Cara Mengatasi Ngeframe saat Main Games

Ngeframe adalah kondisi dalam permainan yang sangat menyebalkan. Bagi para penggemar game online, pasti akrab dengan istilah yang satu ini.
Ngeframe di Mobile Legends
Ngeframe di Mobile Legends. Source: Mobile Legends

Ngeframe adalah kondisi dalam permainan yang sangat menyebalkan. Bagi para penggemar game online seperti Mobile Legends pasti sudah akrab dengan istilah yang satu ini.

Saat hal ini terjadi, performa permainan pasti tidak akan maksimal. Kondisi ngeframe menyebabkan gerakan dalam permainan menjadi patah-patah atau delay.

Artikel kali ini akan membahas tentang arti ngeframe dan bagaimana cara mengatasinya di Mobile Legends. Untuk kamu yang sering mengalami ngeframe, yuk simak artikel di bawah ini.

Baca juga: Gameplay Novaria Hero Baru MLBB yang Menawan

Ngeframe Merugikan

Ngeframe adalah di Mobile Legends
Ngeframe adalah kondisi delay di Mobile Legends. Source: Mobile Legends

Ngeframe adalah keadaan gerakan yang patah-patah atau delay yang menyebabkan pemain berada dalam satu frame selama sepersekian detik.

Jika kamu mengalami penurunan frame di Mobile Legends, biasanya akan ada notifikasi dari sistem yang merekomendasikanmu untuk menurunkan FPS dalam game agar permainan bisa lebih lancar.

Kondisi ini akan membuat pergerakan karakter yang sedang kamu mainkan terhambat atau tidak bisa digerakkan sama sekali. Ngeframe tentu sangat merugikan untuk para gamers terutama yang memainkan game online realtime seperti Mobile Legends.

Cara Mengatasi Ngeframe di Mobile Legends

Ngeframe disebabkan oleh banyak hal, oleh karena itu cara mengatasinya juga berbeda. Berikut adalah cara mengatasi ngeframe di Mobile Legends.

Atur FPS Menjadi Lebih Rendah

Pengaturan grafis di Mobile Legends
Cara mengatasi ngeframe. Source: Mobile Legends

Mengatur FPS menjadi lebih rendah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi ngeframe. Dengan mengurangi kualitas grafis dan refresh rate akan membantu smartphone menyesuaikan diri dengan game sehingga meminimalkan terjadinya ngeframe.

Untuk mengatur grafis, kamu bisa login ke Mobile Legends lalu pergi ke menu pengaturan yang ada di pojok kanan atas sebelah menu pesan.

Pada menu Dasar, centang pilihan “rendah” di Refresh Rate dan centang pilihan “rendah” atau “sedang” di bagian grafis. Setelah melakukan langkah-langkah ini, kamu bisa langsung bermain atau melakukan login ulang.

Periksa Koneksi Internet

Cara mengatur koneksi internet agar tidak ngeframe
Mengatur koneksi internet di Mobile Legends. Source: Mobile Legends

Mobile Legends adalah permainan game online, sehingga kenyamanan bermain dalam game sangat dipengaruhi oleh koneksi internet yang kamu gunakan.

Sebelum masuk kedalam permainan, pastikan kalau kamu sudah terkoneksi dengan baik ke internet. Lebih baik lagi kalau kamu menyambungkan perangkat ke wifi sehingga koneksinya lebih stabil.

Untuk mengatur jaringan lebih baik, Moonton ternyata menyediakan fitur ini. Pertama, login ke dalam game lalu pergi ke menu pengaturan.

Setelah itu, cari menu Jaringan. Pilih “aktif” pada Mode Speed dan Peningkatan Jaringan. Jika kamu menonaktifkan “Mode Speed”, maka data yang akan digunakan lebih sedikit namun kemungkinan lag atau ngeframe akan lebih besar.

Sedangkan kalau kamu mengaktifkan Mode Speed, maka data yang dihabiskan akan lebih banyak namun bisa mengatasi masalah lag atau ngeframe dengan lebih stabil.

Fitur Peningkatan Jaringan sendiri adalah saat kamu bermain dengan mengaktifkan wifi dan internet smartphone secara bersamaan. Fitur ini tidak tersedia untuk perangkat Android dibawah versi 6.0.

Jangan Bermain Game Sambil Melakukan Charge

Cara mengatasi ngeframe
Mengecas Smartphone berpotensi membuat ngeframe dalam game. Source: Pinterest

Mungkin beberapa orang memang ada yang tidak percaya dengan pengaruh men-charge perangkat saat bermain dengan sering terjadinya ngeframe dalam game.

Banyak orang yang sering bermain game ini dengan menyambungkan perangkat mereka ke charger. Ternyata, banyak user yang terbukti mengalami masalah ngeframe dan ngelag lebih sering saat bermain sambil mengecas.

Untuk performa bermain yang lebih maksimal, tidak ada salahnya untuk menunggu perangkatmu terisi dulu sebelum bermain Mobile Legends sehingga masalah ngeframe bisa dihindari.

Baca juga: Apa itu MMR Mobile Legends dan Bagaimana Cara Penghitungannya?

Nah itulah artikel tentang pengertian ngeframe dan bagaimana cara mengatasinya. Dari tiga cara diatas, mana yang paling ampuh menurutmu?

Jangan lupa, yuk Top Up ML Murah dan Cepat di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!