Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome HP

Tidak semua situs di internet bisa dibuka dengan bebas. Tapi, ada cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome dengan menggunakan HP.
Google Chrome
Cara membuka situs yang diblokir di google chrome hp. Source: Pinterest

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome HP

Tidak semua situs di internet bisa dikunjungi dengan bebas. Bagaimana cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome dengan menggunakan hp?

Ada banyak faktor mengapa suatu situs terblokir bagi pengguna internet di suatu negara, misalnya karena kebijakan tertentu dari pemerintah.

Kamu tidak akan bisa mengakses situs yang terblokir dengan cara biasa. Namun hal ini tidak berarti situs tersebut sama sekali tidak bisa kamu buka.

Artikel kali ini akan memberikan panduan singkat tentang cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome melalui hp. Ayo simak sampai habis!

Baca juga: 

Alasan Sebuah Situs Bisa Terblokir

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kita mengetahui alasan atau penyebab dari terblokirnya sebuah situs.

Ada banyak alasan yang membuat kamu tidak bisa mengakses sebuah situs. Biasanya, alasan paling umum adalah kebijakan dari pemerintah suatu negara. Berikut adalah beberapa alasan terblokirnya suatu situs:

Kebijakan Pemerintah Suatu Negara

cara membuka situs yang diblokir di google chrome hp - Peraturan Pemerintah
Kebijakan pemerintah membatasi internet. Source: Pinterest

Pemerintah memiliki kewenangan untuk mengatur atau membatasi akses penduduk di negaranya ke sebuah situs internet.

Terblokirnya suatu situs kemungkinan karena adanya informasi sensitif atau SARA yang bisa berpotensi membahayakan penduduk suatu negara.

Hal ini sempat terjadi beberapa waktu lalu di Turki. Pemerintah Turki memblokir akses ke Instagram di negara mereka karena platform jejaring sosial itu tidak mematuhi beberapa aturan yang berlaku.

Terindikasi Memuat Malware dan Rawan Phising

cara membuka situs yang diblokir di google chrome hp - Malware
Resiko Malware dan Phising. Source: Pinterest

Kamu mungkin pernah menemukan sebuah peringatan yang memuat informasi tentang kemungkinan adanya bahaya dari situs yang akan kamu akses.

Jika kamu mendapatkan peringatan ini, maka situs tersebut biasanya terindikasi memuat Malware atau Phising.

Malware sendiri merupakan singkatan dari Malicious Software yang berarti sebuah program berbahaya yang bisa menyusup kedalam perangkat pengguna dan merusak sistemnya.

Sedangkan Phising sendiri merupakan istilah yang berasal dari kata “fishing” atau memancing. Phising adalah tindakan untuk membuat orang memberikan informasi pribadi mereka melalui website.

Biasanya, situs akan meminta pengguna untuk memasukkan data penting seperti nama atau alamat yang bisa berujung merugikan.

Panduan Membuka Situs yang Terblokir di Google Chrome Lewat HP

Apabila tetap ingin mengakses situs yang terblokir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Khusus pengguna browser Google Chrome, ayo simak caranya!

Menggunakan VPN

cara membuka situs yang diblokir di google chrome hp - Turbo vpn
Turbo VPN. Source: PlayStore

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah tools yang memungkinkan penggunanya untuk memalsukan alamat IP mereka. Sehingga, lokasi tempat pengguna mengakses internet tidak akan diketahui.

Apabila menggunakan PC, kamu bisa membuka situs terblokir dengan menambahkan VPN langsung dari Google Chrome melalui menu “Ekstensi” atau “Extensions”.

Sedangkan dari hp sendiri, cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome adalah dengan menginstal VPN dari PlayStore.

Terdapat banyak pilihan aplikasi VPN yang bisa kamu instal secara gratis, salah satunya adalah Turbo VPN dan Thunder VPN.

Keduanya sama-sama memiliki versi premium yang memberikan lebih banyak pilihan negara seperti Jerman, Singapura, dan Hongkong.

Menggunakan Situs Proxy

cara membuka situs yang diblokir di google chrome hp - CroxyProxy
CroxyProxy. Source: Website CroxyProxy

Cara kedua adalah dengan menggunakan situs Proxy. Penggunaan situs ini cukup sederhana karena kamu tidak perlu melakukan instalasi pada perangkat.

Situs proxy bisa kamu gunakan untuk membuka situs yang terblokir karena adanya pembatasan akses berdasarkan lokasi geografis.

Rekomendasi salah satu situs Proxy yang bisa kamu coba adalah CroxyProxy. Cukup masukkan url yang ingin kamu akses ke kolom pencarian dan pilih menu “GO” untuk memprosesnya.

Baca juga: 

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up kebutuhan game kesayangan atau produk digital yang murah, aman dan terpercaya, yuk ke VCGamers Marketplace aja!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!