Diablo 2: Resurrected Masuk Ladder Season 3! Apa Saja yang Baru?

Leader Season 3 Diablo 2

Bagi para pecinta game Diablo (Diablo 2: Resurrected dan Diablo 3), tentu sebentar lagi harus mempersiapkan diri karena Blizzard akhirnya mengumumkan masuknya season baru untuk lineup game-game-nya tersebut. Sudah cukup lama semenjak terakhir kali sang developer memulai season sebelumnya pada paruh akhir tahun 2022 lalu.

Namun dengan lamanya persiapan tersebut, bisa dikatakan bahwa update kali ini benar-benar kompleks dan worth it. Mungkin ini juga tidak terlepas dari akan dirilisnya Diablo 4 di bulan Juni nanti. Adakah yang sudah tidak sabar?

Kali ini Blizzard kembali melakukan update season bagi kedua judul hack-and-slash andalannya secara bersamaan. Diablo 2: Resurrected memulai Ladder Season 3 pada patch 2.6, sedangkan Diablo III memasuki Season 28 dengan tajuk Rites of Sanctuary.

Terakhir kali keduanya mendapatkan update secara berbarengan tepat di bulan April tahun lalu. Kala itu Diablo 2 baru memasuki Ladder Season 1, sedangkan Diablo 3 memasuki Season 26.

Lalu apa saja yang baru pada Season kali ini? Untuk bisa lebih memberikan gambaran secara mendetail, VCGamers hanya akan memfokuskan pembahasan pada update Diablo 2 terlebih dahulu.

Persiapkan diri kalian, para adventurers! Sampai bertemu lagi di level 99!

Baca juga: Call of Duty Nintendo Switch Lakukan Kolaborasi, Ini Infonya!

Ladder Season 3 Sudah Live!

Ladder Season 3 Diablo 2 Live
Yang Baru Di Ladder Season 3 Diablo 2. Sumber: VCGamers

Dalam siaran persnya pada Kamis, 9 Februari 2023, Blizzard menyebut bahwa Ladder Season 3 untuk server wilayah Asia akan live pada Jumat  17 Februari 2023 pukul 08.00 WIB. Ini juga akan dilakukan secara serentak di dua server wilayah lainnya (Amerika Utara dan Eropa).

Fokus update kali ini akan terletak pada kehadiran built resep Horadric Cube, charm, dan runes anyar, serta fitur menarik baru yang ditambahkan pada Terror Zones.

Selain itu, di patch 2.6 yang baru ini juga terdapat beberapa perubahan meta dan gameplay yang terjadi pada berbagai classes (Assasin, Amazon, Sorceress, dan Druid); perbaikan isu-isu yang berhubungan dengan kontroler; serta pembenahan beberapa bug sistem lainnya.

Untuk detail lebih jelasnya, silahkan lihat pada bahasan di bawah!

Baca juga: Video Game Online Terpopuler Tahun 2023

Detail Update Ladder Season 3 dan Patch Note 2.6

Banner Ladder Season 3 Diablo 2
Yang Bisa Ditemukan Di Ladder Season 3 – Diablo 2. Sumber: Blizzard

Di lansir dari laman official Blizzard, terdapat beberapa hal penting yang perlu untuk disikapi agar kalian para adventurers bisa mendapatkan pengalaman bermain Diablo 2: Resurrected yang maksimal di season ini. Berikut adalah beberapa poin yang layak di highlight:

  • Empat mode Ladder

Pada dasarnya mode ladder di season ini belum banyak berubah dari sebelumnya, di mana adventurers bisa menikmati empat mode yang berbeda:

  1. Ladder Pre-ekspansi: Ladder versi standar yang terdiri dari 4 acts (tanpa Lord of Destruction)
  2. Ladder Pre-ekspansi hardcore: Ladder dengan satu nyawa (bila karakter mati, harus ulang dari awal) yang terdiri dari 4 acts.
  3. Ladder: Ladder versi standar yang terdiri dari 5 acts (termasuk Lord of Destruction)
  4. Ladder hardcore: Ladder dengan satu nyawa yang terdiri dari 5 acts.

Item pada Shared Stash di Diablo 2

Optimasi terbaru dari Blizzard lainnya juga berlaku pada sistem Shared Stash. Item yang berada di sana alhasil perolehan season sebelumnya akan dipindah pada tab baru bernama Withdraw Only.

Sesuai dengan namanya, tab ini hanya berguna untuk menampung item-item tersebut dan tidak diperuntukkan untuk tempat penyimpanan seperti Stash pada umumnya. Pastikan untuk mencentang kotak bertanda Past di pojok kanan atas untuk membuka tab ini.

Jadi jangan kaget apabila berbagai item kalian dari Season 2 kemarin hilang – silahkan cek di tab ini. Ini akan mulai diberlakukan mulai dari season ini dan ke depannya.

Shared Stash Pada Ladder Season 3
Sistem Shared Stash Baru Pada Ladder Season 3 – Diablo 2. Sumber: Blizzard

Resep Horadric Cube dan Rune Baru di Diablo 2

Blizzard juga menambahkan 8 Rune serta 4 resep Horadric Cube baru yang bisa dinikmati para adventurers di mode ladder maupun off-line single player. Kedelapan Rune baru tersebut termasuk di dalamnya yaitu: Bulwark, Cure, Ground, Heart, Temper, Hustle, Mosaic, dan Metamorphosis.

Selain itu, ketujuh Rune yang sudah terlebih dahulu diperkenalkan dari Season 1 juga bisa dinikmati di mode online non-ladder sekarang. Sedangkan untuk 4 resep Horadric Cube yang baru, bisa dilihat langsung pada gambar di bawah ini.

Horadric Cube Recipe Baru Ladder Season 3
Resep Horadric Cube Baru Ladder Season 3 – Diablo 2. Sumber: Blizzard

Terror Zones di Mode Offline Diablo 2

Keseruan Terror Zones tentu membuat iri para adventurers di mode offline. Pasalnya, selama ini sang developer hanya menyediakannya untuk mode online yang dapat di akses berbayar melalui subscription battle.net (PC), PS Plus (PlayStation), Game Pass (XBOX), dan Nintendo Switch Online semata.

Namun ternyata Blizzard mendengar keluh kesah para adventurers dan akhirnya memberikan mode offline kesempatan untuk menikmatinya!

Spawn Sundering Charm

Selain beberapa update besar di atas, satu lagi yang baru adalah penambahan mekanik Sundering Charm yang dapat drop di semua mode non-klasik.

Baca juga: Rekomendasi 12 Game RPG Terbaik 2023

Ikuti berita Games lainnya di VCGamers News!

Jangan lupa, Top Up Game Cepat, Murah dan Aman di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!