Mau Counter Franco? Bawa 12 Hero Ini Untuk Halau Crit Damage-Nya!

counter franco cover

Hero Mobile Legends untuk counter Franco sejatinya harus bisa menahan gempuran critical damage-nya yang dihasilkan dari skill 2-nya.

Player pengguna Franco biasanya akan menggunakan kombinasi serangan beruntun dari skill 1, basic attack dan skill 2 yang membuat lawan tidak berkutik dan kehilangan hingga setengah dari HP-nya.

Hal tersebut diperburuk dengan sulitnya meloloskan diri dari badan Franco yang cukup besar untuk menghalangi jalur blink kamu.

Kalau sudah terkena skill 1-nya yang bisa “narik-narik” hero, hampir dipastikan kamu akan lanjut kena ganking rekan timnya.

Beberapa solusi pun telah dilakukan seperti membeli item physical defense atau regen dan shield supaya bisa meredam combo serangan Franco. Namun, semua itu harus diterapkan pada hero yang tepat.

Baca juga: Intip Build Mathilda Tank Ter- GG di Season 22

Artikel kali ini akan membahas 12 hero yang bisa kamu gunakan untuk counter Franco, si tanker ahlinya cover dan roaming yang dianggap berbahaya hampir di segala lane. Paling tidak, 12 hero di bawah ini bisa membantu kamu keluar dari area Franco untuk melakukan counterattack.

12 Hero Mobile Legends Yang Bisa Buat Franco Kewalahan

Baxia

counter franco dengan baxia

Hero pertama yang bisa kamu gunakan untuk counter Franco adalah Baxia. Bila kamu memakai Baxia, kamu akan adu mekanik dengan Franco karena mereka berdua sama-sama kuat sebagai roamer.

Bedanya, Baxia akan banyak memberikan magic damage terhadap Franco. Skillset Baxia juga umumnya banyak memiliki efek stun, slow dan meningkatkan speed-nya.

Ketika kamu bertemu Franco saat roaming, usahakan kamu sudah mengakses skill 2 supaya bisa menjaga jarak dari skill 1 Franco. Setelah itu, kombinasikan dengan skill 1 Baxia supaya bisa menubruk Franco dan memberi efek stun terhadapnya.

Skill 1 Baxia juga bisa kamu gunakan untuk meloloskan diri dari kejaran Franco. Setelah kamu lolos, kamu bisa putar balik dan hantam Franco dengan lompatan dari skill 1

Kamu hanya perlu menggunakan ulti Baxia saat Franco tepat berada satu garis lurus dengan Baxia supaya damage-nya semakin oke.

Edith

counter franco dengan edith

Ketika kamu bermain sebagai Edith untuk melawan Franco, kamu akan banyak berganti role dari marksman ke tanker. Namun, kamu perlu timing yang tepat supaya Edith tidak keteteran saat mengganti role-nya.

Sebagai permulaan, kamu tentunya harus tetap bermain sebagai tanker untuk cover dan memudahkan farming di gold lane atau jungle.

Apabila kamu berpapasan dengan Franco, kamu bisa pilih antara menggunakan skill 2 mode tank untuk menyerangnya atau untuk jaga jarak dari skill 1 Franco.

Masalahnya, skill 1 Franco bisa menarik kamu dari balik dinding. Sebagai solusi, gunakan skill 2 atau berubah jadi mode marksman untuk memberi magic damage terhadap Franco yang sembunyi di semak-semak atau di balik dinding.

Itu artinya, kamu harus sudah bisa akses ulti Edith dengan cepat di early game. Ada baiknya kamu juga roaming ke EXP Lane jika memungkinkan, supaya Edith cepat naik level dan bisa akses ulti lebih cepat.

Baca juga: Catat! Build Hero Edith untuk di Gold Lane di 2022

Yin

counter franco dengan yin

Counter Franco dengan Yin akan melibatkan penggunaan ulti Yin yang bisa menjebak hero lawan di realm-nya dengan menjadi Lieh.

