Tech & Gadget

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Tanpa Restart

Published by
Sukmadara Arianti

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Tanpa Restart

Beberapa pengguna smartphone mungkin ada yang belum memahami bagaimana cara menghilangkan mode aman tanpa harus restart.

Android memang memiliki sistem operasi yang sangat canggih, namun sebenarnya ada beberap aplikasi yang bisa nge-freeze. Oleh karena itu, mode aman ini sangat berguna untuk mengatasi masalah.

Mode aman ini akan membantu troubleshooting serta memungkinkanmu untuk mencari-cari proses background tanpa harus menimbulkan kerusakan.

Maka dari itu, kali ini kita akan memberi informasi terkait cara menghilangkan mode aman tanpa restart dengan mudah. Langsung saja ikuti cara-caranya, ya!

Baca juga:

Cara Menghilangkan Mode Aman Tanpa Restart

Safe Mode on Samsung Galaxy Note 9. Sumber: Tech With Brett/Youtube

Melansir dari nordvpn.com, Mode Aman atau Safe Mode adalah sebuah fitur yang akan membantu untuk mengatasi masalah pada perangkat.

Di Android sendiri adalah salah satu sistem untuk menjalankan smartphone. Pada smartphone Android sendiri telah dilengkapi dengan fitur mode aman.

Untuk mengaktifkan mode aman berarti hanya aplikasi atau layanan sistem yang aktif. Aplikasi yang di download melalui Google PlayStore atau pihak ketiga tidak akan aktif jika menggunakan mode aman.

Mode aman ini cukup berfungsi jika smartphone-mu tidak bisa berjalan lancar, seperti lemot, restart, nge-freeze, macet dan masalah lainnya.

Walaupun begitu, pengguna masih sulit untuk mengetahui penyebabnya, namun dengan mode akan akan memperbaiki semuanya pada smartphone-mu.

Dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang secara otomatis, menggunakan mode aman bisa menunjukkan terkait masalah pada software atau lainnya.

Apabila smartphone berjalan normal dalam keadaan mode aman tersebut aktif, maka dapat dipastikan bahwa penyebabnya adalah aplikasi pihak ketiga.

Walaupun fitur ini cukup berguna untuk mengamankan smartphone dari segala jenis malware berbahaya. Namun, ternyata fitur mode aman ini sangat menganggu.

Fitur mode aman ini bisa kamu aktifkan sendiri secara manual, tapi fitu ini juga bisa aktif sendiri apabila mendeteksi virus atau malfungsi di aplikasi smartphone.

Apabila mode aman ini telah aktif, nantinya akan muncul tulisan “Safe Mode” yang berada di pojok kiri bawah smartphone.

Jika mode aman ini telah aktif, hal yang paling umum dilakukan dengan me-restart smartphone. Akan tetapi, banyak orang yang malas restart karena akan menghilangkan beberapa data.

Bagi kamu yang merasa mode aman tersebut tiba-tiba aktif di smartphone tapi malas restart. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan!

Hapus Cache

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghapus cache di smartphone. Cache ini adalah wadah penyimpanan sementara aplikasi untuk setelan mereka.

Selain itu juga, cache merupakan sampah aplikasi yang bisa membuat storage memori smartphone-mu menjadi penuh dan cache ini juga bisa membuat smartphone mengaktifkan mode aman secara tiba-tiba.

Maka dari itu, dibawah ini adalah cara untuk menghapus cache yang bisa menonaktifkan mode aman di smartphone dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka menu “Settings” atau “Pengaturan” di smartphone Android-mu.
  2. Scroll ke bawah dan pilih menu “Aplikasi”.
  3. Nantinya, semua aplikasi yang ada di smartphone-mu akan muncul.
  4. Pilih salah satu aplikasi yang akan dihapus cache-nya.
  5. Nanti akan menampilkan informasi tentang aplikasi.
  6. Scroll sedikit kebawah dan klik “Hapus Cache” atau “Clear Cache”.
  7. Selesai.

Kamu bisa menghapus cache tersebut di salah satu aplikasi, namun sangat disarankan untuk menghapus semua cache di seluruh aplikasi yang ada di smartphone-mu.

Factory Reset

Apabila melakukan clear cache masih tidak berfungsi, maka kamu bisa melakukan Factory Reset atau Hard Reset untuk mengatasi masalah ini.

Factory reset adalah proses pengembalian perangkat ke pengaturan aslinya atau setelan pabrik, yang dimana persis seperti smartphone baru.

