Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Bagian

Cara membagi layar laptop menjadi 2 dengan tekan tombol ‘Windows’ + ‘Panah Kanan’ sehingga aplikasi ditampilkan di sisi kanan layar laptop.
cara membagi layar laptop menjadi 2
Cara membagi layar laptop menjadi 2. Sumber channel YouTube Dosen Tutorial.

Cara membagi layar laptop menjadi 2 bagian dibutuhkan ketika kamu memang ingin mengerjakan lebih dari satu task sekaligus. Misalnya membuka Microsoft Office dan Chrome di sisi kanan dan kiri.

Kamu bisa menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas tanpa harus terus-menerus beralih antar jendela.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Bagian

Dalam panduan ini kita bakal membahas beberapa cara sekaligus, agar lebih mudah menemukan caranya dalam satu artikel saja.

Windows 10 dan 11

cara membagi layar laptop menjadi 2
Cara membagi layar laptop Windows menjadi 2. Sumber channel YouTube Nanda Hero.

Windows mempunyaifitur bawaan yang disebut Snap Assist. Fitur ini memungkinkan kamu untuk dengan cepat membagi layar laptop menjadi dua bagian. Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi pertama yang ingin kamu gunakan;
  2. Klik dan tahan bagian atas jendela aplikasi tersebut, lalu tarik ke salah satu sisi layar hingga muncul garis transparan;
  3. Lepaskan jendela ketika garis transparan muncul. Secara otomatis, jendela akan mengisi setengah dari layar laptop kamu;
  4. Di sisi lain layar, Windows akan menampilkan daftar aplikasi yang terbuka. Pilih aplikasi kedua yang ingin kamu gunakan, dan aplikasi tersebut akan mengisi setengah layar lainnya.

Kamu juga bisa memanfaatkan kombinasi tombol keyboard untuk membagi layar. Pastikan kedua aplikasi yang ingin kamu gunakan sudah terbuka, lalu ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada salah satu aplikasi, tekan tombol ‘Windows’ + ‘Panah Kanan’ untuk memindahkan aplikasi tersebut ke sisi kanan layar;
  2. Untuk aplikasi kedua, tekan tombol ‘Windows’ + ‘Panah Kiri’ agar aplikasi tersebut berada di sisi kiri layar;
  3. Selesai! Layar laptop kamu sekarang sudah terbagi menjadi dua bagian yang siap digunakan.
Baca juga: 6 Cara Melihat Spek Laptop Windows dan Apple dengan Mudah

MacOS

cara membagi layar laptop menjadi 2
cara membagi layar laptop MacOS menjadi 2. Sumber channel YouTube Komputer Hape!.

Tidak seperti Windows, sistem operasi MacBook memiliki fitur ‘Split View’ yang memungkinkan jendela aplikasi ditampilkan berdampingan. Namun, cara mengaktifkan fitur ini bervariasi antara macOS Catalina (versi terbaru) dan versi-versi sebelumnya.

Jika kamu pengguna Mac, kamu juga bisa membagi layar dengan mudah. Begini caranya:

  1. Buka dua aplikasi yang ingin kamu gunakan;
  2. Klik dan tahan tombol hijau di sudut kiri atas jendela aplikasi pertama. Jendela akan menyusut, lalu kamu bisa menyeretnya ke sisi kiri atau kanan layar;
  3. Pilih aplikasi kedua dari sisi lain layar untuk mengisi setengah lainnya.

Fitur Split View di Mac ini memungkinkan kamu untuk bekerja dengan dua aplikasi dalam tampilan layar penuh yang dibagi rata.

Ada kalanya fitur Split View di MacBook tidak berjalan sebagaimana mestinya. Namun, solusinya cukup sederhana. Kamu cukup masuk ke menu ‘Apple’, pilih ‘System Preferences’, kemudian klik ‘Mission Control’.

Pastikan opsi ‘Displays have separate Spaces’ telah diaktifkan. Dengan langkah ini, Split View akan kembali bekerja dengan normal.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Menggunakan Aplikasi

cara membagi layar laptop menjadi 2
Membagi layar laptop menjadi 2 dengan aplikasi. Sumber channel YouTube Saffanah Aini.

Selain fitur bawaan sistem operasi, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membagi layar laptop kamu.

Beberapa aplikasi seperti AquaSnap, Divvy, atau GridMove menawarkan fitur-fitur tambahan untuk mengatur tata letak jendela dengan lebih fleksibel.

Dengan aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa menyesuaikan ukuran dan posisi jendela sesuai kebutuhan, bahkan bisa membagi layar menjadi lebih dari dua bagian.

Seperti itukah cara membagi layar laptop menjadi 2 bagian di Windows 10, Windows 11, dan macOS. Semoga tips ini membantu kamu menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.

Baca juga: 5 Cara Screenshot Termudah di Laptop

Segera penuhi kebutuhan produk digital dan game dengan harga termurah serta cepat di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!