Akan tetapi, sebelum kamu mengakses ulti Yin, ia bisa dengan lincah menghindari serangan skill 1 dan 2 Franco. Kamu bisa gunakan skill 2 Yin supaya bisa blink sambil memberi Franco damage dan kalau efek skill tersebut pas, Franco bisa kena stun.

Apabila Franco terkena stun dari Yin, langsung susul dengan skill 1 nya yang bisa memberi bonus movement speed. Apabila Franco belum berhasil di-kill, kamu lebih baik langsung menjauh dan ulangi lagi taktik tersebut.

Ketika kamu sudah bisa akses ulti, kamu bisa balik menjebak Franco dalam realm Lieh dan menggunakannya untuk berduel satu lawan satu di realm tersebut.

Sebagai Lieh, kamu hanya perlu gunakan taktik biasa saja karena Franco akan tertahan di realm tersebut selama 8 detik. Physical damage Lieh akan lumayan sakit karena terbantu oleh skill pasif dan bonus damage setiap skill-nya.

Lylia

counter franco dengan lylia

Kalau kamu menggunakan hero mage bertubuh mungil ini, kamu akan banyak melakukan poke dan mencicil damage hingga Franco berhasil di-kill. Jangan khawatir karena Lylia punya banyak kreasi untuk melakukan poke dengan efektif

Sebagai hero yang sudah lumayan tangguh dan lincah saat early game, kamu bisa menunggu Franco di gold lane atau roaming di area mid lane. Ini bergantung dengan taktik yang akan kamu terapkan.

Kalau kamu lebih memilih untuk melakukan banyak poke, maka kamu harus menunggunya di gold lane dan lakukan serangan kombinasi skill 1 dan 2. Ini akan memperlambat pergerakan Franco.

Apabila kamu ingin Lylia lebih bermain ofensif, maka kamu harus siapkan skill ulti-nya terlebih dulu supaya bisa lolos dari jangkauan jangkar Franco. Lakukan kombinasi basic attack, skill 1 dan 2 untuk melawan Franco, dan gunakan ulti ketika kamu ditarik Franco dan masih bisa survive serangannya.

Lylia juga punya keuntungan jadi semakin lincah saat kabur karena skill pasifnya akan memberi tambahan movement speed.

Baca juga: 5 Tips Memainkan Lylia Gold Lane, Libas Semua Hero Gold Laner Lawan!

Barats

counter franco dengan barats

Kamu bisa counter Franco dengan stack skill-nya yang bisa memberi bonus baik physical damage dan defense-nya. Ini akan sangat berguna ketika Franco menggunakan skill 1, 2 dan ulti-nya.

Kamu perlu leveling dulu agar Barats bisa mengakses skillset-nya untuk mengumpulkan stack hingga sebanyak 25 stack. Serangan skill 1 Barats bisa menumpas kerumunan hero maupun creeps sehingga akan sangat berguna ketika kamu akan di-ganking.

Skill 2 Barats harus kamu gunakan dengan tepat karena hanya akan menyerang lawan dalam garis lurus saja. Latih timing dan ketepatan target terlebih dulu sebelum memakai skill 2 ini.

Yang sangat berbahaya dan cukup merepotkan dari Barats adalah kemampuannya untuk menelan hero lawan dan memuntahkannya kembali ke arah dinding ataupun rekan hero lawan lainnya.

Damage yang dihasilkan dari skill ulti Barats akan bertambah apabila stack-nya sudah mencapai 16 atau lebih. Ketika lawan membentur dindin dan hero lainnya, ada tambahan damage terhadap mereka.

Kamu harus gunakan ulti ini ketika Barats menggunakan item penghemat mana dan item untuk mempercepat CD.

Baca juga: Harus Baca! Inilah 20 Hero Terbaik Counter Aldous Sepanjang Masa!

Selena

counter franco dengan selena

Seperti hero Yin ataupun Edith, kamu harus menguasai gameplaye Selena terlebih dulu untuk melawan Franco karena beda mode, beda juga skillset Selena.

