Simak! Cara Menyembunyikan Aplikasi, Bisa di Semua Perangkat!

cara menyembunyikan aplikasi

Mempelajari cara menyembunyikan aplikasi baik di smartphone ataupun di PC merupakan salah satu alternatif dimana kita bisa mengubah berbagai aplikasi menjadi ikon dan nama yang berbed. Selain itu kita juga bisa menyembunyikan data rahasia kita seperti data keuangan yang ada di smartphone kita, ataupun beberapa kerjaan kita yang terbilang sangat rahasia.

Cara Menyembunyikan Aplikasi

Ada banyak sekali alasan untuk menyembunyikan aplikasi baik di smartphone ataupun di PC dan tentunya menyembunyikan aplikasi di devices kita memiliki banyak fungsinya, salah satunya adalah orang tua mungkin perlu mencegah anak-anak mereka melihat hal-hal yang tidak seharusnya mereka lihat dan para orang tua dapat menyembunyikannya dan menggunakan teknologi penguncian konten lainnya di perangkat anak-anak mereka.

Meskipun kalian hanya ingin menjaga privasi saat meminjamkan device kalian ke teman atau anggota keluarkan kalian, ada baiknya jika kalian mengetahui bahwa mempelajari cara menyembunyikan aplikasi khususnya di Android merupakan cara yang cukup mudah. Melalui artikel ini, VCGamers akan memberitahu kalian caranya menyembunyikan aplikasi di device kalian agar privasi kalian tetap terjaga.

Baca Juga: Daftar Kode Redeem ML Hari Ini 11 Juli 2022

Cara menyembunyikan Aplikasi di Android

cara menyembunyikan aplikasi
Hide Apps for Android

Jika kalian adalah pengguna android, ada banyak sekali cara untuk menyembunyikan aplikasi yang ingin kalian sembunyikan untuk kebutuhan privasi. Tentunya dari masing-masing merk smartphone memiliki caranya masing-masing ketika ingin menyembunyikannya.

Berikut cara menyembunyikan aplikasi di berbagai smartphone berbasis Android:

HP Samsung

Berikut cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung. Meskipun tidak semua HP Samsung memiliki pengaturan yang sama, namun metode ini bisa dipakai:

  1. Buka App Drawer di device kalian.
  2. Klik tiga titik di kanan atas.
  3. Buka Home Screen Settings (atau biasanya hanya Settings).
  4. Pilih opsi Hide Apps.
  5. Pilih aplikasi yang ingin kalian sembunyikan.
  6. Konfirmasikan melalui tombol Apply (atau tekan Done).
Baca Juga: 5 HP Gaming Kecil Terbaik di Tahun 2022

HP LG

Jika kalian pengguna smartphone LG, berikut cara menyembunyikan aplikasi di smartphone LG:

  1. Tekan lama home-screen untuk membuka Home Screen Settings.
  2. Buka opsi untuk Hide Apps.
  3. Pilih aplikasi apa pun yang ingin kalian sembunyikan.
  4. Konfirmasi melalui tombol Done.

HP Xiaomi

Jika kalian pengguna smartphone Xiaomi, berikut cara menyembunyikan aplikasi di smartphone Xiaomi:

  1. Buka SettingsAnda.
  2. Klik App lock lalu ikon roda gigi.
  3. Klik Hidden apps.
  4. Klik Manage hidden apps.
  5. Pilih aplikasi yang ingin kalian sembunyikan.

HP OnePlus

Jika kalian pengguna smartphone OnePlus, berikut cara menyembunyikan aplikasi di smartphone OnePlus:

  1. Bukaapp drawer dan swipe ke kanan.
  2. Klik + untuk menambahkan aplikasi.
  3. Klik tanda centang untuk mengonfirmasi.
  4. Klik tiga titik di sudut kanan atas.
  5. Pilih Enable password dan atur kata sandi yang kuat untuk keamanan yang maksimum.

HP Huawei

Untuk smartphone Huawei, merek memiliki private folder tersendiri yang disebut “PrivateSpace” yang dimana kalian sebagai penggunanya bisa hide apps kalian bersamaan dengan filenya dan menguncinya dengan menggunakan sistem fingerprint. Hal yang perlu kalian ingat adalah kalian tidak bisa menggerakan applikasi yang ingin kalian sembunyikan dari home screen ke PrivateSpace, melainkan kalian harus men-downloadnya lagi langsung ke folde PrivateSpace.

Pertama, kalian harus menyiapkan PrivateSpace terlebih dahulu dengan langkah-langkah Settings > Security & privacy > PrivateSpace. Setelah itu kalian bisa melakukan langkah sebagai berikut:

  1. Buka PrivateSpace kalian dengan fingerprint
  2. Download aplikasi apapun yang ingin kalian sembunyikan.
Baca Juga: Simak! Berikut 5 HP 5G Murah di 2022!

Gunakan Aplikasi Tambahan

cara menyembunyikan aplikasi
Launcher to Hide Apps

Selain dengan metode bawaan yang sudah disediakan dari masing-masing smartphone Android, kalian juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk membantu metode ini agar lebih lancar. Selain dapat menyembunyikan, menggunakan aplikasi tambahan dapat menggunakan fitur-fitur lainnya seperti mengubah nama dan ikon aplikasi.

Bahkan, beberapa orang yang menggunakan metode ini berhasil mengubah aplikasi yang ingin mereka ubah menjadi kalkulator ataupun kalender. Jika kalian ingin menggunakan metode ini, berikut rekomendasi aplikasi tambahan yang juga jitu untuk menyembunyikan aplikasi yang ingin kalian sembunyikan:

Nova Launcher

Nova Launcher merupakan aplikasi yang tersedia secara gratis dan berbayar. Aplikasi ini merupakan pengganti home screen bagi siapa saja yang ingin menambah pengalaman penggunakan smartphone mereka.

Jika kalian ingin menggunakan Nova Launcher, kalian tidak perlu melakukan akses root ke smartphone kalian, jadi kalian tidak perllu memberikan aplikasi kontrol penuh atas device kalian. Jika kalian memutuskan untuk menggunakan Nova dan menggunakannya sebagai default launcher, maka kalian dapat mengedit nama dan ikon aplikasi kalian.

Berikut langkah-langkah menggunakan Nova Launcher:

  1. Swipde ke atas untuk membuka App Drawer kalian, tekan yang lama pada aplikasi yang ingin kalian edit, dan pilih Edit.
  2. Ubah nama aplikasi tersebut sesuka kalian, setelah itu klik Done
  3. Selain itu, kalian juga bisa mengubah ikon dari aplikasi tersebut dengan mengkliknya.

Jika kalian menggunakan yang berbayar, kalian bisa menyembunyikan aplikasi tersebut di App Drawer, meskipun kalian tetap bisa menemukannya dengan mencarinya.

Baca Juga: LINE Today Ditutup, Mulai Rambah Blockhain Hingga NFT

App Hider

App Hide merupakan aplikasi lainnya yang bisa kalian dapatkan secara gratis. Untuk menggunakan App Hider, berikut langkah-langkahnya:

  1. Install dan buka App Hider.
  2. Klik + untuk memilih aplikasi yang ingin kalian sembunyikan.
  3. Setelah kalian mengimpor aplikasi yang kalian pilih ke App Hider, klik di menu App Hider untuk menyembunyikannya atau menjalankan beberapa instance dengan fitur Ganda.
  4. Dari menu App Hider, kalian juga dapat menyembunyikan aplikasi itu sendiri sebagai kalkulator.

Dapatkan semua kebutuhan gaming kalian di VC Market by VCGamers.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!