Discord PS5, Penjelasan Cara Menggunakan Voice Chat

Discord sekarang bisa kamu hubungkan dengan konsol PS5. Cara menghubungkannya dapat melalui perangkat ponsel maupun PC
Discord x PS5
Sumber: Discord Official Site

Discord menjadi aplikasi favorit para gamer untuk terhubung dengan secara daring dengan orang lain. Beruntungnya kini aplikasi Discord hadir untuk platform PS5. 

Pengguna PS5 dapat terhubung secara daring dengan pengguna lainnya menggunakan aplikasi ini. 

Discord sangat memudahkan pengguna untuk berkomunikasi atau ngobrol dengan pengguna lainnya. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2023 kemarin. 

Dengan demikian hari ini kamu yang bermain di game PS5 dapat menggunakan Discord mulai hari ini. 

Nah, pada pembahasan ini kami akan mengulas cara menggunakan Discord di PlayStation 5. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, yuk simak penjelasan lengkap kami di bawah ini!

Baca juga: Rekomendasi Monitor Terbaik untuk Main PS5

Apa itu Aplikasi Discord? 

Apa itu Aplikasi Discord? 
Sumber: Youtube

Discord adalah platform komunikasi yang populer di kalangan gamer baik itu konsol PlayStation, Xbox, hingga platform PC. Kualitas suara Discord yang jernih untuk berkomunikasi membuat popularitasnya naik di kalangan gamer. 

Selain itu aplikasi ini juga menyediakan banyak server khusus game untuk menghubungkan komunitas game populer di Xbox dan PS5. 

Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Discord untuk live streaming permainan game tertentu ke server Discord. Dengan cara ini para pengguna dapat menonton dan berinteraksi menggunakan aplikasi secara langsung. 

Selain itu aplikasi ini juga sangat user-friendly sehingga tidak perlu lama untuk memahami cara menggunakannya. 

Baca juga: Rekomendasi Headset PS5 Terbaik yang Ada di Pasaran Saat ini

Cara Menggunakan Discord di PS5

Cara Menggunakan Discord di PS5
Cara Menggunakan Discord di PS5. Source: LOGO.com

Agar kamu bisa menggunakan Discord saat bermain game di PS5. Pertama, kamu harus menautkan akun Discord milikmu ke akun PlayStation 5. 

Jika sudah berhasil maka obrolan suara menggunakan Discord dapat kamu mulai, berikut cara menggunakan Discord di PS5: 

  • Pertama: Untuk menautkan akun Discord melalui perangkat seluler atau komputer. Kemudian masuk ke akun Discord lalu tautkan akun dengan akun PlayStation Network yang terhubung dengan konsol PS5.
  • Kedua: Setelah muncul notifikasi di layar monitor konsol PS5, itu artinya Discord dengan PS5 sudah terhubung. 
  • Ketiga: Masuk aplikasi Discord klik “Lihat Obrolan Suara Discord” untuk mengakses kartu obrolan. Kamu juga bisa mengakses kartu obrolan dari pusat kendali. 
  • Keempat: Jika sudah berhasil terhubung kamu hanya perlu menggunakan mikrofon atau headset untuk mengobrol dengan orang lain menggunakan Voice Chat. 

Selain untuk PlayStation 5 kamu para pengguna Discord juga bisa menggunakan fitur semacam ini. 

Fitur Discord untuk terhubung dengan konsol Xbox sudah ada sejak Agustus tahun 2023. Perusahan Microsoft telah bekerjasama dengan Discord untuk menerapkan fitur yang memudahkan para gamer. 

Integrasi PlayStation 5 dengan platform komunikasi Discord sudah mulai berlangsung tidak lama sejak developer Discord mengumumkan visi baru mereka. 

Saat ini Discord lebih fokus untuk sarana komunikasi tambahan yang bisa digunakan oleh para pengguna Xbox dan PlayStation. 

Cara Baru Menghubungkan Discord ke PS5

Nah, apa yang sudah dijelaskan sebelumnya adalah cara lama untuk menghubungkan PS5 ke Discord. Mengutip dari laman PlayStation Blog, tahun 2024 ini menjadi momen peluncuran fitur baru yang ada di PS5.

Sabrina Medit selaku Direktur Manajemen Produk Sony Interactive mengonfirmasi kalau tahun ini pemain sudah bisa menghubungkan obrolan suara dengan Discord ke PS5 secara langsung tanpa harus menggunakan PC atau ponsel.

Untuk memulai obrolan suara dengan aplikasi Discord di PlayStation 5 pengguna bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke “Control Center PS5”;
  • Pilih server Discord atau grup DM yang ingin kamu ikuti;
  • Tentukan saluran voice yang kamu inginkan.

Fitur ini memungkin kamu menerima notifikasi langsung yang muncul di monitor PS5 ketika ada pengguna Discord lain yang menghubungi.

Fitur Baru Lain dari Sony PlayStation

Berdasarkan informasi yang didapat dari blog.playstation.com mulai saat ini pengguna bisa membagikan profil PlayStation Network mereka di platform sosial media lainnya.

Cara melakukannya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk aplikasi PlayStation atau masuk ke PS5;
  • Klik “Share Profile;
  • Kemudian bagikan link atau QR Code yang munul di layar.

Link atau QR Code yang kamu bagikan nanti memungkin orang yang membukanya menjadai teman di akun PlayStation.

Nah itu tadi ulasan singkat tentang aplikasi Discord, fitur terbaru PlayStation 5, dan cara menggunakannya.

Baca juga: 5 Daftar Game Bola PPSSPP di Android Terbaik dan Seru

Yuk Top Up game favoritmu dan beli langganan produk digital lain dengan harga termurah, cepat, dan aman di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!