa mengeluarkan skill lebih cepat 1-3 detik dari biasanya.

Sedangkan Unique Passive-nya ditujukan untuk Tank, Warrior, dan Marksman musuh.  Pengurangan armor sangat merugikan Tank dan Warrior, sedangkan pengurangan attack speed akan merugikan Marksman.

Dengan kedua tambahan unik tersebut, Dominance Ice sering disebut sebagai “barang haram“.

Baca Juga: Build Support Tersakit Floryn MLBB untuk Desember 2022

Update Patch 1.7.38, Dominance Ice Nerf atau Buff?

Dominance Ice Mobile Legends.
Perbedaan Efek Item Dominance Sebelum dan Setelah Update. Sumber: VCGamers.

Pihak Moonton Mobile Legends memberikan kabar di patch 1.7.38 tentang item Dominance Ice.  Pada patch tersebut disebutkan kalau item tersebut akan mendapatkan Adjustment.

Adjustment yang dimaksud adalah menghilangkan Unique Attributes.  Ya, menghilangkan efek Cooldown Reduction 10%.  Sebagai gantinya, debuff Attack Speed yang awalnya 30% menjadi 65%.

Hal tersebut bertujuan agar penggunaan Dominance Ice tidak terlalu melebar.  Sepertinya Moonton ingin item tersebut berfokus pada Tank atau Support saja.

Perpindahan Unique Attributes ke Item Brute Force Breastplate

Moonton sebenarnya telah memperhitungkan dengan matang pembagian unique attribute ke setiap item.  Tapi, karena berkurangnya satu item dengan efek pengurangan cooldown, maka dipindahkan unique attribute tersebut ke Brute Force Breastplate.

Kini, Brute Force Breastplate mendapatkan unique attributes baru berupa pengurangan cooldown 10%.  Namun, tambahan statusnya dikurangi.  Tambahan Max HP yang awalnya 770 menjadi 600, sedangkan Physical Defense yang awalnya 45 menjadi 30.

Baca Juga: Brute Force Breastplate, Murah Tapi Efek Pasifnya Oke Punya!

Jadi, Apakah Itu Nerf atau Buff?

Dari sisi penulis, penulis condong ke arah Buff.  Pasalnya, pengurangan cooldown 10% hanya berlaku untuk penggunanya saja.  Sedangkan pengurangan attack speed itu berlaku untuk seluruh musuh di sekitar pengguna item tersebut.

Dan, jika kamu perhitungkan dengan matang, pengurangan attack speed justru lebih menyakitkan.

Penulis ambil contoh misalkan Miya yang membutuhkan waktu 10 detik untuk menumbangkan Franco.  Tapi saat Franco menggunakan Dominance Ice, serangan Miya melambat 65%.

Itu artinya Miya membutuhkan waktu sekitar 16.5 detik untuk membunuh Franco!  Debuff yang diterima oleh Miya bersifat instant, bisa langsung dirasakan.

Jika dibandingkan dengan ultimate Franco, saat mendapatkan cooldown reduction, ia dapat berkurang 3-4 detik.  Tapi, bukan berarti Franco bisa mengeluarkannya pada saat war yang sama, bukan?

Brute Force Breastplate Menggantikan Posisi Dominance Ice?

Brute Force Menggantikan Dominance. Sumber: VCGamers.

Jawaban singkatnya mungkin, tapi lebih condong tidak.  Jikalau pun menggantikan posisinya, ia akan tetap berada di item Tank.

Alasannya karena Dominance Ice memiliki Unique Passive yang memang cocok disandingkan dengan para Tank.  Brute Force Breastplate juga memang item Tank, tapi sepertinya tidak akan terlalu efektif digunakan oleh role selain Tank.

Physical Defense-nya tidak sebesar Dominance Ice.  Ia juga hanya menambahkan Max HP saja.  Jadi mungkin ini pilihan tepat bagi Moonton agar kedua item tersebut tetap menjadi item Tank.

Penutup

Itulah penjelasan tentang Item Dominance Ice di game Mobile Legends Patch 1.7.38.  Saat ini, patch tersebut sudah diterapkan di Advance Server untuk diuji coba.  Sedangkan untuk rilis resminya baru hadir saat pertengahan Desember 2022 nanti.

Jadi, masih inginkah kamu menggunakannya?

Penuhi kebutuhan game kamu dengan Top-Up melalui VCGamers Marketplace dan dapatkan promo menarik di dalamnya!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID