Tech & Gadget

Cara Mengetahui WA Kita Diblokir Tanpa Chat

Published by
Sukmadara Arianti

Cara Mengetahui WA Kita Diblokir Tanpa Chat

Saat ini banyak yang membutuhkan informasi terkait cara mengetahui WA kita diblokir tanpa chat untuk memastikan apakah seseorang telah memblokir kita di Whatsapp.

Whatsapp sendiri telah dilengkapi dengan sebuah fitur blokir yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk memblokir seseorang.

Pada umumnya, fitur tersebut digunakan apabila seseorang merasa terganggu atau tak ingin menjalin komunikasi dengan kontak tertentu.

Hadirnya fitur ini di Whatsapp sehingga pengguna bisa memilih untuk berhenti komunikasi dengan kontak yang dianggap menganggu tersebut.

Apabila seseorang telah memblokir pihak tersebut, mereka tidak akan mengetahuinya. Namun, kemungkinan mereka akan curiga jika telah diblokir karena tidak dapat chat, profil dan ‘last seen’ hilang.

Mungkin selama ini kita langsung mengirim chat untuk tahu diblokir atau tidak. Tapi sebetulnya ada beberapa cara untuk mengetahui WA kita diblokir tanpa chat, lho!

Baca juga: 

Cara Mengetahui WA Kita Diblokir Tanpa Chat

Daftar Kontak yang Diblokir. Sumber: Webpro Education/Youtube

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah kita diblokir oleh seseorang di Whatsapp tanpa harus menghubungi mereka lewat chat.

Tidak Ada Foto Profil

Salah satu ciri-ciri jika Whatsapp kita diblokir adalah melihat dari foto profil yang digunakan oleh orang tersebut. Jika kamu melihat sebelumnya ada, tapi tiba-tiba hilang, kemungkinan kamu diblokir.

Tapi perlu diketahui juga, kemungkinan saja mereka memang sengaja mengganti foto profil mereka ke default karena suatu alasan tertentu.

Last Seen Hilang

Cara lain untuk mengetahui kita telah diblokir oleh seseorang melihat dari ‘Last Seen (Terakhir Dilihat)’ yang selalu muncul dibawah profil mereka apabila mengaktifkannya.

Hal ini juga digunakan oleh banyak pengguna untuk mengetahui kapan mereka terakhir kali aktif di Whatsapp.

Namun di beberapa kasus, status ‘Last Seen’ seseorang tiba-tiba menghilang secara otomatis beserta foto profilnya, kemungkinan kamu telah diblokir.

Penting diingat, kemungkinan juga penggun tersebut telah menonaktifkannya melalui Setting ‘Privacy’ Whatsapp sehingga status ‘Last Seen’ tidak bisa dilihat.

Tidak Bisa Ditelepon

Seperti yang kita tahu bahwa, terdapat dua indikator apabila kita melakukan panggilan ke kontak kita di Whatsapp yaitu ‘Ringing (Berdering)’ dan ‘Calling (Memanggil)’.

Namun, ketika kamu mencoba menghubungi melalui telepon dan hanya menunjukkan status ‘Calling (Memanggil)’ dengan foto profil default, kemungkinan mereka telah memblokirmu.

Perlu diketahui juga apabila status ‘Calling (Memanggil)’ ini, kemungkinan seseorang yang kamu hubungi memang tidak sedang aktif Whatsapp, mematikan data internet atau kendala jaringan.

Maka dari itu, walaupun status ‘Caling (Memanggil)’ dapat membuat overthinking jika kamu telah diblokir oleh mereka, padahal sebetulnya memang ada kendala lain yang dihadapi oleh mereka.

Undang Ke Grup

Cara efektif lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mencoba menambahkan kontak tersebut ke dalam sebuah grup di Whatsapp.

Apabila kamu telah diblokir seseorang di Whatsapp, maka kamu tidak akan bisa menambahkannya ke dalam grup yang nantinya akan memunculkan pop-up “Couldn’t Add …”.

Jika kamu telah mencoba menambahkan mereka kedalam grup tetapi tidak berhasil, tentu hal ini bisa menjadi sebuah petunjuk telah diblokir seseorang.

Chat

Cara terakhir yang paling umum dilakukan oleh banyak pengguna Whatsapp untuk memastikan bahwa telah diblokir adalah dengan mengirim chat.

Jika kamu mencoba chat ke seseorang tapi ceklis satu dengan status online dan foto profilya hilang, kemungkinan mereka telah memblokirmu di Whatsapp.

Dengan tanda centang satu tersebut, pesan yang kamu kirim tidak akan sampai ke si penerimanya. Jadi, mereka yang telah memblokirmu tidak akan bisa menerima pesanmu.

Namun, perlu diketahui juga bahwa tanda centang satu tersebut kemungkinan juga seseorang memang sedang tidak aktif Whatsapp.

Cara Agar Tidak Diblokir Seseorang di Whatsapp

Blokir Kontak. Sumber: Faculty of Apps/Youtube

Apabila kita diblokir seseorang di Whatsapp, pasti merasa terkejut dan cukup membingungkan, apalagi jika kita tak pernah membuat masalah dengan orang tersebut.

Tapi ada beberapa alasan apabila seseorang telah memblokirmu di Whatsapp. Berikut ini adalah cara supaya kita tidak diblokir oleh orang Whatsapp dan mereka tetap merasa nyaman sekontak dengan kita.

Perbedaan Opini atau Konflik

Salah satu alasannya, kemungkinan adanya perbedaan opini ataupun masalah yang belum diselesaikan sehingga cara cepatnya adalah memblokir.

Bisa jadi orang tersebut merasa terganggu atau tidak nyaman dengan chat terakhir darimu yang secara tidak sadar menyudutkan mereka sehingga terjadinya salah paham.

Maka dari itu, jangan biarkan situasinya semakin memanas. Jika memungkinkan, ajak ngobrol secara baik-baik dengan membawa pihak ketiga sebagai mediatornya.

Jaga Privasi

Beberapa orang memilih untuk membatasi komunikasi dengan orang tertentu untuk menjaga privasi mereka. Namun, kemungkinannya mereka terlalu banyak menerima pesan atau tidak ingin menjalin komunikasi dengan orang yang kurang dekat di Whatsapp.

Kamu bisa dengan menghargai setiap keputusan dari mereka. Namun, jika mereka telah meblokirmu, mungkin ada satu dan lain hal yang tak bisa diketahui olehmu sehingga harus menghubungi dengan cara lain.

Menjaga Jarak

Ada tipe-tipe orang yang senang memblokir karena ingin menjaga jarak dalam hubungan, baik pertemanan, rekan kerja ataupun orang yang baru kenal.

Maka dari itu, untuk menghindari pemblokiran dari mereka, cobalah dengan cara yang sopan dan tidak menganggu mereka untuk berkomunikasi dengannya.

Spam

Terkadang, ada tipe-tipe orang yang tidak suka di-spam, baik itu chat ataupun panggilan karena merasa risih atau terganggu sehingga mereka melakukan blokir kepada orang tersebut.

Jika kamu pernah melakukannya, hentikan kebiasaan spaming tersebut dan lakukanlah komunikasi yang lebih personal dan tentunya sopan.

Izin Sebelum Melakukan Panggilan

Ada beberapa orang yang merasa terganggu atau kurang suka apabila ditelepon secara tiba-tiba, terutama jika mereka sedang sibuk.

Alangkah baiknya, kamu harus menanyakan terkait kapan mereka bersedia untuk dihubungi dan hindari spam call kepada mereka untuk menghindari blokir oleh mereka.

Baca juga: 

Yuk, segera top up kebutuhan produk digital favorit-mu termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace ya!

Sukmadara Arianti