Counter Layla Di Gold Lane? Pakai 12 Hero Ini!

counter layla cover

Hero untuk counter Layla di Mobile Legends membutuhkan skillset yang bisa membuat Layla kewalahan dalam membidik malefic gun-nya.

Untuk itu, kamu perlu menggunakan hero yang punya banyak blink skill ataupun ranged attack supaya Layla yang digunakan lawan tidak bisa membidik hero-mu dengan mudah.

Sejak mendapat skin anime dari event The Aspirants, player mulai kembali berbondong-bondong menggunakan Layla dan meracik kembali build-nya supaya tidak ketinggalan dengan hero baru seperti Edith, Beatrix dan Yin.

Melihat fenomena tersebut, kamu juga perlu mengetahui hero-hero terkini yang bisa digunakan untuk meredam si penembak yang populer dengan aksesori goggle-nya ini.

Baca juga: Hero Counter Lancelot di Mobile Legends, Matikan Ksatria Parfum!

Ulasan kali ini akan menyuguhkan 12 hero untuk counter Layla yang penggunaannya makin merebak di arena Land of Dawn. Beberapa di antaranya merupakan hero yang bisa kamu gunakan untuk adu mekanik di lane yang sama dengan Layla, ada juga hero yang ahli kabur dan poke.

12 Hero Counter Layla, Redam Malefic Gun-nya!

Brody

counter layla brody

Hero pertama untuk counter Layla adalah Brody, si tukang menandai targetnya dengan abyss mark. Menggunakan Brody berarti akan memanfaatkan skill pasifnya untuk menandai Layla sepanjang match.

Yang perlu kamu lakukan adalah terus menerus serang Layla dengan basic attack-nya. Pastikan semua serangan Brody tepat sasaran sehingga Layla akan “ditandai” olehnya.

Antisipasi serangan skill 1 dan 2 Layla yang punya kecepatan lumayan cepat setiap kali kamu menyerangnya dengan basic attack Brody. Balaslah serangan Layla dengan skill 1 dan 2 Brody.

Ketika kamu sudah berhasil mengumpulkan 4 stack Abyss Mark (bisa kamu lihat di atas kepala Layla), akses ulti Brody dan temukan tempat aman untuk memakai ulti-nya. Selama jarak kamu dan Layla tidak terlalu jauh, ulti Brody pasti akan mengenainya.

Kunci melawan Layla dengan Brody adalah stack Abyss Mark, antisipasi skill 1 dan 2 Layla, kemudian cari tempat aman untuk menggunakan ulti Brody.

Clint

counter layla clint

Kamu bisa mengajak Layla adu mekanik di Gold Lane dengan menggunakan Clint. Kamu harus memanfaatkan skill pasif Clint yang bisa menghasilkan critical damage untuk counter Layla.

Kamu harus lengkapi Clint dengan item penambah critical damage dan true damage supaya serangan Clint bisa tembus semua pertahanan yang digunakan oleh Layla.

Keuntungan hero bergaya cowboy satu ini juga ada pada blink skill-nya, yang bisa menyerang sambil melompat mundur dengan cepat (skill 2-nya). Apabila kamu sudah membeli item dengan dua efek tersebut, skill 2 Clint akan jadi lebih mantap untuk mengurangi HP Layla.

Ketika Layla menggunakan ulti-nya, kamu bisa balas dengan ulti Clint juga supaya Layla makin lambat pergerakannya. Setelah itu, gunakan basic attack, skill 1 dan 2 untuk membuat Layla tidak berkutik.

Antisipasi lainnya bisa kamu lakukan dengan menerapkan strategi poke. Mid game Layla akan lebih tangguh untuk adu mekanik sehingga kamu perlu menentukan timing penggunaan ulti Clint.

Baca juga: Tips Gameplay Clint Terbaik di Mobile Legends, Lakukan Ini Bersamanya!

Beatrix

counter layla beatrix

Hero Beatrix untuk counter Layla mungkin akan agak rumit untuk player pemula karena Beatrix punya skill spesial untuk mengganti senjatanya dan skillset-nya akan berbeda sesuai dengan senjata yang ia gunakan.