Biasanya, player veteran Selena selalu menggunakan mode elf-nya untuk poke, kemudian mode abyss-nya untuk menghajar lawan.

Taktik tersebut bisa kamu gunakan ketika akan menghadapi Franco. Kamu perlu “tebar lele” Selena terlebih dulu, kumpulkan stack untuk damage yang lebih sakit, kemudian berubah jadi mode abyss-nya.

Kamu hanya perlu jaga jarak dengan Franco karena ia bisa dengan mudah menarik dan stun Selena saat ia terjerat jangkar Franco. Pastikan untuk lebih banyak poke dengan skill 1 dan 2 mode elf-nya.

Yu Zhong

counter franco dengan yu zhong

Sama seperti Barats, Yu Zhong juga punya skillset tangguh untuk counter Franco. Ia juga sering banyak digunakan di EXP Lane karena skill pasif dan efek skill 1 dan 2-nya yang sudah bisa dimaksimalkan dari early game.

Yang perlu kamu lakukan adalah leveling Yu Zhong hingga kamu bisa akses skill 2 dan ulti-nya. Skill 1 Yu Zhong akan membuat Franco kerepotan untuk mendekatinya.

Akan tetapi, apabila Franco bisa menembus skill 1 Yu Zhong, gunakan skill 2-nya untuk mendorong Franco dan memperlambat gerakannya. Dalam mode buff-nya, Yu Zhong akan mendapat peningkatan physical damage dan ada efek regen juga dari skill pasifnya.

Ketika kamu ditarik oleh Franco dan terkena combo skill 1 dan 2-nya, balaslah dengan dua serangan tersebut (skill 1 dan 2 Yu Zhong).

Adapun untuk ulti Yu Zhong, kamu bisa menggunakannya untuk serangan pembuka sebelum spam skill 1. Gunakan ulti untuk mengagetkan Franco.

Yve

counter franco dengan yve

Yve bisa dibilang mage yang penuh dengan trik untuk melakukan damage burst dari jauh dan hampir akan selalu aman saat ia menggunakan skillset-nya.

Hal ini juga akan berguna saat kamu akan menghadapi Franco yang suka menarik-narik lawan dan menghasilkan crit damage.

Di early game, kamu bisa gunakan skill 1 untuk poke Franco, kemudian sambung dengan basic attack Yve untuk menyicil damage. Tingkatkan levelnya sehingga Yve bisa mengakses ulti dan skill 2-nya.

Ketika skill 2 sudah bisa digunakan, kamu bahkan bisa mengganggu Franco dan kawannya untuk tidak mendekati lane kamu. Apabila mereka lolos, jangan khawatir. Yve punya stack damage yang akan memperkuat ulti-nya.

Gunakan ulti Yve sambil berlindung di balik dinding arena dan bersenang-senanglah dengan menekan panel-panel di arena atau slide jari kamu di area panel tersebut. Kamu punya kesempatan untuk menyerang lawan melalui panel tersebut sebanyak 15 serangan saja.

Jika kamu berhasil mengumpulkan stack Yve hingga 10, ulti-nya akan semakin sakit dan Franco juga bisa dikalahkan dengan cepat.

Baca juga: Yve MLBB Kena Nerf, Cooldown Bertambah?

Roger

counter franco dengan roger

Ketika menggunakan Roger sebagai counter Franco, kamu bisa memanfaatkan mode manusianya untuk menambah movement speed dan poke. Kamu mungkin perlu farming gold dulu supaya Roger bisa membeli item penambah physical damage.

Ketika Roger menjadi werewolf, saat itulah kamu perlu banyak melakukan burst damage hingga Franco kena kill. Manfaatkan skill 1 mode werewolf Roger supaya Franco mundur ke areanya.

Ketika early game dan kamu masih farming, kamu bisa gunakan skill 1 Roger untuk mengurangi defense Franco yang cukup tebal. Ini juga akan berguna ketika Roger sudah bisa ulti.

