Cara Menambahkan Lebih dari 10 Foto di Postingan Instagram

Tips dan kiat-kiat cara menambahkan lebih dari 10 foto di postingan Instagram supaya postingan kalian bisa mendapatkan banyak engagement!
Cara menambahkan lebih dari 10 foto di postingan Instagram
Cara menambahkan lebih dari 10 foto di postingan Instagram. Sumber: Freepik

Cara Menambahkan Lebih dari 10 Foto di Postingan Instagram

Cukup mengagetkan jika di luar sana masih banyak yang belum tau cara menambahkan lebih dari 10 foto di postingan Instagram (IG). Soalnya caranya terbilang mudah dan menjadi fitur bawaan aplikasinya langsung sih!

Sebagai sosial media paling mainstream saat ini, Meta (selaku developer IG) sudah merancang sedemikian rupa agar dapat memfasilitasi berbagai kebutuhan penggunanya. So buat yang belum paham, langsung cekidot aja deh!

Baca juga:

Cara Menambahkan Lebih Dari 10 Foto Di Postingan Instagram

Contoh Instagram Carousel Post
Contoh Instagram Carousel Post. Sumber: Official Site

Sekarang langsung saja kita masuk ke dalam bahasan utama yakni cara menambahkan lebih dari 10 Foto di postingan Instagram. Tapi sebelumnya, ada baiknya jika Vicigers gambarkan latar belakang isunya dulu.

Buat yang belum tahu, istilah merangkai beberapa item (baik foto maupun video) di dalam satu postingan yang dapat di swipe/geser ke kanan dan kiri lebih dikenal sebagai fitur yang bernama ‘Caraousel Post’.

Istilah ini diambil dari nama wahana karosel/komidi putar yang umumnya dapat ditemukan pada taman ria atau pasar malam. Fitur ini sendiri pertama kali Meta perkenalkan pada IG sekitar tahun 2017.

Relevansi dari topik ini sebenarnya berada pada versi aplikasi Instagram sebelum update pada bulan Agustus lalu. Yap, sebelum update tersebut rilis, aplikasi Instagram memang memiliki limit 10 item untuk setiap postingan.

Dan setelah update tersebut berlaku, sekarang limit item per-postingannya menjadi bertambah dua kali lipatnya lho! Pengguna bisa mengunggah sampai 20 item dalam satu postingan saja.

Caranya-pun mudah. Vicigers tinggal tap tombol (+) yang berada tepat di tengah bagian menu bar. Ini akan mengarahkan kalian pada mode step-by-step pembuatan konten (Postingan, Cerita, Reel, dan Langsung).

Pastikan bahwa kalian sudah berada pada mode membuat Postingan, lalu pada item yang ingin di-post, tekan beberapa detik hinga muncul angka “1” pada bagian pojok kanan atasnya.

Setelah itu tinggal pilih dengan melakukan tap pada item-item lainnya yang ingin diikutsertakan pada postingan tersebut. Jika sudah, ketuk pilihan “Selanjutnya” untuk mengisi beberapa meta data, dan selesai deh!

Kalian-pun berhasil membuat Carousel Post pertama di Instagram. Bagaimana, tidak sulitkan? Yakin deh, Vicigers bisa langsung mencobanya di IG masing-masing dan spam lebih banyak konten via akun kalian.

Cara Menambahkan Lebih Dari 20 Foto Di Postingan Instagram

Instagram profile tanpa konsep grid post
Instagram profile tanpa konsep grid post. Sumber: Official Site

Nah, sekarang bayangkan jika ternyata 20 item per-postingan masihlah belum cukup untuk kalian, dan lantas muncul lagi pertanyaan tambahan: bagaimana cara menambahkan lebih dari 20 item pada satu postingan?

Seperti apa yang sudah dijelaskan di atas, limit item per-postingan yang saat ini Instagram tentukan sendiri masih stuck di angka 20. Update ini-pun baru saja live dan Meta masih perlu melihat animo pengguna.

So, besar kemungkinan Meta tidak akan menambahkan lagi jumlah item per-postingan dalam waktu dekat. Namun masih terdapat cara alternatif untuk memfasilitasi kebutuhan kalian jika 20 item/postingan terasa kurang.

Memanfaatkan Fitur Post Grid

Instagram profile menggunakan konsep grid post
Instagram profile menggunakan konsep grid post. Sumber: Official Site

Nah, alternatif yang terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur Post Grid. Fitur ini umumnya berada pada profil pengguna instagram yang mengatur grid postingan profil agar selaras – baik secara baris maupun kolom.

Dengan menyelaraskan satu baris grid, kalian bisa mengintegrasikan tiga postingan agar terlihat seperti sebuah konsep dengan tema yang sama. Langkah ini juga bisa diperluas menjadi dua atau bahkan tiga baris grid!

So, meskipun jumlah item perpostingannya tetap memiliki limit 20 item, kalian bisa mengonsepnya agar memiliki tema yang jauh lebih luas – sesuai dengan jumlah grid yang kalian ingin alokasikan.

Baca juga:

Top up dan beli produk digital termurah dan cepat di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!