Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Penyebab Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid yaitu Masalah Jaringan Seluler | Bug | Kode Salah | Masalah Teknis Operator Seluler.
masalah sambungan atau kode mmi tidak valid (3)
Invalid MMI Code. Sumber: Reddit

Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Bagi pengguna operator seluler, mungkin seringkali mengalami masalah sambungan atau kode MMI tidak valid saat ingin mengecek pulsa, cek kuota atau layanan lain. Nah, kali ini kita akan membahasnya lebih jauh.

Kode MMI atau Man-Machine Interface adalah angka atau kode yang berfungsi untuk mengakses layanan di menu dial up pada smartphone. Biasanya kode MMI tersebut diperlukan saat user akan mengakses layanan dari operator seluler yang digunakannya.

Baca juga: Lagi Main Tiba-Tiba Ditelepon? Gini Cara Antisipasinya!

Kode MMI

masalah sambungan atau kode mmi tidak valid (4)
Contoh Kode MMI. Sumber: Fiverr

Melansir dari airtel.in, Man-Machine Interface atau Kode MMI merupakan kode yang diawali dengan tanda bintang (*) atau tanda pagar (#).

Seperti yang sebeluknya dijelaskan, kode tersebut digunakan untuk mengetahui beragam informasi dari layanan operator seluler atau smartphone yang kamu gunakan.

Seperti misalnya, kamu memasukkan kode *#06# pada dial up-mu, nantinya akan menghasilkan nomor seri IMEI smartphone-mu.

Jenis Kode MMI

Tapi sebetulnya, kode MMI tersebut memiliki kemiripan satu sama lain dan setiap kode akan dikategorikan berdasarkan jenis tindakannya yaitu:

Kode SS

Pertama ada kode SS yang hadir disetiap smartphone. Kode ini digunakan untuk mengecek nomor, meneruskan panggilan dan lain-lain.

Maka dari itu, operator seluler tidak bisa mengubahnya karena ini otomatis ada di smartphone.

Kode USSD

Kedua ada kode USSD yang memang tersedia pada semua operator seluler. Kode USSD ini salah satu kode yang sering digunakan oleh para pengguna.

Biasanya digunakan untuk mengecek informasi detail seperti sisa pulsa, kuota dan layanan lain.

Kode MMI Pabrik

Untuk kode jenis ini diberikan oleh setiap brand perangkat smartphone untuk me-reset smartphone ataupun mengaktifkan menu layanan dan lain-lain.

Kode SIM

Terakhir, kode kontrol SIM yang digunakan untuk merubah detail terkait kartu SIM seperti misalnya kode PIN.

Kode-kode yang telah disebutkan tersebut merupakan beberapa jenis kode MMI. Jadi, ingat-ingat juga jika ingin memasukkan kode tersebut berdasarkan tindakan yang akan dilakukan.

Namun apabila kamu menginput kode MMI-nya salah, kemungkinan apa yang akan dilakukan tidak akan ditampilkan.

Sehingga pada akhirnya, akan menampilkan notice “kode MMI tidak valid”.

Baca juga: Download Nada Dering iPhone Terbaru untuk WA dan Telepon Masuk

Penyebab Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

masalah sambungan atau kode mmi tidak valid (3)
Invalid MMI Code. Sumber: Reddit

Salah satu kode MMI tidak valid adalah sebuah masalah jaringan operator seluler yang terjadi, seperti misalnya masalah pada operator jaringan atau masalah koneksimu.

Adapun masalah pada kode MMI yang paling umum terjadi terutama jika menggunakan dual SIM dalam satu smartphone. Namun, berikut ini adalah penyebab lainnya yaitu: 

Masalah Jaringan Seluler

Salah satu penyebab kode MMI tidak valid karena adanya masalah pada jaringan operator seluler di smartphone-mu. Supaya bisa mengaksesnya via kode USSD atau kode UMB di menu dial up, pastikan jaringanmu bagus. 

Bug

Selain itu juga, penyebab lainnya karena adanya gangguan atau bug pada software di smartphone-mu atau disebabkan pula adanya kesalahan jaringan di smartphone.

Kode Salah

Mungkin juga penyebab lainnya, kamu salah mengeteik kode yang bisa membuat kode MMI tersebut tidak valid sehingga kamu harus memasukkan kode dengan benar.

Masalah Teknis Operator Seluler

Terakhir, kode MMI tidak valid juga disebabkan karena adanya masalah teknis operator SIM, seperti misalnya sedang pemeliharaan sistem, masalah internal atau sedang maintenance. 

Baca juga: Cara Jitu Melacak Nomor HP Pengirim SMS Penipuan dan Spam

Cara Mengatasinya

masalah sambungan atau kode mmi tidak valid (2)
Invalid MMI Code. Sumber: Alphr

Dibawah ini merupakan cara mengatasi apabila terjadinya masalah sambungan atau kode MMI tidak valid yaitu dengan cara:

Jaringan Seluler Bagus

Tentunya pastikan terlebih dahulu apabila ingin mengecek pulsa atau kuota dengan memastikan jaringan kartu SIM-mu sedang bagus atau berada di area publik. 

Jaringan Seluler Aktif

Kedua, pastikan juga kamu memiliki kartu SIM yang aktif. Pasalnya apabila jaringan selulermu tidak aktif, kemungkinan kamu tidak bisa mengakses kode MMI.

Cek Kode MMI

Ketiga penting sekali untuk mengecek kode MMI yang diinput sudah benar, jangan sampai kamu salah input kode ataupun penulisan angka atau simbol.

Nah, apabila terdapat angka atau simbol yang posisinya salah atau keliru, nantinya akan menampilkan “masalah sambungan atau kode MMI tidak valid”.

Restart HP

Selanjutnya apabila kode MMI tersebut tidak valid, kamu harus merestart smartphone untuk me-refressh sistem smartphone yang sedang gangguan sehingga menyebabkan kode MMI tidak valid. 

Untuk merestartnya, kamu bisa menekan tombol power yang ada di samping smartphone selama beberapa detik dan biarkan sampai menyala kembali. 

Atau kamu juga bisa mencari fitur restart yang ada di smartphone, klik fiturnya dan tunggu hingga mati dan hidup sendiri. 

Mode Pesawat

Kelima kamu bisa menyalakan dan mematikan mode pesawat pada smartphone-mu. Jika mode pesawat aktif, maka akan mematikan seluruh jaringan, baik WiFi dan Data Seluler. 

Apabila dinonaktifkan kembali, nantinya akan menyalakan kembali seluruh jaringan yang kamu gunakan tadi di smartphone, baik WiFi atau Data Seluler. Caranya: 

  1. Buka Smartphone-mu;
  2. Scroll kebawah ‘Quick Panel / Scroll Down Menu’;
  3. Cari dan Klik Fitur ‘Flight Mode’;
  4. Selesai;
  5. Apabila ingin dinyalakan kembali, tinggal mengklik fitur tersebut.

Dengan menggunakan cara ini, kemungkinan kamu bisa mengakses kode MMI lagi karena seluruh jaringannya telah di refresh.

Aktifkan dan Nonaktifkan Kartu SIM

Keenam kamu bisa menonaktifkan dan mengaktifkan kartu SIM melalui fitur SIM Manager di pengaturan. Cara ini juga bisa me-refresh kembali jaringan selulermu. Caranya:

  1. Buka Smartphone;
  2. Cari Menu ‘Pengaturan’;
  3. Cari Koneksi;
  4. Pilih Menu ‘SIM Manager’;
  5. Pilih SIM yang akan dinonaktifkan;
  6. Selesai.
  7. Apabila ingin mengaktifkannya lagi, bisa klik kembali. 

Ubah Tipe Jaringan 

Selain itu juga, kamu bisa mengatasi masalah jaringan atau kode MMI tidak valid dengan cara merubah tipe jaringan seluler-mu di smartphone, dari 4G ke 2G. 

Cara ini juga umum digunakan apabila ingin mengisi paket internet juga untuk menstabilkan jaringan dan me-refresh jaringan. 

  1. Buka Smartphone;
  2. Buka ‘Pengaturan’;
  3. Cari Menu ‘Koneksi’;
  4. Cari Menu ‘Mobile Networks’;
  5. Klik atau Swipe Toggle pada SIM yang dipilih;
  6. Selesai.

Reset Jaringan

Mungkin salah satu cara yang umum dilakukan oleh pengguna iOS untuk mereset kembali jaringan SIM yang digunakan. Namun, tak jarang juga pengguna Android melakukannya. 

iOS

  1. Buka iPhone;
  2. Pilih Menu ‘General’; 
  3. Klik opsi ‘Transfer or Reset iPhone’;
  4. Klik opsi ‘Reset’;
  5. Klik ‘Reset Network Setting’;
  6. Selesai.

Setelah itu, seluruh jaringan di iPhone-mu akan direset kembali ke settingan awal pabrik. Dengan cara ini, kamu bisa mengakses kode MMI-nya kembali. 

Android

  1. Buka Smartphone-mu.
  2. Buka Menu ‘Pengaturan’.
  3. Pilih ‘Manajemen umum’.
  4. Pilih ‘Reset’
  5. Klik ‘Reset Pengaturan Jaringan’ 
  6. Ketuk ‘Reset Pengaturan’.
  7. Klik ‘Reset’ 
  8. Selesai.

Update Software/OS

Selanjutnya untuk mengatasi masalah jaringan atau kode MMI tidak valid, kamu bisa mengupdate software atau sistem operasi smartphone-mu.  Kemungkinan software atau sistem operasi smartphone-mu masih jadul atau butuh perbaikan sehingga bisa mengakses kode MMI kembali.

Maka dari itu, penting sekali apabila smartphone-mu mendapatkan notifikasi ‘update software’, kamu harus segera mengupdatenya.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan update softwate di smartphone-mu yaitu: 

  1. Buka Smartphone-mu;
  2. Buka Menu ‘Pengaturan’; 
  3. Cari Menu ‘Pembaruan Perangkat Lunak’;
  4. Klik ‘Unduh dan Instal’;
  5. Tunggu sebentar;
  6. Setelah selesai, cek kembali kode MMI-nya. 

Nonaktifkan Aplikasi Pihak Ketiga

Kemungkinan apabila kamu sedang mengaktifkan aplikasi ketiga, hal ini juga menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah jaringan atau kode MMI tidak valid. 

Disarankan juga jangan pernah menggunakan aplikasi pihak ketiga karena akan menyebabkan berbagai masalah pada smartphone-mu. 

Berikut ini adalah cara untuk menonaktifkan aplikasi ketiga yaitu dengan cara: 

  1. Tekan dan tahan tombol ‘Power’;
  2. Pilih opsi ‘Reboot ke Safe Mode’;
  3. Tunggu sebentar;
  4. Selesai;
  5. Atau kamu juga bisa langsung uninstal aplikasinya. 

Sisipkan Kome di Akhir Kode Prefix

Salah satu cara yang langka dilakukan oleh para pengguna yaitu dengan menambahkan koma di akhir kode tersebut, contohnya seperti *2904*7, 

Dengan memasukkan koma ini, hanya digunakan untuk menjalani operasi, mengabaikan kesalahan ataupun menghentikan tindakan lainnya. 

Selain itu, kamu bisa bisa mencoba dengan menggunakan tanda plus (‘+’) setelah tanda bintang (*), contohnya seperti *+2904*7#

Aktifkan Radio

Kamu juga bisa memasukkan informasi tentang smartphone-mu dan mengaktifkan radio untuk menghidupkan IMS melalui SMS. Berikut ini adalah caranya yaitu:

  1. Tekan *#*#4636#*#*\
  2. Ikuti Informasinya. 
  3. Pilih ‘Run Ping Test’. 
  4. Setelahnya, pilih opsi matikan radio. 
  5. Tekan ‘Aktifkan SMS melalui IMS’. 
  6. Terakhir, lakukan reboot smartphone-mu.

Hapus Cache dan Data

Langkah selanjutnya, kamu juga bisa menghapus data seluler dan cache yang menyebabkan terjadinya masalah jaringan atau kode MMI tidak valid. Berikut ini adalah informasinya: 

  1. Buka smartphone-mu. 
  2. Buka Menu ‘Pengaturan’. 
  3. Pilih ‘Aplikasi’. 
  4. Pilih ‘Kontak’ 
  5. Tekan ‘Data Seluler’. 
  6. Klik opsi ‘Hapus Data’ atau ‘Hapus Cache’. 
  7. Selesai.

Hubungi Operator Seluler

Apabila terus menerus kamu tak bisa mengakses kode MMI, kamu harus segera menghubungi Customer Service untuk memastikan adanya gangguan. 

Dengan cara ini juga mereka bisa membantumu melalui telepon atau sosial media untuk bisa mengakses kembali kode MMI. 

Cek di Down Detector

Selanjutnya, kamu bisa mengecek apakah ada gangguan pada operator seluler-mu, kamu bisa mencobanya dengan mengunjungi sebuah situs Down Detector

Didalam situs tersebut akan menampilkan sejumlah laporan selama 24 jam terakhir seperti adanya gangguan pada jaringan. 

Namun, apabila jaringan seluler-mu sedang gangguan, kamu bisa sabar menunggu atau menghubungi langsung ke Customer Service Privider-mu. 

Dibawah ini adalah cara untuk melihat apakah jaringan selulermu sedang gangguan atau tidak dengan melakukan cara sebagai berikut:

  1. Buka Browser Google Chrome (Android) atau Safari (iOS).
  2. Cari Down Detector atau klik https://downdetector.id/.
  3. Kamu bisa scroll kebawah untuk memilih provide yang digunakan. 
  4. Klik Provider yang dipilih. 
  5. Selesai dan kamu sudah bisa melihat laporan masalah jaringanmu. 

Daftar Kode MMI Semua Operator

Telkomsel

  1. *808#: Pembelian paket data internet, cek saldo, atau melakukan pembayaran tagihan.
  2. 500*55*: Layanan konten berlangganan.
  3. *999#: Pembelian paket nelpon.
  4. *505#: Aktifkan paket darurat.
  5. 500*77#: Registrasi langganan sweetchat.

Indosat

  1. *123*50#: Informasi kartu Indosat
  2. 556(14 digit kode dari voucher Indosat#): Aktivasi voucher kuota Indosat.
  3. *123*22*1#: Cek sisa kuota paket Indosat.
  4. *123*60#: Paket Internet murah harian Indosat.

XL

  1. *080# atau *123# : Cek kuota XL.
  2. *500*8#: Untuk memastikan tidak sedang berlangganan layanan konten apapun.
  3. *911#: Aktivasi paket darurat XL.
  4. *123*16 kode voucher#: Aktivasi voucher kuota XL. 

Kode MMI Perangkat 

Setiap perangkat pastinya memiliki kode MMI yang berbeda-beda untuk mengakses fitur ataupun layanan yang terdapat pada smartphone tersebut. Berikut ini adalah caranya yaitu sebagai berikut: 

Kode MMI pada iPhone

  1. *#06#: Mengecek IMEI.
  2. *#33#: Mengontrol panggilan dan pembatasan pada mode outgoing call.
  3. *5005*25371#: mengecek sistem peringatan bekerja dengan benar.
  4. ##002#: Mengatu layanan seperti voice call, data call, sehingga SMS call Forwarding.

Daftar Kode MMI pada pada Android

  1. *#06#: Mengecek IMEI.
  2. “*#1234#”: Cek orisinalitas HP Samsung.
  3. *# 0 *#: Menguji kinerja layar, respon layar, kamera, dan speaker.
  4. ##4636##: Mengecek informasi telepon 1 dan 2 serta WiFi pada perangkat Android.
Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Mengheningkan Panggilan Tidak Dikenal

Top up kebutuhan produk digital kamu dengan harga termurah, proses cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace, ya! 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!