Saat berubah jadi mode werewolf, pastikan kamu ada dalam jangkauan Franco untuk mengagetkannya, dan kombinasikan dengan skill 1 mode werewolf-nya.

Benedetta

counter franco dengan benedetta

Hero Benedetta punya banyak blink skill yang bisa kamu manfaatkan saat berhadapan dengan Franco. Tidak hanya skillset-nya saja, basic attack-nya pun bisa kamu manfaatkan untuk blink.

Kamu bisa melakukan blink attack dengan menahan tombol basic attack hingga ikon pedang di atasnya penuh. Ia akan melakukan tebasan ke arah depan dan berpindah tempat dengan cepat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan skill 1 sebagai serangan pembuka untuk Franco. Akan tetapi, lebih baik kamu lengkapi dulu skillset Benedetta sebelum berhadapan dengan Franco.

Ketika skill 3 sudah terbuka, kamu bisa mulai bantai-bantai Franco dengan ulti Benedetta. Benedetta akan kebal selama beberapa saat ketika menggunakan ulti-nya.

Jangan gunakan skill 2 untuk counter Franco kecuali kamu bisa menemukan timing pas untuk menahan serangannya dan melakukan counterattack. Intinya, gunakan kombinasi basic attack, skill 1 dan ulti saja untuk menahan gempuran Franco.

Baca juga: Simak! Ini Hero Counter Benedetta Terbaik

Natalia

counter franco dengan natalia

Hero Assassin yang masih laku di ranked ini juga bisa kamu gunakan untuk counter Franco karena memiliki reflek yang oke untuk membuatnya kerepotan menggunakan skill 1-nya.

Sebagai salah satu hero dengan skillset assassin sejati, kamu bisa manfaatkan skill pasif Natalia untuk menyerang Franco dari belakang secara sembunyi-sembunyi.

Franco memang bisa menarik Natalia dari balik dinding, tetapi ia tidak punya blink skill sehingga kamu bisa langsung membalas serangannya dengan skill 1 ataupun 2.

Sebelum kamu menghadapi Franco, Natalia harus banyak dapat buff merah maupun biru serta buff Turtle supaya kuat menghadapi serangan brutal Franco.

Opsi lainnya, kamu juga bisa membelikan item defense untuk Natalia agar tetap bisa bergerak setelah ditarik Franco.

Siapkan serangan balasan dengan menggunakan skill ulti Natalia ataupun skill 1-nya, dan akan lebih bagus jika kamu memosisikan Natalia di belakang Franco untuk damage lebih sakit.

Esmeralda

counter franco dengan esmeralda

Esmeralda juga akan sangat baik untuk counter Franco apalagi ketika ia sudah bisa akses ulti-nya. Kelebihan Esmeralda ada pada damage yang dihasilkannya. Ia bisa menjadi tank, cover, penghasil magic dan physical damage dalam waktu yang bersamaan.

Namun demikian, kamu perlu secara berkala menggunakan skill 1-nya supaya Esmeralda bisa Tangguh berhadapan satu lawan satu dengan Franco, apalagi ketika ia terkena skill-nya.

Serangan kombinasi Franco bisa kamu tahan dengan shield Esmeralda. Ketika ia lengah, langsung gunakan skill 2 dan ambil jarak sedikit darinya untuk melakukan ulti.

Dengan hybrid damage Esmeralda, kamu juga akan membuat Franco kewalahan ketika ia dilengkapi dengan item physical atau magic defense. Esmeralda juga sangat tangkas sehingga menambah opsi hero untuk menangkal gempuran serangan Franco.

Baca juga: Hero Terbaik Untuk Counter Esmeralda di Offlane MLBB, Gunakan Ini Aja Bro!

Gimana, udah nggak takut lagi menghadapi Franco sebagai tank yang rajin roaming kan? Dengan 12 hero tersebut, kamu punya banyak kesempatan untuk membalas serangan mematikan Franco di lane tertentu ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!