Bila kamu memilih Beatrix untuk menghadapi Layla, pastikan kamu tahu dulu senjata yang ia gunakan.

Supaya lebih efektif, gunakan senjata Nibiru dan Wesker untuk menembak-nembak Layla secara beruntun. Jangan lupa juga untuk selalu gunakan skill 2 Beatrix agar ia tidak terkejar oleh Layla.

Manfaatkan semak-semak untuk mengganti senjata Beatrix bila kamu ingin menembak Layla dari jauh dengan Renner dan Bennet. Kedua senjata ini tidak memiliki serangan beruntun, tapi punya damage yang lebih besar dari dua senjata lainnya.

Ketika kamu sudah bisa akses ulti, kamu bisa pilih untuk menggunakan senjata yang punya efek lifesteal atau spell vamp. Akan lebih bagus jika kamu memilih lifesteal supaya HP Layla cepat habis.

Maka dari itu, gunakan Renner atau Wesker saat kamu hendak menggunakan ulti Beatrix untuk menghadapi Layla dan ulti laser-nya.

Ruby

counter layla ruby

Untuk menghadapi Layla dengan hero yang suka sabet-sabet ini, kamu akan memanfaatkan skill pasifnya, kemudian dikombinasikan dengan skill 2 dan ulti Ruby.

Sebagai fighter merangkap tanker juga, Ruby punya kemampuan yang baik dalam menyerang maupun menaklukkan targetnya, tidak terkecuali Layla dan malefic gun-nya.

Karena Ruby bisa di-build lebih gesit dan tahan banting dari Layla, kamu perlu farming buff atau EXP dulu supaya bisa dengan cepat membuka semua skillset Ruby. Sambil mengisi waktu luang untuk farming, jaga jarak Ruby dan Layla melalui poke dengan skill 1 bila memungkinkan.

Setelah skill 2 dan 3 terbuka, kamu bisa mulai strategi tarik-ulur Layla. Gunakan skill 2 untuk menarik dan memperlambat gerakan Layla sehingga kamu bisa lifesteal dengan cepat.

Kalau Layla ingin kabur lagi, sambung serangan Ruby dengan ulti-nya yang bisa menarik dan stun Layla. Setelah itu, kamu bisa sabet-sabet Layla hingga ia KO. Ulangi strategi ini sambil melengkapi item lifesteal untuk Ruby, atau support Ruby dengan shield.

Baca juga: Catat! Formasi Terbaik Mobile Legends Dengan Meta Hero Season 23, Kuasai Semua Lane!

Alice

counter layla alice

Hero dengan dua role selain Ruby ini akan ampuh counter Layla dengan menyedot habis HP-nya. Gunakan Alice sebagai opsi apabila kamu bosan memakai Ruby atau ada rekan tim yang memakai Ruby.

Berbeda dari Ruby, Alice punya jangkauan skill yang cukup panjang, khususnya skill 1. Skill 1 Alice inilah yang akan kamu gunakan untuk menangkal efek skillset Layla.

Tembaklah skill 1 Alice ke arah Layla dari balik dinding arena, dan pastikan posisi kamu sejajar dengan posisinya terlebih dulu. Lakukan ini untuk cicil damage terhadap Layla. Sambil melakukan ini, kamu bisa berantas minions lawan di mid lane supaya Alice jadi makin cepat pergerakannya.

Skill pasif Alice bisa mengembalikan mana dan menambah HP maksimumnya, jadi lawan minions untuk kemudian menghadapi Layla akan jadi kegiatan rutin hero vampir ini.

Jika persiapan sudah selesai, gunakan ulti Alice saat ia ada di dekat Layla. Sambung langsung dengan skill 2-nya supaya HP Layla makin tipis dan HP Alice jadi makin tebal. Langsung kembali jaga jarak untuk menggunakan skill 1 Alice dan ulangi cara tersebut.

Aamon

counter layla aamon

Aamon bisa jadi mimpi buruk untuk Layla di Gold Lane, secara hero yang bisa menghilang tanpa terdeteksi di map ini bisa tiba-tiba memberikan damage yang sakit pada Layla.

Semua skillset Aamon bisa kamu manfaatkan untuk membuat Layla kewalahan membidiknya. Skill pasif Aamon bahkan memberikan bonus magic damage, movement speed dan efek conceal selama beberapa saat.

