Cara Mudah Mendapatkan Sarang Madu di Minecraft

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan sarang madu dengan aman dari serangan para lebah di Minecraft.
Sarang Madu
Sarang Madu. Source: RajCraft/Youtube

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan sarang madu dengan aman dari serangan para lebah di Minecraft.

Sarang madu sendiri adalah satu item yang termasuk dalam kategori Common di Minecraft. Kamu bisa mendapatkannya dari sarang lebah.

Sama seperti di kehidupan nyata, ketika kamu mulai mengusik sarang lebah, mereka akan mulai menjadi agresif dan menyerang kamu.

Baca juga: 

Cara Mendapatkan Sarang Madu di Minecraft Dengan Mudah

Cara Mendapatkan Sarang Madu di Minecraft
Sarang lebah di Minecraft. Source: RajCraft/Youtube

Sarang madu bisa pemain dapatkan dari dua tipe sarang lebah yaitu Bee nest dan Beehives. Bee nest terbentuk secara natural sedangkan Beehives bisa dibuat oleh pemain.

Lebah akan kembali ke sarang mereka pada malam hari atau ketika hujan turun setelah mengumpulkan serbuk sari dari sebuah bunga.

Mereka akan kembali ke sarang yang sama dengan yang pertama kali mereka masuki. Namun, jika sarang tersebut sudah terisi oleh 3 lebah, maka mereka akan mencari area terdekat untuk bersarang.

Sarang lebah yang terbentuk secara natural bisa menampung hingga 3 lebah dan selalu menghadap kearah selatan. Kamu bisa menemukan sarang lebah di berbagai bioma dengan peluang sebagai berikut:

  • Meadow: 100%
  • Cherry Grove: 5% di Java Edition dan tidak tersedia di versi Bedrock Edition
  • Plains dan Sunflower Plain: 5%
  • Mangrove Swamp: 5% di Java Edition dan 4% di Bedrock Edition
  • Flower Forest: 3% di Java Edition dan 2% di Bedrock Edition
  • Forest dan Birch Forest: 0.2% di Java Edition dan 0.035% di Bedrock Edition

Keduanya bisa dihancurkan dengan berbagai jenis peralatan atau hanya dengan menggunakan pukulan dari pemain. Jika ingin lebih cepat, kamu bisa menggunakan kapak.

Bagaimana cara mendapatkan sarang lebah dengan mudah dan aman di Minecraft? agar terhindar dari serangan para lebah, pastikan kamu sudah memakai Silk Touch pada peralatan yang kamu gunakan.

Cara Mendapatkan Sarang Madu di Minecraft
Kapak dengan Silk Touch. Source: RajCraft/Youtube

Dengan menggunakan Silk Touch, sarang lebah akan terjatuh dengan sendirinya dan para lebah akan tetap berada didalamnya. Mereka tidak akan marah ketika kamu mengambil madu dari sarang tersebut.

Jika kamu menggunakan peralatan tanpa Silk Touch untuk mengambil madu, para lebah akan marah dan menyerangmu dengan agresif.

Kamu juga tidak disarankan untuk menghancurkan sarang lebah dengan membuat api unggun dibawah sarang mereka. Karena hal ini juga akan membuat lebah marah.

Cara Memanen Sarang Lebah di Minecraft

Cara Mendapatkan Sarang Madu di Minecraft
Sarang madu yang siap panen. Source: RajCraft/Youtube

Sarang lebah di Minecraft dapat menghasilkan dua produk yang bisa kamu panen yaitu madu dan sarang madu.

Setiap kali seekor lebah masuk kedalam sarang yang penuh dengan serbuk sari maka dia akan mengubahnya menjadi madu dan sarang madu.

Setelah selesai, lebah tersebut akan menunggu hingga siang hari dan keluar dari sarang untuk mencari lebih banyak serbuk sari.

Ketika lebah meninggalkan sarang, kadar madu akan meningkat sebanyak 1 hingga maksimal 5. Saat sarang penuh, maka madu akan mulai menetes keluar.

Saat hal ini terjadi, maka itulah tanda yang menunjukkan bahwa sarang tersebut sudah siap untuk pemain panen isinya.

Untuk memanen madu, gunakan sebuah botol kaca pada sarang dan botol tersebut akan berubah menjadi Honey Bottle.

Sedangkan sarang madu sendiri bisa kamu dapatkan dengan menggunakan gunting. Satu sarang lebah akan menghasilkan 3 buah sarang madu.

Aktivitas panen ini akan membuat lebah dalam sarang menjadi agresif terhadap pemain. Kamu bisa mencegahnya dengan membuat api unggun yang berjarak 1 blok dibawah sarang lebah.

Cara Mendapatkan Sarang Madu di Minecraft
Memanen sarang madu dengan api unggun. Source: RajCraft/Youtube

Pastikan asap dari api unggun yang telah kamu buat tidak terhalang apapun sehingga bisa menyelimuti sarang dengan baik.

Asap bisa melewati tidak lebih dari 1 blok solid dan hanya bisa terjadi jika blok tersebut berada tepat diatas api unggun.

Agar lebah tidak terbakar oleh api, letakkan karpet diatas api unggun untuk menciptakan ruang bagi lebah saat mereka terbang.

Baca juga: 

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up kebutuhan game Minecraft atau produk digital yang murah, aman dan terpercaya, yuk top up di VCGamers Marketplace aja!

 

 

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!