Cara Refund Game di Steam, serta Syarat dan Ketentuannya

Kamu bisa melakukan refund game di Steam dengan pengembalian dananya akan dilakukan satu minggu sejak permintaan disetujui
Run As Administrator
Refund Steam. Source: GAMINGbible

Jika kamu baru saja selesai membeli game di Steam, namun merasa tidak cocok atau gamenya tidak bisa dimainkan, maka kamu bisa melakukan refund.

Sebelum melakukan refund di Steam hal yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Jika kamu penasaran bagaimana cara refund di Steam, serta apa saja syarat dan ketentuannya, yuk simak semuanya di pembahasan berikut ini!

Baca juga: Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Lupa Password Steam

Syarat dan Ketentuan Refund di Steam

Game PC April 2024 - Steam
Syarat dan Ketentuan Refund di Steam. Source: Steam/Google

Kamu bisa melakukan refund di hampir semua game yang kami beli dengan alasan apapun. 

Dengan pengembalian dananya akan dilakukan satu minggu sejak permintaan disetujui dan dana akan masuk ke Steam Wallet atau ke metode pembayaran lainnya yang digunakan. 

Namun untuk bisa disetujui proses refundnya, kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Di bawah ini adalah syarat dan ketentuan sesuai jenis produknya yang telah dirangkum dari store.steampowered.com

Downloadable Content

Downloadable Content atau DLC merupakan konten tambahan untuk mendukung gameplay permainan. Kamu yang ingin melakukan refund DLC bisa melakukannya maksimal 14 hari sejak pembelian dan game yang dimainkan kurang dari dua jam sejak DLC dibeli. 

Selain itu, DLC tersebut belum digunakan, diubah, atau ditransfer. Untuk beberapa DLC tidak bisa dilakukan refund karena ada keterangan “tidak dapat dikembalikan” di halaman toko. 

Game

Pengembalian dana pembelian game bisa dilakukan maksimal 48 jam setelah pembelian dan item dalam game belum digunakan, diubah, atau ditransfer. 

Item Pre Order

Sejumlah game di Steam bisa kamu beli dengan melakukan pre order terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan refund sebelum perilisan game pada periode 14 hari atau dua jam setelah game dirilis.

Baca juga: Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Lupa Password Steam

Cara Melakukan Refund di Steam

Legalitas Steam Unlocked
Cara Melakukan Refund di Steam. Source: hpnonline.org

Dengan kamu telah mengetahui syarat dan ketentuan untuk melakukan refund, maka langkah selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah langkah-langkah melakukannya.

Di bawah ini cara refund game di Steam yang telah dirangkum dari help.steampowered.com

  • Masuk ke halaman help.steampowered.com dan login dengan akun Steam yang kamu miliki. 
  • Kemudian, klik “Purchases”.
  • Cari game yang ingin kamu refund dan kemudian klik game tersebut. Jika gamenya tidak terdaftar dalam “Purchases”, maka artinya game tersebut tidak memenuhi syarat untuk melakukan refund.
  • Setelah membuka game yang ingin dilakukan refund, klik masalah yang ditemui pada game di bagian “What problem are you having with this product?”. 
  • Klik pilihan “I purchased this by accident”. 
  • Klik “I’d like to request a refund” dan isi semua formulir permintaan refund.
  • Kamu akan menerima email sebagai konfirmasi jika permohonan sudah berhasil dikirim.
  • Selesai.
Baca juga: 7 Cara Memperbaiki Kecepatan Download Steam Lambat

Nah, itulah cara melakukan refund game di Steam. Semoga artikel ini berguna untukmu. Jangan lupa tetap ikuti terus VCGamers News untuk update lainnya mengenai games, tech and gadget, hingga anime.

Yuk top up Steam Wallet sekarang juga hanya di VCGamers Marketplace, karena dijamin mudah, aman, cepat, dan pastinya termurah.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!