Itu artinya, saat kamu menyerang target, Aamon akan menghilang dari peredaran dan kamu bisa manfaatkan situasi ini untuk memakai skill 1, 2 dan ulti Aamon.

Namun, ketika ia menggunakan skill-nya, Aamon akan kembali terlihat. Jangan panik karena skill 1 dan 2 Aamon akan melindunginya dari serangan melee. Jika Layla ada di dekat Aamon, aktifkan saja skill 2 atau ulti-nya supaya Layla semakin tertekan olehnya.

Kamu juga bisa spam skill 1 dan 2 Aamon untuk sekedar menjahili Layla yang farming di gold lane. Kamu hany perlu memperhatikan timing untuk menghilang dan muncul di dekat Layla saat mengganggunya dengan skill pasif serta skillset Aamon.

Baca juga: Simak! 10 Hero Banned Season 23 Yang Dianggap Berbahaya Saat Match!

Franco

counter layla franco

Counter Layla selanjutnya adalah hero Franco, si tanker dengan penampilan ala-ala bangsa Viking ini. Karena Franco punya speed yang lebih lambat dari Layla saat early game, kamu harus manfaatkan combo skill 1, 2 dan ulti-nya.

Caranya, kamu perlu farming EXP dulu di early game sambil cover core atau gold laner tim kamu. Biasanya, Franco akan jadi pelapis untuk gold laner dan kamu akan berhadapan dengan Layla di sana.

Apabila Layla juga di-cover oleh tanker, Franco harus mulai menggunakan skill 1 yang dilanjut dengan basic attack. Kamu dan hero cover Layla akan terlibat adu mekanik sehingga mungkin gold laner tim kamu juga akan berhadapan dengan Layla. Mundur jika diperlukan.

Apabila Layla dibebaskan seorang diri di gold lane, maka saatnya kamu fokus untuk menggunakan combo skill 1, 2 dan ulti (kalau sudah bisa diakses).

Skill 1 Franco bisa menarik Layla dari posisinya dan memperlambat pergerakannya sementara. Lanjut dengan skill 2 untuk critical damage, dan ulti Layla supaya HP-nya makin tipis dan KO.

Natalia

counter layla natalia

Natalia juga bisa jadi opsi untuk menghadapi malefic gun Layla selain Aamon. Bedanya, kalau menggunakan hero assassin satu ini, kamu akan punya kelebihan speed lebih cepat daripada Aamon.

Natalia juga bisa lebih efektif untuk bersembunyi di semak-semak, jadi kamu bisa mencegat Layla di semak-semak dekat gold lane supaya bisa langsung spam skill 1 dan ulti, serta kabur dengan skill 2-nya.

Pertama-tama, kamu perlu jungling terlebih dulu supaya bisa dapat buff hijau dan biru. Ini akan menjadi modal awal Natalia untuk ambush Layla.

Setelah itu, kamu akan mengagetkan Layla dengan skill 1-nya. Dengan serangan ini, kamu juga akan mengaktifkan efek skill pasif Natalia untuk bonus movement speed dan physical attack. Apabila Layla menyerang balik dengan skill 2-nya, kamu balas dengan skill 2 Natalia untuk kabur darinya.

Apabila kamu sudah bisa akses ulti Natalia, lanjutkan dengan skill ulti ini dan lancarkan basic attack serta skill 1. Combo ini penting supaya Layla tidak sempat menggunakan ulti Laser-nya.

Baca juga: Rekomendasi Build Natalia Tersakit 2022

Lylia

counter layla lylia

Sebagai salah satu hero yang lagi trending di gold lane, Lylia sangat bisa digunakan untuk counter Layla. Ini akan menjadi lebih baik ketika mid game dan skill pasif Lylia sudah bisa digunakan.

Skill pasif Lylia akan menambah speed-nya sehingga ia akan sulit untuk dikejar oleh Layla dan skill ulti-nya. Gunakan Lylia di early game dengan memanfaatkan serangan jarak jauh skill 1-nya, dilanjutkan dengan skill 2-nya yang bisa memperparah speed Layla hingga 40%.

