Cara Meningkatkan Keamanan Bermain Game Online

Keamanan Bermain Game Online
Ilustrasi cyber security smartphone. Source: Pixabay

Game online telah menjadi semakin populer, menarik banyak gamer. Meskipun game online menawarkan banyak benefit, namun game online juga memiliki risiko keamanan yang patut dikhawatirkan.

Karena itu, para gamer perlu waspada dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri mereka sendiri dari berbagai ancaman online, termasuk peretasan, phishing, dan malware. Artikel ini akan membahas beberapa strategi untuk meningkatkan keamanan game online yang kamu mainkan.

Mengaktifkan Two-Factor Authentication (2FA)

Jika kamu sudah mengaktifkan 2FA, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi kedua selain password sebelum dapat mengakses akun kamu. Two-factor authentication memberikan lapisan keamanan tambahan pada akun kamu.

2FA bisa dalam bentuk kode sekali pakai yang dikirim ke perangkat seluler kamu atau autentikasi biometrik seperti pemindaian sidik jari atau ID wajah.

Gunakan Password yang Susah dan Unik

Menggunakan password susah dan unik yang berbeda untuk semua akun game kamu sangatlah penting. Ini memastikan bahwa tidak ada entitas yang tidak sah yang akan mengakses akun game kamu. Jika salah satu kata password kamu dibobol, akun tertentu akan berisiko sementara semua akun kamu yang lain akan tetap aman.

Hindari membuat password yang mudah ditebak oleh peretas, seperti tanggal lahir atau hari jadi kamu. Sebaliknya, gunakan kombinasi angka, simbol, dan huruf untuk membuat password yang rumit.

Selain itu, gunakan password yang berbeda untuk setiap akun dan pertimbangkan untuk menggunakan password manager untuk menyimpan dan mengelola password kamu yang rumit. Dengan cara ini, kamu tidak perlu mengingat password yang rumit tersebut.

Selalu Perbarui Software

Kamu dapat meningkatkan keamanan perangkat kamu dengan memperbarui software game, sistem operasi, dan aplikasi keamanan apa pun yang mungkin kamu jalankan di perangkat kamu secara teratur. Pembaruan untuk patch vulnerabilities yang dapat digunakan oleh peretas untuk mendapatkan kendali atas akun kamu sering kali dirilis oleh developer.

Gunakan VPN

Cara lain untuk melindungi diri data kamu secara online adalah dengan menggunakan Virtual Private Network (VPN). VPN mengenkripsi trafik website kamu, sehingga lebih sulit bagi para pelaku ancaman untuk meretas. VPN juga membantu menyembunyikan alamat IP kamu, menambahkan lapisan privasi dan keamanan saat bermain game.

Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Saat kamu membeli aset dalam game atau melakukan deposit/top up ke akun kamu, pastikan untuk menggunakan metode pembayaran yang aman dan bereputasi baik.

Hindari menyimpan informasi akun kamu di platform game untuk berjaga-jaga jika terjadi pembobolan dan waspadai transaksi yang tidak dikenal. Mengaktifkan notifikasi di smartphone kamu dapat membantu kamu menangani ancaman keamanan segera setelah terjadi.

Selalu Monitoring Aktivitas Akun

Kamu harus meluangkan waktu untuk memeriksa akun game kamu secara rutin untuk mengetahui aktivitas yang tidak biasa.

Jika kamu melihat aktivitas yang tidak biasa atau transaksi yang mencurigakan, kamu harus segera melaporkannya kepada pihak berwenang yang terkait. Segera ubah kata sandi kamu untuk mencegah pelaku mengakses akun kamu lagi.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!