8 Cara Gampang Menang Main Magic Chess!

push rank magic chess

Seperti yang kita tahu, Mobile Legends memiliki beberapa game arcade yang menyenangkan.  Salah satu permainan di dalam game yang tidak kalah populer dari game utamanya adalah Magic Chess.

Magic Chess merupakan sebuah game ber-genre auto battler buatan Moonton.  Pada sebuah papan catur, kamu harus bisa menyusun strategi dengan bidaknya berupa heroes dari Mobile Legends.

Setiap heroes memiliki role dan faction yang berbeda.  Jika kamu mengumpulkan sejumlah role dan faction yang sama, kamu akan mendapatkan sinergi (Synergy).

Sinergi merupakan buff tambahan untuk heroes dengan role dan faction tertentu.

Game ini semakin kompleks dengan keberadaan Little Commander, karakter utama yang memiliki kekuatan khusus dan dapat mempengaruhi gameplay.  Sangat rumit bukan?

Bagi kalian pemain baru atau bosen kalah terus, penulis memiliki cara gampang agar kamu bisa menang main Magic Chess.

Yuk, langsung kita lihat apa saja cara-caranya!

Baca Juga: Tips Push Rank Magic Chess di Mobile Legends

8 Cara Gampang Menang Main Magic Chess

sinergi magic chess

Sesuai namanya, penulis akan menjelaskan delapan cara gampang supaya kamu bisa menang main Magic Chess.  Cara yang penulis tuliskan ini merupakan hasil riset dan juga pengalaman pemain.

Meski nanti saat praktek bermainnya akan sedikit sulit, tapi dengan tulisan ini bisa kamu jadikan sebagai guideline dalam bermain.

Sesuaikan Little Commander Dengan Cara Bermain

Little Commander Magic Chess
Beberapa Little Commander dan Dawn Commander Magic Chess (Ling, Tharz, dan Asta). Sumber: VCGamers.

Saat ini, terdapat 21 little commanders dan satu dawn commander yang telah dirilis oleh Moonton.  Setiap little commander pun memiliki spesialisasinya masing-masing.

Jika kamu suka bermain agresif, kamu dapat memilih Abe, Mavis, atau Yuki.

Suka mengumpulkan sinergi untuk mendapatkan buff?  Kamu bisa menggunakan Eva dan Pao.

Jika suka mengumpulkan uang untuk lebih cepat meng-upgrade heroes? Kamu bisa menggunakan Remy atau Eggie.

Untuk saat ini, little commander yang sedang populer adalah Tharz dan Benny.  Skill ketiga milik Tharz dapat membuat kamu lebih cepat mendapatkan heroes bintang-tiga.

Sedangkan untuk Benny, bisa dikatakan seluruh skill-nya sangat berguna dengan catatan kamu harus sering melihat chessboard calon musuh kamu.

Pilih Choice of Fate Yang Tepat

Magic Chess Choice of Fate Kedua
Magic Chess Choice of Fate Kedua. Sumber: VCGamers

Seperti namanya, memilih bundle heroes di awal permainan bisa menjadi penentu kemenangan.  Makanya disebut Choice of Fate.

Tapi, kamu tidak harus mengikuti sinergi yang pertama kamu kali dapat.  Bisa jadi sinergi yang kamu dapatkan malah jarang keluar di shop.

Langkah terbaiknya adalah dengan menggantinya dengan sinergi lain sesukamu.

Total choice of fate yang bisa kamu temui sebanyak 3-5 kali.  Nantinya, kamu akan dihadapi dengan empat pilihan, Hero, Emblem, Item, dan Capacity.

Menurut penulis, agak sedikit membuang kesempatan jika selalu berfokus mengambil hero.  Jika dibuat dengan kasta, hasilnya akan seperti: Hero Capacity>Item>Emblem>Hero.

Hero capacity lebih baik karena selain bisa menambahkan slot hero, kamu bisa mendapatkan tambahan role dan faction hero tersebut.

Item lebih baik karena hanya bisa didapatkan melalui Choice of Fate atau Synergy Evolution Bandit dari Los Pecados.

Emblem ditempatkan di posisi ketiga karena meski bisa mengaktifkan sinergi suatu role atau faction, tapi hanya berdampak sedikit.

Terakhir adalah hero.  Alasannya adalah semua hero bisa dibeli menggunakan gold, jadi kenapa harus selalu fokus dengan hero.  Masuk akal, bukan?

Kalah Pertarungan Adalah Peluang

Ya, kamu tidak salah dengar.  Jika kamu menang berkali-kali (win streak), kamu akan mendapatkan tambahan gold, tapi saat Choice of Fate, kamu memilih belakangan.

Tapi jika kamu bermain kalah (lose streak), kamu juga mendapatkan tambahan gold dan kesempatan memilih choice of fate lebih dahulu.  Resikonya adalah kamu harus mengorbankan HP di awal.

Beberapa pro player Magic Chess di rank mythic juga mengenal istilah bermain lose streak.  Bahkan tidak main-main, mereka mengosongkan chessboard mereka selama 1-2 ronde di awal.

Tapi perlu dicatat kalau lose streak baiknya dilakukan saat early game agar damage yang diterima tidak terlalu sakit.

Gunakan Gold Dengan Hemat

Magic Chess Interest
Keterangan Interest atau Estimasi Hadiah Gold Magic Chess. Sumber: VCGamers

Menabung pangkal kaya.  Setiap 10 gold yang kamu miliki, kamu akan mendapatkan keuntungan (interest) 2 gold.

