Inilah Pengertian Dao Crypto dan Cara Kerjanya


dao crypto

DAO crypto (Decentralized Autonomous Organization) adalah protokol blockchain terbuka yang diatur oleh sistem hukum. 

Protokol ini diimplementasikan oleh anggota terpilih yang melakukan tindakan tertentu secara otomatis tanpa memerlukan agen. Jika kamu masih awam mengenai DAO crypto, kamu bisa menyimak dalam ulasan berikut.

Pengertian DAO Crypto

crypto metaverse
dao dalam sistem crypto

Ide Decentralized Autonomous Organization (DAO) pertama kali diusulkan oleh pendiri BitShares, Steemit dan EOS (Block.one) dan Larmier pada tahun 2015.

Kemudian pada tahun 2016, Vitalik Buterin Ethereum memodifikasi ide tersebut. Perusahaan independen dapat membantu menjaga jaringan yang sehat dan optimal, tanpa memerlukan bantuan dari anggotanya.

Ide pertama dalam membuat DAO crypto adalah membuat perusahaan atau organisasi yang bekerja sepenuhnya tanpa sistem manajemen yang umum dalam organisasi. Fungsi utamanya adalah untuk menyatukan orang-orang dengan minat yang sama untuk mencapai tujuan bersama.

Organisasi otonom berbeda dari organisasi tradisional yang dikelola oleh dewan, komite, atau eksekutif. Sebaliknya, organisasi otonom menggunakan seperangkat aturan yang ditulis dalam kode digital dan jaringan komputer yang menjalankan perangkat lunak interaktif.

Sederhananya, DAO crypto adalah perusahaan atau organisasi yang dijalankan oleh algoritma komputer, sehingga tidak dikendalikan secara langsung oleh manusia.

Untuk menjadi anggota grup ini, pengguna harus bergabung terlebih dahulu dengan menyumbangkan cryptocurrency mereka.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Dengan memiliki aset kripto DAO, pengguna mendapatkan hak untuk memilih paket dan memperbarui secara otomatis. Hal ini ditentukan oleh jumlah aset kripto DAO yang mereka miliki.

Baca juga: Strategi Trading Crypto Pemula yang Layak Kamu Gunakan

Cara Kerja DAO Cryptocurrency

Cross chain
dao dalam sistem crypto

Setelah mengetahui apa itu Decentralized Autonomous Organization, kita akan mempelajari bagaimana hal ini bekerja. Decentralized Autonomous Organization beroperasi di bawah seperangkat aturan dan peraturan yang ditentukan oleh kontrak pintar di blockchain. 

Kontrak pintar adalah program komputer yang dapat berjalan secara independen di sistem Ethereum. Namun, pada saat yang sama, undang-undang masih mewajibkan pekerjaan orang lain, dalam hal ini seseorang, untuk memantau semua pekerjaan dan melakukan banyak tugas yang tidak dapat dia lakukan sendiri.

Ketika sistem keuangan selesai dan perusahaan independen dapat bekerja, organisasi akan secara otomatis independen dari dirinya sendiri dan penciptanya.

Nantinya, semua pesanan dan transaksi keuangan akan dicatat secara detail di blockchain. Dengan cara ini, catatan transaksi di Decentralized Autonomous Organization transparan dan tidak dapat diubah atau bahkan dihapus. 

Meskipun Decentralized Autonomous Organization bekerja dengan baik, semua keputusan tentang penggunaan uang dilakukan melalui perjanjian kontrak. Nantinya, setiap pemegang saham dapat membuat rencana dengan rencana masa depan organisasi. 

Baca juga: Yey! VCGamers Terpilih dalam Batch Pertama Tokocrypto Sembrani Blockchain Accelerator (TSBA)

Namun, untuk menghindari sekedar rencana, setiap pemegang saham harus menginvestasikan jumlah tertentu. Hanya proposal yang menerima persetujuan pemegang saham yang akan terus menggunakan DAO crypto.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID