Cara Membuat Buku di Minecraft

Buku adalah salah satu item yang menjadi bahan dasar pembuatan Enchanting Table. Bagaimana cara membuat buku di Minecraft?
Buku Minecraft
Buku Minecraft. Source: MCBasic/Youtube

Cara Membuat Buku di Minecraft

Buku adalah salah satu item yang menjadi bahan dasar pembuatan Enchanting Table. Kita akan membahas tentang cara membuat buku di Minecraft.

Item yang satu ini bisa kamu dapatkan melalui beberapa Chest yang ada di struktur bangunan Ancient City, Shipwreck, Stronghold dan Village.

Namun, pemain juga bisa membuat buku mereka sendiri dengan beberapa bahan melalui menu crafting 3×3 di penyimpanan mereka.

Jadi, bagaimana cara untuk membuat buku di Minecraft? ayo simak uraian lengkapnya dalam artikel dibawah ini!

Baca juga:

Cara Membuat Buku di Minecraft

Cara membuat buku di Minecraft
Cara membuat buku di Minecraft. Source: MineBlox/Youtube

Proses untuk membuat buku di Minecraft sangat mudah karena kamu hanya memerlukan dua bahan saja yaitu 3x Paper dan 1x Leather.

Kamu bisa mendapatkan 1x Paper dengan menggunakan 3x Sugar Cane atau mengumpulkannya dari peti di area Shipwreck, Stronghold, dan Village.

Sedangkan Leather sendiri bisa kamu buat dengan memakai 4x Rabbit Hide. Cara lainnya adalah dengan mengumpulkan Leather dari Bastion Remnant dan Village.

Sapi, Mooshroom, kuda, keledai dan llama akan memberikan pemain 0 – 2 Leather ketika mereka terbunuh.

Seekor rubah terkadang muncul dengan membawa Leather di mulut mereka. Kamu bisa melemparkan makanan kearahnya dan rubah tersebut akan menjatuhkan Leather yang dibawa.

Setelah mengumpulkan Paper dan Leather dengan jumlah yang dibutuhkan, sekarang kamu sudah bisa membuat buku di Minecraft.

Untuk membuatnya, bukalah menu Crafting 3×3. Selanjutnya masukkan Paper pada baris pertama. Terakhir letakkan Leather di baris kedua kolom kedua seperti gambar di atas.

Penggunaan Buku di Minecraft

Cara membuat buku di Minecraft
Penggunaan buku di Minecraft. Source: JayDeeMC/Youtube

Buku adalah salah satu bahan dasar yang digunakan untuk membuat 3 item penting di Minecraft yaitu Book and Quill, Bookshelf, dan Enchanting Table.

Book and Quill adalah sebuah item yang berfungsi untuk menulis ulang sebuah buku. Untuk membuatnya, kamu memerlukan tiga bahan.

Cara membuat buku di Minecraft - Book and Quill
Book and Quill. Source: TheGlobalGaming/Youtube

Tiga bahan tersebut adalah buku, tinta, dan bulu. Caranya adalah meletakkan buku di baris kedua dan kolom kedua. Selanjutnya letakkan tinta di kanannya dan bulu tepat dibawah tinta.

Item kedua yang bisa kamu buat dengan bahan dasar buku adalah Bookshelf. Kedua material yang harus kamu miliki adalah 6x Plank dan 3x Buku.

Cara membuat buku di Minecraft - Bookshelf
Bookshelf. Source: YourSixGaming/Youtube

Kamu bisa menggunakan 6 jenis plank yang sama atau berbeda untuk membuat Bookshelf. Buka menu crafting 3×3 dan letakkan 3 buku di bagian tengah. Terakhir, isi slot yang kosong dengan plank.

Terakhir, kamu bisa membuat Enchanting Table yaitu sebuah item yang berfungsi untuk memberikan enchanting atau efek tambahan pada peralatan pemain.

Untuk membuat Enchanting Table di Minecraft, kamu perlu menyiapkan 1x buku, 2x permata , dan 4x obsidian. Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, masuk ke menu crafting 3×3.

Cara membuat buku di Minecraft - Enchanting Table
Enchanting Table. Source: YourSixGaming/Youtube

Pertama, letakkan buku di posisi tengah pada baris pertama. Selanjutnya letakkan permata pada baris kedua di bagian kanan dan kiri. Isi slot kosong pada baris ini dengan menggunakan obsidian.

Terakhir, isi semua baris ketiga dengan Obsidian dan kamu sudah berhasil membuat satu buah Enchanting Table.

Dengan ragam fungsi tersebut, ada baiknya kamu menjadikan buku sebagai salah satu item yang kamu buat di awal permainan.

Baca juga:

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up kebutuhan game Minecraft atau produk digital yang murah, aman dan terpercaya, yuk top up di VCGamers Marketplace aja!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!