Keuntungan gold ini hanya berlaku sampai 20 gold saja dengan maksimal 4 gold.

Jadi pastikan kamu memiliki gold diatas 20 untuk mendapatkan interest.  Dengan gold tersebut, kamu bisa me-reroll shop dan mendapatkan hero yang dibutuhkan.

Ketahui Kesempatan Mendapatkan Blessing di Magic Chess

Blessing
Persentase Mendapatkan Blessing di Magic Chess. Sumber: VCGamers,

Terdapat fitur yang menarik dari game Magic Chess yaitu Blessing.  Singkatnya, saat meng-upgrade hero, kamu berkesempatan mendapatkan tambahan faction atau role.

Jika kamu membutuhkan 6 hero berbeda untuk mendapat maksimal sinergi, kamu hanya memerlukan 5 hero saja.

Meskipun bersifat acak dan mengandalkan keberuntungan, kamu bisa mengakalinya.  Pada bagian kiri bawah shop, terdapat sebuah persentase.  Persentase tersebut adalah chance kamu mendapatkan Blessing.

Magic Chess Blessing
Blessing Faction Mech Era di Magic Chess. Sumber: VCGamers.

Terdapat tigacara gampang mendapatkan Blessing supaya kamu bisa menang main Magic Chess.

Yang pertama adalah membeli hero sebanyak-banyaknya.  Semakin banyak hero yang dibeli, semakin besar kesempatan kamu untuk mendapatkan Blessing.  Saat mendapatkannya, kamu bisa memainkan sinergi tersebut.

Cara kedua adalah dengan mengacak-acak susunan heroes.  Memasukkan-mengembalikan heroes ke dalam chessboard terkadang dapat mempengaruhi persentase Blessing.

Cara ketiga adalah dengan meng-lock shop tersebut hingga ronde selanjutnya.  Setiap ronde, persentase Blessing akan berubah-ubah.

Evolusi Sinergi (Synergy Evolution)

Evolusi Sinergi Synergi Evolution
Synergy Evolution (Sinergi Evolusi) di Magic Chess. Sumber: VCGamers.

Berkaitan dengan Blessing, kamu jadi bisa mendapatkan evolusi sinergi (Synergy Evolution) dengan sangat cepat.

Sempat disinggung di atas, evolusi sinergi adalah tambahan buff yang kamu terima jika sinergi tersebut telah mencapai maksimal.

Jumlah maksimal dari evolusi sinergi berbeda tiap role dan faction, ada yang empat dan ada yang enam.  Jika kamu memiliki Blessing, maka jumlah hero yang dibutukan menjadi berkurang.

Combo Sinergi di Magic Chess

Magic Chess Combo Sinergi
Tempat Keterangan Combo Sinergi di Magic Chess. Sumber: VCGamers.

Untuk hal ini, sepertinya agak sulit karena tidak semua sinergi bisa dibarengi.  Tapi sulit bukan berarti mustahil, bukan?  Kamu bisa gunakan combo sinergi (dan evolusi sinergi) sesuai dengan hero tersebut.

Contohnya saat kamu menggunakan Cadia Riverlands yang dapat menambah attack speed, kamu bisa gabungkan dengan sinergi yang memiliki DPS (Damage per Second) yang tinggi seperti hunter, archer, atau swordsman.

Jika kamu menggunakan sinergi nature spirit, kamu bisa kombinasikan dengan targeman dan mage.

Namun jika sinergi utama kamu adalah mage, kamu bisa barengi dengan V.E.N.O.M atau Astro Power.  Semua kombo semakin efektif jika kamu bisa mengumpulkan kedua evolusi sinerginya.

Tentunya rekomendasi combo di atas masih bisa kamu ulik lagi lebih dalam.  Kamu bisa kombinasikan sesuai cara bermain kamu dan little commander kamu.

Baca Juga: Combo Magic Chess Terbaik Yang Bisa Kamu Coba!

Perhatikan Penempatan Heroes

Penempatan Heroes
Penempatan Heroes di Magic Chess. Sumber: VCGamers.

Menempatkan heroes tidak boleh asal-asalan.  sebagai game strategi, kamu harus mempertimbangkan segala keputusan, termasuk penempatannya.

Jika semua heroes kamu numpuk di pojok chessboard, disebar tanpa dasar yang jelas, bisa-bisa kamu bakalan to soon~

Rata-rata, hero yang memiliki HP yang tebal atau skill Crowd Control akan ditempatkan di bagian paling depan.  Sedangkan hero damage dealer berada di bagian belakang (seperti mage, assassin, archer, hunter).

Tapi terkadang ada beberapa kondisi yang mengharuskan keadaan sedikit terbalik.  Seperti contohnya saat bermain Franco, ia akan menarik hero musuh yang paling jauh (paling belakang)  ke hadapannya.

Jika yang ditarik adalah damage dealer kamu, tentunya kamu tidak akan berkutik.  Maka penting juga untuk melihat strategi dan penempatan heroes musuh.

Itulah 8 cara gampang supaya kamu bisa menang main Magic Chess.  Perlu kamu ingat lagi, ini adalah hasil riset dan juga pengalaman.  Bisa jadi saat kamu bermain akan ada banyak perbedaan.

Kamu tidak harus mengerti seluruh cara bermain semua hero dan little commander.  Tapi kamu harus mengetahui cara bermain yang efektif memenangkannya.  Benar, bukan?

 

Penuhi kebutuhan Diamonds kamu dengan membelinya di VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!