Cara Menghentikan Telepon dari Greater Jakarta

Ternyata, cara menghentikan telepon dari greater Jakarta dapat dilakukan dengan cukup mudah asalkan kamu mengetahui caranya.
cara menghentikan telepon dari greater jakarta
Cara Menghentikan Telepon dari Greater Jakarta. Sumber: Freepik

Cara Menghentikan Telepon dari Greater Jakarta yang Menggangu

Maraknya aksi penipuan membuat sebagian orang menjadi khawatir jika ditelepon oleh nomor yang tidak dikenal. Bahkan, tak jarang dari mereka termakan iming-iming palsu sehingga mengalami kerugian materi dari aksi tersebut.

Belakangan ini, banyak orang yang menerima telepon dari kode Greater untuk area Jakarta. Terlebih lagi, para penelpon tersebut seringkali melakukan spam yang sangat menganggu.

Lantas, bagaimana cara menghentikan telepon dari Greater Jakarta tersebut? Simak ulasannya secara lengkap di bawah ini, ya!

Baca juga:

Cara Menghentikan Telepon dari Greater Jakarta

cara menghentikan telepon dari greater jakarta
Cara Menghentikan Telepon dari Greater Jakarta. Sumber: Freepik

Biasanya, mereka menggunakan kode +6221 atau 021. Berikut adalah cara menghentikan telepon dari Greater Jakarta dengan mudah dan simpel:

Blokir Nomor

Cara menghentikan telepon dari Greater Jakarta pertama adalah dengan memblokir nomor tersebut. Adapun caranya dapat dilakukan dengan cukup mudah, tergantung device yang kamu gunakan:

Pengguna Android:

  1. Pilih menu panggilan pada HP,
  2. Cari pilihan “selanjutnya” atau “riwayat panggilan”.
  3. Cari nomor telepon yang ingin diblokir,
  4. Pilih “blokir” atau “laporkan spam”.

Pengguna iPhone:

  1. Buka menu panggilan,
  2. Pilih bagian “riwayat panggilan”,
  3. Klik ikon logo “i” yang terletak pada ujung kanan,
  4. Gulir hingga ke bawah dan pilih “blok pemanggil”.

Instal Aplikasi Penyaringan Telepon

Kamu juga bisa menghentikan panggilan tersebut dengan memasang aplikasi penyaringan telepon seperti Truecaller, Nomorobo, Getcontact, dan sejenisnya.  Adapun, aplikasi tersebut tersedia secara gratis di Play Store ataupun App Store.

Melaporkan ke Operator

Jika ketiga cara tersebut belum berhasil, kamu bisa mencoba untuk melaporkan nomor tersebut ke operator terkait. Biasanya, mereka memiliki layanan untuk melaporkan serta memblokir panggilan yang mengganggu.

Kode Nomor Panggilan Wilayah di Greater Jakarta

cara menghentikan telepon dari greater jakarta
Kode Greater Area Jakarta. Sumber: Freepik

Sebagai langkah pencegahan, berikut adalah beberapa kode nomor panggilan wilayah di Greater Jakarta yang penting untuk kamu ketahui:

  1. Jakarta: Kode area (021),
  2. Bogor: Kota Bogor dan sebagian Kabupater Bogor (0251), Puncak dan sebagian Kabupater Bogor (0266),
  3. Depok: Kode area (021),
  4. Tangerang: Kota Tangerang dan sebagian Kabupaten Tangerang (021), Tangerang Selatan (021), Serpong dan Ciputat (021), wilayah lain Kabupaten Tangerang (0253),
  5. Bekasi: Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi (021).

Alasan Nomor Kamu Ditelepon Greater Jakarta

cara menghentikan telepon dari greater jakarta
Alasan Ditelepon Greater di Jakarta. Sumber: Freepik

Berikut adalah beberapa alasan kamu bisa ditelepon oleh Greater Jakarta:

Keperluan Bisnis atau Layanan

Tak jarang beberapa perusahaan besar, bank atau penyedia layanan melakukan panggilan untuk kebutuhan mereka. Biasanya, mereka menelpon kamu untuk urusan administrasi, penawaran, atau mengonfirmasi hal-hal tertentu.

Penawaran Produk

Di era yang serba digital sekarang ini, banyak perusahan yang melakukan telemarketing untuk menawarkan produk atau layanan unggulan mereka. Biasanya, mereka melakukan panggilan dengan menggunakan kode Greater.

Sebagai contoh, mereka bisa saja menawarkan beberapa penawaran produk seperti kartu kredit, asuransi, pinjaman, ataupun layanan lainnya.

Urusan Administasi Pemerintahan

Jika kamu memiliki urusan dengan lembaga pemerintahan seperti pajar, imigrasi, atau bahkan kepolisian, biasanya mereka menghubungi kamu melalui kode Greater untuk keperluan administrasi.

Target Penipuan

Walapun banyak penggunaan kode Greater untuk keperluan penting dari instansi tertentu, tak menutup kemungkinan kode tersebut disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk kejahatan.

Biasanya, mereka menelpon dengan menyamar jadi bagian dari perusahaan besar. Setelahnya, mereka meminta informasi pribadi atau memberikan keterangan palsu agar kamu melakukan transaksi.

Baca juga:

Nah, itu tadi merupakan beberapa cara menghentikan telepon dari Greater Jakarta yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan simpel.

Namun demikian, belum tentu semua nomor yang berasal dari Greater Jakarta tidak perlu diangkat lho! Bisa jadi, orang yang menghubungi kamu merupakan sumber terpercaya.

Top up game dan beli produk digital termurah dan cepat di VCGamers Markteplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!