Ketika dalam keadaan genting, gunakan ulti Lylia supaya ia tidak terkena skill 1 atau 2 Layla. Namun, kamu hanya perlu memanfaatkan minions dan turret ketika Lylia sudah full upgrade dan bisa akses semua skill-nya.

Dalam situasi tersebut, manfaatkan semak-semak seperti taktik Natalia untuk ambush Layla dengan skill 1 dan 2-nya. Lylia bisa spam skill dengan aman karena mana-nya bisa kembali dengan cepat saat ia menggunakan ulti. Dijamin Layla susah untuk membidik Lylia dengan tepat.

Wanwan

counter layla wanwan

Hero gesit dari awal pertandingan dimulai ini bisa sangat merepotkan Layla untuk membidiknya dengan tepat. Wanwan juga bisa menyingkap persembunyian Layla di semak-semak dengan skill pasifnya.

Tidak hanya gerakannya saja yang lincah, attack speed Wanwan juga bisa menyaingi Layla dan bahkan melebihinya apabila di-upgrade dengan item penambah speed dan physical damage.

Jika kamu menggunakan Wanwan, kamu akan banyak memanfaatkan basic attack dan skill pasifnya, sambil sesekali menggunakan skill 1 dan 2 jika Layla ada dalam jangkauan.

Gunakan skill 1 untuk memperkeras damage Wanwan terhadap Layla, dan gunakan skill 2 saat Layla dekat dengannya. Ketika ulti Wanwan sudah bisa digunakan, ia akan mendapat tambahan damage dari skill pasifnya serta tambahan attack speed untuk serangan-serangan berikutnya.

Hanya gunakan ulti apabila Wanwan berada agak jauh dari Layla, dengan catatan hero lainnya berada lebih jauh daripada Layla. Ulti Wanwan akan otomatis membidik Layla dan menyerangnya bertubi-tubi dari udara.

Baca juga: Rekomendasi Item Build Wanwan Tersakit 2022

Lesley

counter layla lesley

Hero marksman yang masih sering digunakan ini juga ampuh untuk counter Layla dengan kemampuan sure hit-nya.

Aktifkan skill 1 Lesley supaya Layla kesulitan menemukannya. Kemudian, susul dengan basic attack-nya yang bisa mengaktifkan skill pasif Lesley untuk mendapat bonus jarak serangan dan critical damage.

Kalau kamu terdesak, gunakan skill 2 untuk kabur. Tapi, kalau kamu sudah bisa menggunakan ulti, kombinasikan skill 2 dan ulti sehingga Layla tetap bisa kena serangan Lesley meskipun jarak Lesley sudah sangat jauh dari Layla.

Kuncinya adalah menggunakan skill pasif Lesley dan tentukan timing penggunaan skill 1 dan 2-nya. Dijamin Layla akan mati kutu kalau ketemu dengan Lesley di manapun.

Karina

counter layla karina

Style bertarung Karina hampir sama dengan Wanwan dan Natalia. Maksudnya, Karina punya speed yang mantap tapi juga bisa menyerang lawannya dengan taktik ambush.

Skill pasif Karina bisa kamu jadikan modal utama menghadapi Layla dan malefic gun-nya. Setiap kamu menyerang Layla sebanyak tiga kali, ada bonus true damage dan peningkatan magic damage.

Ini juga berlaku ketika kamu menyerang Layla dengan skill 1, 2 dan ulti-nya, sehingga magic damage yang dihasilkan akan berlipat-lipat. Tentunya, kamu perlu jaga jarak dengan Layla karena Karina merupakan petarung jarak dekat.

Akan tetapi, Karina punya blink skill yang bisa kamu aktifkan dengan menekan ulti-nya sebanyak dua kali. Gunakan ini ketika Layla agak jauh dari Karina, dan sambung dengan skill 2-nya untuk damage yang lebih sakit.

Baca juga: Rekomendasi Build Karina Tersakit 2022, Coba Sekarang!

Dari 12 hero di atas, kamu bisa memilih style hero yang kamu kuasai untuk counter Layla. Meskipun Layla sempat tidak populer di season-season sebelumnya, kamu tidak boleh meremehkan hero yang jadi tambah lucu dengan skin anime-nya ini ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!