Penting diingat bahwa apabila kamu ingin melakukan Factory Reset, maka semua data, pengaturan, aplikasi termasuk cookies, cache atau sistem smartphone-mu akan hilang.

Namun, jika kamu penasaran ingin menghilangkan mode aman tanpa restart dengan melakukan Factory Reset, penting untuk membackup data terlebih dahulu.

Dibawah ini kamu bisa melakukan Factory Reset dengan cara dibawah ini:

  1. Buka menu “Settings” atau “Aplikasi”.
  2. Scroll dan cari “Tentang Ponsel” atau “About Phone”.
  3. Di beberapa smartphone menu ini bernama “Backup & Reset”.
  4. Setelah masuk ke menu tersebut, scroll dan cari “Factory Reset”.
  5. Nantinya, smartphone-mu akan me-reset dan tunggu hingga proses reset selesai.

Notification Panel

Di setiap smartphone pasti memiliki notification panel untuk mengakses notifikasi ataupun aplikasi dengan cepat. Notification panel ini berada di bagian atas layar yang akan menampilkan ikon notifikasi, waktu, baterai ataupun aplikasi lainnya.

Bagi pengguna HP Samsung, kamu juga bisa menggunakan notification panel untuk menghilangkan mode aman tanpa harus restart terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Unlock smartphone Samsung-mu.
  2. Tarik notification panel dari atas ke bawah.
  3. Nantinya, akan muncul notifikasi jika “Mode Aman telah aktif”.
  4. Klik “Mode Aman” atau “Safe Mode” pada panel notifikasi.
  5. Klik opsi “Matikan Mode Aman”.
  6. Selesai.

Melepas Baterai

Selanjutnya kamu juga bisa melakukan cara untuk menghilangkan mode aman tanpa restart dengan melepas baterai. Melepas baterai akan mematikan daya serta mode aman akan hilang jika memasangkannya kembali.

Setiap baterai yang terpasang di smartphone sebenarnya cukup berbeda-beda, ada baterai tanam atau baterai lepas-pasang tergantung mereknya.

Jika smartphone-mu menggunakan baterai tanam, kamu tak perlu melepas baterainya hanya melepas konektor baterainya, lalu pasang dan nyalakan kembali.

Akan tetapi, apabila ingin melepas konektornya harus bongkar casing yang perlu dilakukan oleh jasa service berpengalaman.

Oleh karena itu juga, dikarenakan melepas casing baterai tanam tersebut harus dilakukan secara hati-hati karena tersambung dengan fingerprint atau kabel yang bisa rusak.

Tombol Power dan Volume

Selain itu juga, kamu bisa menghilangkan mode aman dengan cara menggunakan tombol power ataupun volume yang berada di sisi kanan atau kiri smartphone-mu.

  1. Tahan Lama Tombol Power sampai muncul logo smartphone.
  2. Tunggu sebentar.
  3. Tekan dan Tahan tombol volume down dengan cepat.
  4. Selesai.

Alasan Penting Menghilangkan Mode Aman

Safe Mode on Samsung Galaxy Note 9. Sumber: Tech With Brett/Youtube

Mode aman memang cukup berguna untuk mengetahui masalah pada perangkat. Namun, fitur ini tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari.

Fitur ini digunakan pada saat aplikasi yang dijalankan sedang lemot atau nge-freeze saja. Setalah di nonaktifkan kembali, smartphone akan berjalan seperti semula.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang harus kamu ketahui mengapa penting untuk menghilangkan mode aman di smartphone yaitu diantaranya:

Mengembalikan Fungsi Aplikasi

Safe mode atau mode aman hanya memungkinkan aplikasi bawaan berjalan dengan lancar kembali apabila sebelumnya mengalami crash atau nge-freeze.

Fitur Terbatas

Apabila kamu mengaktifkan mode aman, kemungkinan kamu tidak bisa mengakses beberapa fitur pada smartphone sehingga fitur yang bisa diakses hanya terbatas.

Oleh karena itu, kamu harus menghilangkan mode aman supaya bisa mengakses semua fitur bawaan dari smartphone-mu.

Menyelesaikan Masalah

Setelah melakukan troubleshooting, kamu pun bisa memastikan apakah masalah yang dialami oleh smartphone-mu telah teratasi dengan baik tanpa mode aman.

Notifikasi Error

Selain itu juga, terkadang dengan mengaktifkan mode aman akan membuat aplikasi menjadi tidak aktif dan akan menampilkan beberapa notifikasi error atau tidak masuk.

Baca juga:

Yuk segera top up kebutuhan produk digital termurah-mu murah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace, ya!

Sukmadara Arianti